12 Contoh Teks Berita Beserta Pengertian, Struktur, Ciri & Kaidah

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ October 24, 2022 ∙ 11 menit membaca

Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia yang tersebar melalui berbagai media. Contohnya seperti radio, televisi, internet, situs web, maupun media yang lainnya.

Teks berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta bisa dijadikan berita. Berikut pemaparan tentang teks berita, agar kamu semakin paham.

Pengertian Teks Berita

Teks berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

Teks berita merupakan jenis teks narasi yang melaporkan suatu kejadian atau peristiwa dan informasi tentang sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Struktur Teks Berita

Teks berita mempunyai tiga struktur yang saling berkaitan sehingga membentuk teks ini secara utuh. Hal ini saya rasa tidak jauh berbeda dengan struktur artikel secara umum, berikut struktur teks berita.

  1. Orientasi, yaitu berisi pembuka atau pengenalan masalah dari peristiwa yang diberitakan. Biasanya disertakan penjelasan singkat terkait berita yang sedang dibahas.
  2. Peristiwa, yaitu berisi tentang proses kejadian dari awal sampai akhir. Pokok inti dari permasalahan berdasarkan peristiwa yang terjadi di lapangan.
  3. Sumber, yaitu asal sumber berita tersebut muncul. Sumber berita tidak selamanya ditulis di bagian akhir berita, tapi biasanya terletak di bagian bawah teks.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

(Unsplash)

Ada tiga kaidah dalam penyusunan teks berita, yaitu :

Keterangan

Teks berita memerlukan keterangan untuk menjelaskan lebih lanjut setiap kalimat yang ada pada teks berita. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih paham akan isi dari berita dengan benar.

Kata Transitif

Ini merupakan kelas kata yang menerangkan sebuah tindakan, umumnya menjadi predikat dalam sebuah kalimat. Verba ini memerlukan dua kata benda yang berfungsi sebagai subjek dan objek yang keduanya bisa dibuat kalimat aktif dan pasif.

Berikut contoh kalimatnya, Hasan membaca buku (aktif) kemudian buku Hasan baca (pasif). Kalimat yang berawalan kata “me- “ lebih mudah di pasifkan.

Kata Pewarta

Ini adalah salah satu ciri kebahasaan yang ada di dalam teks berita. Verba ini digunakan untuk mengidentifikasi teks berita. Verba ini sangat mudah dicari di koran yang berupa tanda “ .. ” dan setelah itu ada disusul tulisan : kata, ujar, dan sebagainya.

Ciri-ciri atau Syarat Teks Berita

(Unsplash)

Setiap teks memiliki ciri atau syarat masing-masing, hal ini juga sekaligus pembeda dengan teks lain, misal teks eksposisi dengan teks berita sudah dapat dipastikan memiliki ciri atau syarat yang berbeda.

Aktualitas

Sebuah berita harus bersifat aktual, bahwa berita membahas peristiwa yang masih baru masih hangat untuk diperbincangkan.

Terdapat Nilai Penting

Ciri selanjutnya yaitu terdapat nilai penting, hal ini agar orang lain tertarik dan mau membaca isi berita tersebut. Isi berita juga ditujukan untuk semua kalangan bukan hanya kelompok tertentu.

Berdampak Pada Masyarakat

Teks berita harus berdampak pada masyarakat. Maksudnya ada respons atau tanggapan dari masyarakat mengenai hal yang diberitakan.

Informatif

Teks berita harus bersifat informatif, karena teks berita merupakan wadah informasi bagi masyarakat.

Kedekatan Jarak dengan Pembaca

Biasanya teks berita mengutamakan berita dalam negeri setelah itu baru berita di lingkup mancanegara.

Memiliki emosi

Teks berita juga harus memiliki emosi di dalamnya, agar para pembaca bisa ikut merasakan situasi dan kondisi pada peristiwa yang sedang diberitakan.

Faktual (Terpercaya)

Berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya agar publik tidak merasa dibohongi oleh berita palsu atau hoax. Sehingga berita itu bisa diterima di masyarakat. Maka dari itu sumber berita harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Seimbang

Berita haruslah seimbang berarti tidak memihak. Membuat berita harus netral.

Lengkap

Berita harus detail, agar pembaca mendapat informasi yang sesuai. Biasanya kelengkapan berita dilihat dari penggunaan rumus 5W+1H (What, Why, Who, When, Where + How)

Sistematis

Teks berita harus terstruktur, urut menjelaskan kejadiannya atau kronologis. Tentu ini dilakukan agar pembaca akan mudah mengerti informasi yang kalian sampaikan

Segera disampaikan

Yang terakhir adalah segera disampaikan, artinya setelah selesai disusun maka teks berita langsung disebarkan baik melalui media cetak maupun elektronik atau internet, agar keaktualannya tidak basi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Paling Menarik Di Bangka Belitung

Tujuan dan Fungsi Teks Berita

Tujuan dari teks berita yaitu untuk menyampaikan kepada para pembaca, pendengar, dan lainnya tentang informasi penting yang layak dan berfungsi untuk mengetahui informasi terbaru masa kini yang diberitakan secara langsung.

Jenis-jenis Berita

Berikut kami klasifikasikan jenis berita berdasarkan:

Masalah yang dikandungnya

  • Ekonomi
  • Hukum
  • Olahraga
  • Politik
  • Kriminal
  • IPTEK
  • Agama
  • Lingkungan
  • Pertanian
  • Tokoh

Tempat terjadi peristiwa

  • Dalam negri, bisa di kota bisa di daerah
  • Luar negri

Daya pengaruhnya

  • Lokal (wilayah daerah tingkat II)
  • Regional (wilayah daerah tingkat I)
  • Nasional (wilayah negara)
  • Internasional (antarnegara)

Sumber berita

  • Peristiwa
  • Pendapat
  • Peristiwa dan pendapat

Kadar fakta yang terkandung

  • Faktual
  • Fakta ditambah penjelasan mengenai fakta (interpreted news)
  • Opinion news atau fakta bercampur pendapat wartawan
  • Berita bohong

Baca juga: Contoh Teks Anekdot

Panduan Menulis Teks Berita yang Baik dan Benar

(Unsplash)

Proses pembuatan teks berita, baik itu berita politik, olahraga ataupun contoh teks berita yang lainnya, diharuskan memenuhi kaidah yang berlaku, dalam hal ini seperti yang telah kita bahas pada bagian-bagian sebelumnya.

Membuat teks berita tidak jauh berbeda dengan membuat artikel, yang membedakan hanya kaidah kebahasaan yang dipakai serta beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Rumus yang paling lazim digunakan dalam membuat teks berita ialah teknik 5W+1H. Saya meyakini kalian sudah mengetahui dan paham mengenai teknik ini.

Baca juga: Contoh Teks Editorial

Kumpulan Contoh Teks Berita

Setelah kita mempelajari teks berita secara menyeluruh, untuk melengkapinya saya akan memberikan beberapa contoh teks berita dengan berbagai tema atau topik, berikut selengkapnya.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Gempa Bumi

Gempa M 5,1 Terjadi di Sumba Timur NTT

Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,1 di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa yang terjadi sejauh ini tidak berpotensi Tsunami. Hal ini sesuai pernyataan yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin (17/6/2019).

Gempa bumi yang terjadi dilaporkan terjadi pada pukul 03.13 WIB. Pusat gempa diketahui berada di 16 km barat daya Karera, Sumba Timur. Titik koordinat diketahui berada pada 10.41 LS – 120.08 BT dengan Kedalaman gempa 10 km.

Saat terjadi gempa, masyarakat Sumba Timur sempat panik, sebab gempa terjadi dengan tiba-tiba. Untuk mengatasi hal yang serupa, masyarakat masih waspada dan bersiaga.

Contoh Teks Berita Tentang Kebakaran Hutan

(Britannica)

Kebakaran Hutan Ashdown di Inggris

Menurut laporan BBC, telah terjadi kebakaran pada Minggu 28 April 2019 di kawasan hutan yang sangat terkenal yaitu Ashdown.

Kebakaran hutan terjadi pada 21.30 waktu setempat di hari minggu, kata Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan East Sussex, berdasarkan laporan BBC pada hari senin (29/4/2019).

