11 Contoh Teks Narasi Beserta Definisi, Jenis, dan Strukturnya!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ January 24, 2023 ∙ 10 menit membaca

Apakah kamu tahu apa itu teks narasi / narrative? Atau kalian baru pertama kali mendengar tentang teks narasi? Pada kesempatan ini Pinhome akan memaparkan tentang pengertian narasi, struktur, ciri-ciri dan contoh teks narasi.

Teks narasi biasanya bisa kalian temukan pada berbagai karya tulis seperti cerpen (cerita pendek), novel, biografi dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang bab teks narasi yang ada pada pelajaran Bahasa Indonesia, simak dengan baik!

Pengertian Teks Narasi

Teks narasi atau yang lebih dikenal dengan paragraf narasi merupakan sebuah teks yang tersusun daru beberapa paragraf yang menceritakan kejadian secara runtut dan kronologis dan sesuai dengan urutan waktu yang ditentukan.

Biasanya teks narasi menceritakan cerita dan kisah-kisah karangan baik fiktif maupun non fiktif.

Baca juga: Mengenal Teks Debat: Definisi, Struktur, Ciri, Beserta Contoh Lengkap!

Jenis-Jenis Teks Narasi

Teks narasi juga memiliki jenis-jenisnya masing masing, berikut ini adalah jenis jenis teks narasi. Simak dengan baik!.

Narasi Ekspositoris

Jenis Paragraf Narasi Ekspositoris
(kakapintar.com)

Jenis yang pertama adalah ekspositoris, jenis teks narasi ini adalah teks narasi yang dibuat secara informatif dan jelas. Sehingga para pembaca teks narasi tersebut bisa mengerti dan memahami teks narasi dengan jelas.

Biasanya, jenis teks narasi ini menceritakan kehidupan seseorang dari awal hidup hingga wafatnya, atau yang biasa kenal dengan teks biografi.

Narasi Artistik

Jenis yang kedua adalah Artistik, jenis teks narasi ini adalah teks narasi yang mengisahkan suatu karangan yang memiliki sifat imajinatif.

Contoh dari jenis yang satu ini adalah cerpen, cerita rakyat, novel dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya, jenis teks narasi ini digunakan untuk memberikan hiburan kepada para pembacanya.

Narasi Sugestif

Jenis yang ketiga adalah Sugestif, jenis teks narasi adalah teks narasi yang memberikan sebuah cerita atau bacaan dengan tujuan tertentu.

Biasanya tujuan dari teks ini untuk memberikan sugesti kepada para pembaca agar percaya terhadap suatu hal. Pembaca dibuat seolah-olah mengetahui dan melihat maksud dari teks narasi yang diberikan.

Baca juga : Teks Drama

Struktur Teks Narasi

Seperti teks teks yang lain, teks narasi juga memiliki struktur sendiri. Teks narasi mempunyai 4 struktur diantaranya adalah orientasi, komplikasi, resolusi dan koda, struktur itu perlu diperhatikan untuk membuat teks narasi yang baik dan benar.

Sehingga para pembaca bisa paham dengan isi dari teks narasi tersebut, berikut adalah struktur teks narasi. Simak dengan Baik!

Orientasi

Pada bagian ini berisi pengenalan tokoh, latar tempat, setting, latar cerita, latar waktu dan berbagai komponen lainnya. Bagian paragraf ini menjadi urutan pertama kali dalam sebuah cerita.

Sebagai awal dari cerita, perlu disampaikan dengan cara yang sangat menarik. Tujuannya adalah agar para pembaca tertarik dengan isi teks narasi yang dibuat

Komplikasi

Pada bagian ini memuat pokok permasalahan atau problem yang ada dalam sebuah cerita. Konflik mulai muncul dan jalan cerita dimulai pada bagian ini. Bagian ini bisa kamu mulai dengan pengenalan konflik, selanjutnya diteruskan dengan konflik yang lebih kompleks.

Resolusi

Pada bagian ini berisi jalan keluar atau pemecahan konflik yang sudah diceritakan pada bagian komplikasi.

Koda

Pada bagian ini memuat akhir dari karangan suatu cerita, pada bagian ini bisa berisi sedih atau bahagia.

