BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Site Plan Rumah untuk Pembeli dan Developer
0
0

10 Contoh Site Plan Rumah untuk Pembeli dan Developer

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 1, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Site plan rumah adalah suatu rancangan gambar yang memiliki bentuk dua dimensi dengan tampilan detail pembangunan suatu kawasan tertentu yang dibuat dalam satu skala sehingga memiliki pengaruh untuk pembuatan tata ruang bangunan. Umumnya site plan sebuah rumah menampilkan gambar atau peta sebuah kawasan tempat tinggal dengan isi keseluruhan bangunan. Termasuk di dalamnya adalah fasilitas pendukung dan akses jalan yang dimilikinya. Apa saja yang terlihat dalam sebuah site plan bangunan?

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: Perbedaan Site Plan dan Block Plan yang Jarang Diketahui!

Apa Itu Site Plan Rumah

Site plan rumah
Source : Pinterest

Site plan rumah menjadi hal yang penting harus didahulukan ketika Pins memutuskan untuk membangun bangunan terutama bangunan rumah tinggal Pins. Site plan ini berwujud gambar dua dimensi yang akan dikembangkan oleh pengembang properti atau arsitek. Penggambaran dua dimensi ini bisa juga menjadi penguat keyakinan pembeli terhadap perencanaan yang dilakukan oleh developer.

Dapat dikatakan site plan ini merupakan sebuah peta yang menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan. Gambarannya dilengkapi dengan skala dan juga ditambahkan area sekitar pembangunan seperti area parkir, jalan, utilitas air, listrik, penerangan, kontur, drainase, dan sebagainya.

Baca juga: Kenali Apa itu Apartemen Loft Serta Keunggulannya

Fungsi Site Plan Rumah

Site plan rumah
Source : Pinterest

Fungsi dari pembuatan site plan rumah di antaranya adalah untuk:

  • Perencanaan jangka panjang, termasuk jika ada jalur tol yang berdekatan dengan lokasi rumah
  • Terlihat area wilayah rumah secara fisik bersama bangunan yang dimiliki, sekaligus beserta sarana dan prasarana yang ada di lingkungan tersebut
  • Sebagai syarat dokumen wajib yang harus ada untuk memperoleh Izin Mendirikan Bangunan atau IMB

Adapun sarana dan prasarana yang terlihat dalam site plan yang dibuat di antaranya adalah rumah ibadah, pusat perbelanjaan, lapangan terbuka, tempat perniagaan, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan.

Baca juga: 10 Daftar Perumahan Subsidi di Bogor yang Murah Banget!

10 Contoh Site Plan Rumah

Setelah mengetahui penjelasan dan fungsi dari site plan rumah, kamu akan lanjut ke pembahasan contoh berikut ini. Contoh dari site plan rumah akan memberikan gambaran yang lebih jelas. Berikut ini contoh-contohnya:

1. Site Plan Perumahan

Source : Natadesa

Contoh site plan rumah yang pertama adalah site plan perumahan. Penggambaran site plan dilengkapi dengan beberapa warna yang menyatakan tipe-tipe rumah di perumahan. Pada site plan tersebut juga ditambahkan keterangan yang akan memudahkan pembeli ketika melihat site plan ini.

Baca juga: Harga Rumah Tipe 36 di Perumahan dan Cara Menghitungnya

2. Site Plan Apartemen

Source : ApartemenBengawanMalang

Contoh site plan yang kedua adalah site plan apartemen. Bagi kamu yang ingin memiliki apartemen, kamu perlu melihat seperti apa tampak site plannya. Hal ini penting untuk mengetahui di mana keberadaan tower kamu ataupun studio apartemen kamu.

Pada site plan ini juga ditambahkan denah di dalam apartemen yang dapat memudahkan pembeli untuk memahami isi apartemen mereka.

