BlogLifestyleEdukasiRingkasan Cerita Nabi Ayub yang Perlu Umat Islam Teladani
0
0

Ringkasan Cerita Nabi Ayub yang Perlu Umat Islam Teladani

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cerita nabi ayubtop-right-banner

Kisah nabi selalu menarik untuk disimak. Pasalnya, semuanya memiliki cerita serta pengalaman hidup yang dapat dijadikan sebagai suri teladan. Salah satu cerita nabi yang perlu kamu ketahui ialah cerita Nabi Ayub. 

Pinhome – Nabi Ayub merupakan cucu dari Nabi Ibrahim AS. Beliau juga merupakan seorang anak dari Nabi Ishaq AS. Nabi Ayub dikenal sebagai pribadi yang taat dan sabar.

Pins dapat mengikuti serta mengetahui cerita Nabi Ayub dalam ulasan berikut. Dengan mengetahui ringkasan cerita Nabi Ayub, Pins akan memiliki pandangan yang lebih luas dalam berperilaku sehari-hari. Yuk, langsung simak ceritanya!

Kisah Nabi Ayub AS

Source : Gelora News

Nabi Ayub AS diceritakan sebagai pria yang kaya raya. Beliau memiliki banyak harta, mulai dari ternak hingga hasil pertanian. Bahkan, beliau juga memiliki anak dan keluarga yang banyak. 

Suatu hari, Nabi Ayub diberi ujian oleh Allah SWT. Seluruh harta benda yang ia miliki diambil darinya. Selain itu, tubuhnya pun digerogoti oleh banyak penyakit sulit disembuhkan.

Dalam buku berjudul “Kisah Parah Nabi” (2015) karya Ibu Katsir, disebutkan bahwa hanya lidah dan hati Nabi Ayub saja yang tak berpenyakit. Pasalnya, ia selalu berzikir kepada Allah SWT.

Penyakit yang diderita oleh Nabi Ayub membuatnya dikucilkan oleh orang-orang di sekitarnya. Bahkan, ia pun diusir dari kampung halamannya dan tinggal di penampungan sampah. Walau demikian, istri Nabi Ayub masih setia merawatnya. 

Ia merawat Nabi Ayub dengan sungguh-sungguh. Bahkan, ia pun membuang hajat Nabi Ayub tanpa sungkan. Selain itu, istri Nabi Ayub juga giat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Meski diterpa banyak cobaan, tapi Nabi Ayub tetap tabah dan sabar. Beliau justru bersyukur karena masalahnya semakin membuatnya kuat dan dekat dengan Allah SWT. 

Melihat ketegaran dan kesabaran Nabi Ayub, Allah SWT lantas mencabut semua cobaannya. Allah SWT memberikan kesembuhan serta mengembalikan harta Nabi Ayub yang sempat hilang. Berkat hal tersebut, seluruh keluarga Nabi Ayub pun kembali utuh dan bersatu. 

Hal tersebut dijelaskan dalam surah An-Anbiya ayat 84, berikut bacaan: 

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِنْ ضُرٍّ ۖ وَآتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَابِدِينَ

Artinya:  ”Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.”

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa cobaan terbesar yakni yang dipukul oleh nabi. Setelah itu, barulah orang-orang saleh. Berikut arti dari bacaan tersebut: 

“Orang yang mendapatkan cobaan paling berat adalah para nabi kemudian orang-orang soleh kemudian orang-orang yang semisalnya. Seorang diuji sesuai dengan keteguhannya dalam berpegang pada agamanya. Jika  ia benar-benar teguh, ia akan ditambah ujiannya.”   

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Keteladanan Nabi Ayub AS

Source : Islam Kita

Semasa hidupnya, Nabi Ayub mendapatkan banyak ujian. Namun ia tetap tabah dan menerima ujian tersebut. Oleh karena itu, Nabi Ayub pantas dijadikan sebagai suri teladan. 

Di bawah ini ada beberapa keteladanan sikap Nabi Ayub yang bisa kamu sontek dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Kaya tapi dermawan dan tidak sombong

Dalam ringkasan cerita Nabi Ayub, disebutkan bahwa beliau merupakan seorang yang kaya raya. Walau demikian, beliau tidak sombong dan tetap beriman kepada Allah SWT.

Selain itu, Nabi Ayub juga kerap membagikan harta dan bendanya kepada orang yang membutuhkan. Baik tetangga, fakir miskin, maupun ibnu sabil. 

2. Sabar walau dijatuhi banyak ujian hidup

Nabi Ayub dijatuhi cobaan yang bertubi-tubi. Selain diambil hartanya, beliau juga diberi penyakit yang sulit disembuhkan. Walau demikian, keimanan Nabi Ayub kepada Allah SWT tidak berkurang. 

Beliau tetap sabar dan tabah menerima semua cobaan tersebut sampai kemudian ujian itu diambil oleh-Nya. Berkat hal inilah, Nabi Ayub dikenal sebagai salah seorang nabi yang sabar dan memiliki ketakwaan yang melimpah. 

Kisah kesabaran dan ketabahan Nabi Ayub ini dituliskan dalam surah Sad ayat 44. Berikut bacaan surahnya: 

وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَاضْرِبْ بِهِ وَلَا تَحْنَثْ ۗ إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا ۚ نِعْمَ الْعَبْدُ ۖ إِنَّهُ أَوَّابٌ

Artinya: \”Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya)\”.

3. Tahan menghadapi ujian selama 18 tahun

Hadis riwayat Anas ibn Malik menyebutkan bahwa Nabi Ayub merupakan seorang yang nabi yang sangat tabah. Beliau mampu dan dapat bertahan menghadapi segala cobaan selama 18 tahun hidupnya, sekalipun keluarganya sendiri sempat menjauhinya. 

“Baik keluarga dekat maupun keluarga jauh menolaknya kecuali dua orang laki-laki dari saudara-saudaranya. Kedua saudara itulah yang selalu memberinya makan dan menemuinya.”

Ketabahan Nabi Ayub inilah yang membuat Allah SWT memberikan segala kelimpahan dan keberkahan kepadanya. Bahkan, sikap tersebutlah yang membuat banyak umat muslim mengaguminya. Harapannya, dengan adanya cerita Nabi Ayub ini, semua umat muslim bisa menjadi seorang yang sabar dan tabah. 

Saat diberi ujian pun mestinya senantiasi kuat dan tetap bertawakal kepada Allah SWT. Dengan demikian, Allah SWT pun tak ada ragu mengangkat cobaan tersebut dan memberikan Pins kemulian. Semoga menginspirasi!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download