Baca juga : Teks Eksplanasi

Ciri-ciri Teks Narasi

Setiap jenis teks pasti memiliki ciri-cirinya masing-masing, begitu juga dengan teks narasi. Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks narasi, simak dengan baik!

  • Memiliki kronologi atau urutan cerita yang jelas
  • Terdapat konflik maupun peristiwa
  • Isi karangan berisi tentang kisah, cerita atau peristiwa tertentu
  • Bahasa naratif dan dibentuk dari beberapa susunan paragraf
  • Memliki unsur-unsur pembentuk (karakter, latar, setting, tema)

Contoh Teks Narasi

Tidak lengkap rasanya jika kita sudah membahas tentang teks narasi, tapi Pintar Nesia belum memberi contoh teks narasi. Oleh karena itu, Pintar Nesia akan memberikan satu contoh teks narasi, berikut ini adalah contoh teks narasi.

Contoh Teks Narasi Perkenalan Diri

Orientasi:

Dimas adalah nama panggilanku, nama panjangku adalah Dimas Putra Andika. Bapak yang memberiku nama itu, aku juga mempunyai ibu yang sangat baik. Keluarga ku hidup di desa yang berada di Banjarnegara.

Konflik:

Aku sangat bersyukur karena diberi keluarga yang sangat harmonis dan kecukupan, tapi semua berubah ketika rekan kerja bapak mengkhianati bapak. Seluruh asset yang dimiliki oleh keluarga ku berhasil diambil oleh rekan kerja bapak. Kondisi ini membuat aku dan keluarga harus pindah kerumah kakek.

Bukan seorang bapak namanya kalau putus asa ditengah kondisi seperti ini, bapak selalu mengayomi dan menghibur kami ditengah kondisi kami yang jauh dari kata layak. Bapak selalu keliatan tegar dan penuh semangat supaya keluarga kami keluar dari kondisi ini.

Resolusi:

Bapak memulai lagi usahanya dari nol. Setiap hari, bapak berangkat pagi dan pulang larut malam. Semua bapak lakukan untuk mengembalikan keluarga kita seperti dulu. Seperti kata pepatah hasil tidak akan mengkhianati usaha, perlahan bapak mampu mengembalikan keluarga kami seperti sedia kala.

Koda:

Berkat ketekunan dan kegigihan bapak, akhirnya kami sekeluarga bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Sebuah kehidupan yang pernah diambil oleh orang jahat, dan akhirnya kembali lagi kepada kami.

Contoh Teks Narasi tentang Safa dan Marwa

(The Conversation)

Di sebuah hutan belantara, hiduplah dua orang anak kembar yatim piatu yang bernama Safa dan Marwa. Mereka berdua tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu hewan untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar yang sangat kaya yang kebetulan sedang ingin berburu di dalam hutan. Safa dan Marwa pun dibawa oleh saudagar itu ke rumahnya dan dijadikan sebagai anak angkatnya.

Contoh diatas menceritakan tentang dua orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, saat mereka berburu dihutan, mereka bertemu dengan saudagar yang sangat kaya yang kebetulan juga sedang berburu. Akhirnya Safa dan Marwa dibawah kerumah saudagar dan dijadikan sebagai anak angkatnya.

Contoh Teks Narasi tentang Kejutan Ulang Tahun

(Postable)

Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi

Novel Habibie dan Ainun
Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun. Menjelaskan tentang betapa besarnya cinta antara Habibie dan Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan dan kesuksesan Habibie yang tidak lain adalah suami tercinta Ainun.

Salah satu jenis paragraf narasi diatas merupakan sugesti yang mana menceritakan kisah Habibie dan Ainun dalam novel terkenalnya.

Contoh Teks Narasi tentang Ingin Jadi Pahlawan

(Men\\\’s Journal)

Di sebuah kota Z, hiduplah seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan. Pada suatu hari ia menolong seorang anak kecil yang akan dibunuh oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat tersebut namun akhirnya menang. Karena semakin bersemangat menjadi pahlawan, ia berlatih dengan 100x push up, 100x squat jump, 100x sit up dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya dia bisa menjadi orang yang sangat kuat.

Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi pahlawan yang kuat setelah menolong seorang anak kecil yang hendak dibunuh oleh penjahat. Setelah melewati latihan yang keras, pada akhirnya ia berhasil menjadi orang yang sangat kuat untuk menjadi pahlawan.

Contoh Teks Narasi tentang Keindahan Mading

Di sekolah ku, dikelilingi oleh berbagai macam tanaman .seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni .begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali.

Sambil menikmati keindahan mading ,siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

Contoh Teks Narasi tentang Kerja Keras

Hari serasa Senin menjadi hari yang sangat berat bagiku, aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Membantu keluarga memang tugasku, terlebih setelah ayahku meninggal aku harus lebih bekerja keras entah di Sekolah maupun dirumah. Namun demi Ibu ku setiap hari akan kulakukan.

Contoh diatas menceritakan seorang anak yang rela bekerja keras demi Ibunya setelah Ayahnya meninggal walau sesibuk apapun dia.

Contoh Teks Narasi tentang Ariel Noah Kepasar

Pergilah Ariel Noah ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel Noah yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

Contoh Teks Narasi tentang Elsa ke Hutan

Di suatu pagi yang sangat cerah, Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, ia tak sendirian karena ia pergi bersama sang Kakek. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.

Cerita diatas mengisahkan Elsa yang baru pertama kali mencari kayu bakar di hutan bersama kakeknya, karena merasa asing dengan suasana hutan ia jadi merasa takut.

Contoh Teks Narasi tentang Hari Minggu

Hari Minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku.

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Contoh Teks Narasi tentang Ir. Soekarno

(Gramedia)

Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.

Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Teks Narasi tentang Ke Hutan

Kala itu mentari belum bangun dari peraduannya, ayam jago pun belum melakukan tugasnya. Namun pak Raden telah keluar dari kediamannya. Kulitnya yang keriput dan tipis seolah-seolah tidak mempan akan hembusan angin pagi yang berusaha membekukan kulitnya.

Tangannya yang kekar memikul sebuah cangkul ditangan kirinya sedangkan ditangan kanannya memegang sebuah bingkisan besar.

Pada saat ia melangkah kan kakinya menuju sawahnya, langkahnya tiba-tiba terhenti oleh tangisan anak bayi yang merusak keheningan pada saat itu. Dengan rasa takut pak Raden mencari sumber datangnya suara tangisan itu.

Betapa terkejutnya Pak Raden melihat seorang yang sangat mungil dan lucu tergeletak di bawah pohon beringin besar itu.

Ketika dia mencoba untuk mengangkat bayi itu, tiba-tiba ada seekor harimau yang cukup besar hendak menyerangnya.

Tetapi dengan cekatan pak Raden mengelak terkaman harimau itu. Ternyata suara tangis bayi itu, turut mengundang seekor harimau. Dan tampaknya harimau tersebut sedang kelaparan.

Harimau tersebut selalu memandangi bayi tersebut dengan tatapan yang sangat mengerikan. Melihat harimau tersebut, Pak Raden mencoba menjauhkan harimau tersebut dengan menggunakan cangkulnya.

Akan tetapi harimau itu kembali melawan. Dia berbalik untuk menyerang pak Raden dan berhasil melukai Pak Raden. Dia jatuh ke tanah dan terdesak, saat harimau hendak menerkamnya lagi, pak Raden mengambil cangkulnya yang berada disamping tubuhnya itu.

Alhasil Pak Raden mampu mengalahkan harimau itu dengan cangkulnya yang berhasil menembus perut harimau sampai harimau itu mati.

Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi tersebut untuk ia bawa pulang kerumahnya untuk diurus dan diangkat sebagai anaknya.

Nah, itulah pengertian, struktur narasi, ciri-ciri dan contoh teks narasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar tentang teks narasi

Baca juga: Mengenal Teks Inspiratif: Definisi, Struktur, dan Contohnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Berita Pinhome
Berita Pinhome Tips Bisnis Properti dan Cara Dapat Bonus dari Transaksi Jual Rumah untuk Agen Properti

Jakarta, 31 Januari 2023 - Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prope

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia