BlogPemilik PropertiDesain HunianStandar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah
0
0

Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 12, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
tinggi pintu rumahtop-right-banner

Berbicara seputar standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah, maka kita perlu mengetahui berapa ketinggian maksimal orang yang akan menghuni rumah tersebut. Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan standar tinggi tamu yang mungkin berkunjung ke tempat tinggal tersebut. Simak artikel ini untuk mengetahui ukuran standarnya!

Kamu dapat mendapatkan rumah impian kamu yang nyaman dan indah di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat membangun hunian impian kamu yang memiliki ukuran tinggi dan lebar pintu rumah ideal dengan menggunakan Program KPR Bank.

Baca juga: Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis yang Ideal

Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah

Masih banyak orang yang belum memahami dan mengetahui berapa standar untuk ukuran pintu rumah yang ideal. Jika ukuran pintu tidak memenuhi standar, maka kemungkinan pintu tidak bisa dipakai untuk hunian. Jangan khawatir, dengan mengetahui standar ukuran pintu rumah, kamu bisa menentukan ukuran pintu rumah yang ideal.

Menurut ukuran standar yang digunakan, terdapat dua pilihan yang berbeda. Tentu untuk kita yang berada di kawasan Asia khususnya Indonesia, ukuran standar pintu akan berbeda dengan Eropa. Hal itu karena berbeda antara tinggi badan masing-masing orang dari negara tersebut. Berikut ini ukuran standarnya:

1. Standar Ukuran Pintu Rumah Tunggal

Source : iStock

Jika melihat SNI (Standar Nasional Indonesia), ukuran standar pintu rumah depan yaitu memiliki daun pintu berukuran lebar dan tinggi berkisar (80, 90,120) cm x (200, 210, 240) cm. Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan ukuran standar pintu rumah depan 90 cm x 210 cm.

Apabila kamu memiliki perabotan yang memilki ukuran cukup tinggi, tidak disarankan memiliki pintu berukuran di bawah 80 cm. Sebab ukuran pintu tersebut akan menyulitkanmu memasukkan dan mengeluarkan barang tersebut.

Untuk kusennya, dapat menggunakan lebar dan tebal berkisar 60 x (10, 12, 13, 15); 8 x (10, 12, 15) dan 10 x (12, 15) cm. Namun, ukuran lebar paling ideal adalah 6 cm.

2. Standar Ukuran Pintu Rumah Dua

Source : iStock

Jika melihat SNI (Standar Nasional Indonesia), untuk standar ukuran pintu rumah berjumlah dua dianjurkan memiliki lebar dan tinggi berkisar (120, 150) cm x (200, 210, 240) cm. Kebanyakan masyarakat lebih menyukai ukuran ideal untuk pintu rumah 2 pintu yaitu 120 cm x 210 cm.

Kusen pintu rumah dua pintu memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang sama dengan standar ukuran pintu rumah tunggal, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.

Baca juga: 10 Tips Desain Pintu Rumah untuk Hunian Impian

3. Standar Ukuran Pintu Kamar

Source : iStock

Pins pada umumnya ukuran pintu kamar memiliki tinggi yang lebih rendah, dibandingkan ukuran pintu depan rumah. Lebar dan tingginya pintu kamar tidur yaitu 80 cm x 200 cm.

Lalu, untuk ukuran lebar minimal pintu kamar adalah 75 cm. Ukuran tersebut sedikit lebih rendah, dibandingkan dengan ukuran minimal pintu rumah. Hal ini dikarenakan keluar dan masuknya barang-barang melalui pintu kamar tidak setinggi pintu rumah.

Meskipun demikian, ukuran standar pintu kamar tetap diperlukan memiliki kelebaran yang cukup, agar dapat dilalui barang furniture kamar berukuran besar seperti kasur dan lemari.

Untuk kusen pintu kamar, ukuran standarnya berkisar 1 – 1,5 cm. Ukuran tersebut berukuran 4x lebih kecil dibandingkan kusen pintu rumah.