Kawasan hutan yang terbakar diperkirakan mencapai 20 hektar area, yang meliputi pohon dan semak belukar di kawasan Kingstanding.

Saat kebakaran terjadi, petugas pemadam kebakaran langsung siap siaga mendatangi tempat kejadian. Petugas yang diterjunkan untuk menjinakan si jago merah sebanyak 6 kru, kemudian setelah beberapa titik api berhasil dijinakan, kru diperkecil menjadi 4 saja.

Andrew Gausden dari dinas pemadam memberikan tanggapannya terkait hal ini, dimana kondisi hutan, terutama semak belukar dalam keadaan kering, sehingga sangat mudah terbakar.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap Si Jago Merah

Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah dan surat-surat tanah miliknya.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Politik

Gugatan Prabowo ke Mahkamah Konstitusi (MK)

Pada tanggal 11 Juni 2019, tim hukum Prabowo-Sandi mendaftarkan gugatan Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK), dimana mereka menggugat hasil Pilpres 2019.

Hal tersebut dilakukan oleh kubu Prabowo setelah mereka merasa dirugikan di perhelatan Pemilu 2019. Baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun oleh kubu pesaingnya, yaitu Jokowi.

Beberapa yang dianggap menyimpang oleh kubu Prabowo ialah berpihaknya aparat, seperti Intelijen, Polisi, Kementrian dan beberapa pihak lainnya. Selain itu mereka menyayangkan  keberpihakan KPU terhadap salah satu pasangan calon Presiden.

Sejauh ini bukti yang disajikan adalah laporan kecurangan yang dimuat oleh beberapa media Nasional. Sidang MK sendiri dijadwalkan pada tanggal 11 mendatang.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan

(WKYC)

Rem Bus Blong, Tabrak Tangki

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum terjadi lagi. Diketahui dari video yang diunggah oleh akun Instagram @porosgarut terlihat saat-saat bus Sumatera menabrak truk tangki. Kejadian tersebut sontak menjadi bahan perbincangan di jagat dunia maya.

Kejadian tersebut bermula ketika sang sopir tidak dapat mengendalikan laju bus yang begitu cepat, lantas dengan seketika tanpa diduga menabrak truk tangki.

Berdasarkan informasi, kecelakaan tersebut diketahui terjadi pada Minggu 16 Juni 2019 sekitar pukul 14.00 WIB di Padang Sumatera Barat.

Contoh Teks Berita Tentang Banjir

(Al Jazeera)

Banjir Bandang di China Tewaskan 61 Orang

Dilansir dari halaman Tempo.co, banjir bandang yang terjadi di China menerjang hampir sebagian besar wilayah selatan dan tengah China. Banjir tersebut sudah terjadi lebih dari sepekan. Banjir yang terjadi cukup lumayan lama ini dipicu oleh hujan deras yang akhir-akhir ini mengguyur China.

Selama banjir terjadi, yaitu pada tanggal 13 Juni 2019, sebanyak 1.900 rumah roboh serta 3, 71 hektar area pertanian rusak parah.

Akibat kejadian tersebut, dikabarkan perekonomian China mengalami perlambatan sekitar  27 triliun rupiah.

Selain itu, Pemerintah China melalui kementerian terkait mengabarkan kepada masyarakatnya bahwa hujan lebat akan terus mengguyur China dalam sepekan kedepan. Untuk itu masyarakat dihimbau agar senantiasa waspada dan hati-hati.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan

(Fun Kids Guide)

8 Kelompok Nilai UTBK Gelombang Pertama

Berbeda halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, masuk perguruan tinggi diharuskan mengikuti UTBK terlebih dahulu, yaitu sebuah tes berbasis komputer.

Setelah UTBK pertama berhasil diselesaikan, selanjutnya peserta dapat mendaftar SBMPTN dengan nilai yang telah didapatkan.

Berdasarkan informasi dari ketua lembaga masuk perguruan tinggi Prof Ravik Karsidi melalui pengumuman resminya (21/5/2019) telah mengumumkan hasil UTBK untuk sesi 18 Mei.

Hasil UTBK tersebut sudah dapat dilihat di halam resmi, dimana dimana nilai yang didapatkan menjadi syarat untuk mengikuti SBMPTN.