3. Site Plan Ruko

Source : DwiJayaKarya

Contoh site plan rumah yang ketiga adalah ruko. Ruko ini digambarkan dengan keterangan-keterangan yang dapat memudahkan pembeli ketika ingin melakukan pembelian ruko. Penggambaran site plan juga ditambahkan informasi rute jalan, lebar ROW, serta rencana pengembangan yang akan datang.

Baca juga: Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

4. Site Plan Cluster

Source : LavonSwanCity

Contoh site plan yang selanjutnya adalah cluster. Penggambaran site plan ini termasuk lengkap dan dapat menggambarkan area secara keseluruhan. Pins dapat dengan mudah menemukan terdapat blok apa saja di cluster tersebut. Selain itu, terdapat juga lokasi sungai dan rencana area hijau yang akan dirancang di perumahan tersebut.

5. Site Plan Townhouse

Source : ParkTerraceRowHomes

Contoh site plan rumah yang berikut ini adalah townhouse. Karena townhouse biasanya berada di pinggir jalan, pada site plan ini digambarkan area akses jalanan yang dapat memasuki area townhouse. Lalu, terdapat juga area parkir serta penunjuk arah jalan.

Baca juga: 10 Tips Open House Perumahan Saat Hendak Jual Properti

6. Site Plan Residence

Source : WinstonResidence

Contoh site plan yang keenam adalah residence. Residence lebih kecil dari perumahan. Penggambaran site plan dibuat lengkap dengan menampilkan seluruh aksesibilitas jalan, area hijau, dan rumah-rumah yang telah diisi dan masih kosong. Tentu hal ini akan memudahkan pembeli ketika melihat site plan ini.

7. Site Plan Cimanggis Golf Estate

Source : CimanggisGolfEstate

Contoh site plan rumah yang selanjutnya adalah site plan Cimanggis Golf Estate. Penggambaran unit di site plan ini terbilang unik karena masing-masing diberikan warna yang berbeda untuk memudahkan pembeli memahami tiap unitnya. Lalu, terdapat juga keterangan warna dari setiap unit tersebut.

Selain itu, terdapat juga informasi letak unit, akses jalan, serta letak club house.

Baca juga: 5 Ciri dan Cara Menuntut Developer Nakal dengan Tepat

8. Site Plan Adhi City Sentul

Source : HoffenProperti

Contoh site plan yang kedelapan adalah site plan Adhi City Sentul. Site plan ini dilengkapi dengan informasi yang cukup banyak dan lengkap sebagai pembantu dalam memahami gambar site plan di sebelahnya. Informasi yang diberikan adalah dua jenis rumah yang berbeda beserta dengan tipe-tipenya yang berbeda, kemudian terdapat juga beragam fasilitas yang digambarkan.

9. Site Plan Puri Indah Ketintang

Source : Rumah123

Contoh site plan rumah yang berikut ini adalah site plan Puri Indah Ketintang. Penggambaran unit rumah diberikan perbedaan warna dan keterangan di bawahnya. Terdapat unit rumah SOHO yang mana lokasinya diletakkan di depan agar terlihat strategis. SOHO ini merupakan Small Office Home Office yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus kantor atau tempat usaha.

Terdapat juga penunjuk arah untuk memudahkan memahami arah perumahan tersebut.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

10. Site Plan Kota Modern

Source : Rumah123

Contoh site plan yang terakhir adalah site plan Kota Modern. Penggambaran site plan ini diterapkan pada penggambaran Kota Modern yang memiliki luas 400 hektare. Terdapat informasi warna yang digunakan untuk melambangkan unit rumah, ruko, jalan utama di perumahan, area sungai, dan area hijau.

Pertimbangan mengetahui rencana tapak bangunan akan memudahkan pembeli untuk memilih unit rumah yang sesuai dengan adanya akses jalan sekaligus fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setiap penghuni rumah yang akan menghuninya.

Itulah cara merencanakan dan apa saja fungsi yang dimiliki site plan rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: IdeiClub


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download