4. Standar Ukuran Pintu Toilet

Source : iStock

Selanjutnya, untuk standar ukuran pintu toilet memiliki ukuran standar lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu 70 cm x 180 cm.

Ukuran yang lebih rendah tersebut dikarenakan pintu toilet bukan merupakan pintu akses untuk keluar masuk barang perabotan. Ukuran standar pintu kamar mandi didesain hanya untuk dapat dilalui oleh satu orang, sehingga diperlukan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit.

Jika kamu berpikir ingin memiliki bath up di toilet kamu, tenang saja bath up tersebut tentunya akan sudah diletakkan di dalam toilet sebelum pintu dipasang. Lalu, ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu rumah, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.

5. Standar Ukuran Pintu Rumah Minimalis

Source : iStock

Perlu kamu ketahui, rumah minimalis bukanlah sebuah rumah dengan ukuran mini. Rumah minimalis merupakan tatanan rumah yang sederhana dan efisien berdasarkan fungsinya.

Oleh karena itu, ukuran standar pintu rumah minimalis memiliki ukuran yang sama dengan ukuran standar pintu rumah tunggal, yaitu 90 cm x 210 cm. Begitupula dengan ukuran lebar kusennya, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.

Selain menggunakan pintu model tunggal, kamu dapat menggunakan model pintu geser, pintu dorong, dan model-model lainnya.

Baca juga: Simak, Jenis Pintu Rumah Dengan Bentuk yang Menarik

6. Standar Ukuran Pintu Rumah Mewah

Source : iStock

Untuk standar ukuran pintu rumah mewah berbeda dengan ukuran standar pintu pada umumnya, karena pintu rumah mewah dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan megah. Standar ukuran pintu rumah mewah dapat memiliki tinggi dan lebar berkisar 250 cm x 160 cm.

Jika kamu membandingkan ukuran rumah mewah yang satu dengan ukuran rumah mewah lainnya, maka akan terdapat perbedaan. Hal ini dikarenakan pihak rumah mewah menentukan standar ukuran pintu rumah mereka berdasarkan ketertarikan mereka. Tentu saja untuk ukuran kusennya juga memiliki perbedaan.

Cara Menentukan Tinggi Pintu Rumah

ukuran pintu rumah
Source : Pinterest

Untuk mengetahui standarnya perlu kita ketahui berapa lebar badan orang yang akan melewatinya. Jika kita ukur maka rata-rata ketinggian orang indonesia berkisar antara 160cm – 180cm. Dengan begitu, kamu harus membuat kusen pintu lebih tinggi di atas ukuran tersebut.

Standar ukuran pintu rumah biasanya sekitar 210cm ketinggian bersih daun pintu, ditambah kusen setebal 6cm, maka total ada 216m. Untuk ukuran pintu kamar mandi, ruang tamu, tidur, makan, keluarga dan dapur lebar daun pintunya 80cm.

Jika ditambah dua buah kusen kanan kiri setebal 2x6cm, maka total ada 92cm. Sedangkan kamar mandi bisa dibuat lebih kecil yaitu 70cm, atau disamakan jadi 80cm juga tidak masalah.

Pintu kamar mandi bisa dibuat lebih kecil karena tidak digunakan untuk lalu lintas perabot rumah. Sebaliknya, ruang tamu, ruang tidur dan sejenisnya perlu lebih lebar agar furnitur muat saat keluar masuk.

Itulah beberapa standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah. Selain untuk aspek kenyamanan, tinggi pintu rumah juga bisa mengesankan kegagahan, sehingga membuat ruangan nampak besar. Namun, tentunya ini perlu disesuaikan juga dengan ketinggian plafon agar serasi.

Tinggi jendela juga sebaiknya disamakan dengan bagian atas pintu agar serasi, kecuali ada desain khusus yang memang sengaja dibuat berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download