Contoh Teks Berita Kesehatan

Cegah DBD dengan Ikan Cupang

Penyakit demam berdarah atau DBD akhir-akhir ini mewabah kembali, di Tasikmalaya terdapat yang unik dimana pemerintah melalui dinas kesehatan membagikan ikan cupang secara gratis untuk mengatasi jentik nyamuk di Perum Kota Baru Cibeurem, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (8/2/2019)

Berdasarkan informasi, DInas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat 64 warga dinyatakan terjangkit demam berdarah secara positif, dan 5 diantaranya telah meninggal dunia.

Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui dinas kesehatan berharap dengan dibagikannya ikan cupang kepada warga akan mengantisipasi mewabahnya demam berdarah.

Contoh Teks Berita Tentang Cuaca

(Unsplash)
contoh teks berita cuaca

Contoh Teks Berita Tentang Olahraga

Hamilton Siap Jaga Rekor di F1 Prancis

Hamilton bertekad untuk terus menang secara konsisten serta menjaga rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir. Pekan ini Hamilton akan berusaha untuk menjuarai kembali Grand Prix di Perancis, demi rekornya tersebut.

Kendati demikian, jalan tersebut tidaklah akan mudah, sebab pembalap lain seperti ferrari akan mati-matian untuk merebut posisi puncak.

Hal ini seperti yang terjadi di balapan terakhir dimana Hamilton menjuarainya, namun hal ini lebih karena keberuntungan, sebab pembalap Ferrari terkena penalti.

Hamilton dan Mercedes memiliki ambisi untuk meraih kemenangan 11 kali berturut-turut seperti halnya yang dilakukan McLaren pada tahun 1998.

Contoh Teks Berita Tentang Lingkungan

Air Sumur Diduga Tercemar BBM

Warga Dusun Panjer dan dan Dusun Tunggal Pager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto secara tiba-tiba dikejutkan dengan air sumur yang berubah menjadi keruh serta memiliki bau yang menyengat seperti bahan bakar.

Hal tersebut diduga air sumur yang warga gunakan telah tercemar bahan bakar, mengingat warna dan bau air telah berubah, sehingga tidak dapat digunakan untuk memasak dan dikonsumsi.

Seorang warga mengatakan, bahwa air di rumahnya memang telah berubah warna menjadi lebih keruh dan memiliki bau yang lebih menyengat seperti bahan bakar.

Menurut pengakuannya, air tercemar BBM sejak 6 hingga 7 bulan yang lalu. Akhirnya mau tidak mau warga menggunakan air dari PDAM untuk keperluan sehari-hari mereka.

Contoh Teks Singkat Tentang Budaya

Ritual Pernikahan di Sungai Mandar

Terdapat hal yang menarik dan unik di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yaitu upacara adat pernikahan yang dilakukan di sungai. Salah satu tradisi turun temurun ini telah ada dari jaman dahulu, hingga saat ini masih terpelihara dengan baik.

Tradisi maccanring atau mengantar makanan dari pihak laki-laki untuk mempelai perempuan. Apabila biasanya di era modern prosesi ini menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil yang melalui jalan aspal. Berbeda halnya dengan apa yang terjadi beberapa waktu lalu dimana ada keluarga yang memilih kendaraan tradisional untuk melakukan tradisi maccanring.

Menurut Ridwan, yang merupakan salah satu keluarga mengaku maccanring menggunakan rakit terbilang hal yang langka.

Maka tidaklah heran apabila prosesi yang dilakukan menjadi bahan perbincangan masyarakat, bukan hanya masyarakat lokal, namun masyarakat Indonesia secara luas.

Penutup

Teks berita merupakan sesuatu yang sangat lazim disediakan oleh media, baik media cetak maupun media online. Saat memutuskan untuk membuat teks berita, hendaknya kita memperhatikan beberapa hal, salah satunya ialah harus memenuhi unsur 5W dan 1H.

Tulisan di atas sudah begitu lengkap membahas mengenai contoh teks berita secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian dalam belajar membuat teks berita.

Baca juga: Inilah Ciri-Ciri Dan Jenis Paragraf Narasi Yang Wajib Kamu Ketahui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia