BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiPahami Perbedaan Cluster dan Perumahan Sebelum Membelinya
0
0

Pahami Perbedaan Cluster dan Perumahan Sebelum Membelinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Masih banyak orang yang belum memahami perbedaan dari cluster dan perumahan jenis lainnya. Walaupun terdengar sama saja, akan tetapi faktanya terdapat perbedaan cluster dan perumahan yang membuat kedua jenis hunian ini berbeda. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan pahami perbedaan cluster dan perumahan sebelum Kamu membelinya. Pastinya, memahami perbedaan tersebut dapat membantu Kamu dalam memilih hunian Kamu.

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang sering kali diincar oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri tersedia berbagai jenis perumahan yang banyak dikembangkan oleh developer, salah satunya yaitu cluster. Cluster sendiri banyak diminati karena mempunyai beberapa kelebihan dari segi desain, lokasi, fasilitas, dan harganya yang biasanya akan masih terjangkau.

Pins bisa memilih unit-unit di Pinhome seperti rumah di Pesona Ciputih atau rumah di Bogor lainnya untuk dipadukan dengan pagar otomatis. Tidak hanya rumah baru, Pins juga bisa mempertimbagkan rumah bekas seperti rumah second di Jakarta Pusat. Inspirasi rumah nyaman lainnya juga dapat Pins temukan di Rumah Ekslusif, kumpulan rumah pilihan untuk kamu dari Pinhome.

Baca juga: 

Perbedaan Cluster dan Perumahan Sebelum Membelinya

Mempunyai rumah dapat dikatakan adalah impian bagi semua orang. Akan tetapi, mempunyai rumah bukanlah hal yang mudah, karena uang yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Tidak hanya itu, hampir setiap tahunnya harga properti semakin meningkat. Namun, hal tersebut tidak mencegah banyak orang untuk tetap mempunyai rumah.

Sebelum membeli rumah, terdapat beberapa pertimbangan matang dan perencanaan yang dibutuhkan. Akan tetapi, sebelumnya Kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah dan informasi tentang bidang jual beli properti ini. Misalnya yaitu cluster dan perumahan. Berikut ini beberapa perbedaan dari cluster dan perumahan.

1. Konsep

Source : Pinhome

Cluster dan Perumahan tentunya mempunyai konsep yang sedikit berbeda. Cluster adalah perumahan yang dibangun di suatu lingkungan dengan desain rumah yang sama. Tidak hanya itu, jarak antar rumah di dalam cluster juga tidak dibatasi dengan pagar, akan tetapi hanya dengan tembok beton berukuran pendek.

Sedangkan untuk perumahan biasanya menggunakan konsep desain yang sederhana dan rumah minimalis dengan ukuran dan tipe rumah yang seragam. Letak rumah di dalam perumahan juga biasanya akan berdampingan dari satu rumah dengan rumah lainnya dalam beberapa blok atau satu kompleks yang sama.

2. Letak

Selain mempunyai konsep yang berbeda, letak cluster dan perumahan juga berbeda satu sama lain. Cluster biasanya akan terleta di kawasan perkotaan yang lingkungannya telah hidup dan ramai, ataupun kawasan yang khusus dijadikan sebagai pemukiman. Sedangkan untuk perumahan biasanya terletak di kawasan sub-urban atau pinggiran kota.

3. Jumlah Rumah

Dikarenakan lokasi dari cluster dan perumahan berbeda, hal tersebut tentunya membuat jumlah rumah yang tersedia juga berbeda. Rumah yang tersedia di dalam sebuah cluster biasanya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan rumah yang ada di perumahan. Jumlah rumah di dalam sebuah cluster bisa berkisar dari puluhan hingga ratusan rumah.

4. Suasana

Source : Pixabay

Cluster itu sendiri menggunakan konsep terbuka atau biasa dikenal dengan sebutan rumah open space, yaitu rumah yang tersedia tidak dikelilingi oleh pagar. Antara satu rumah dengan rumah yang lainnya hanya dibatasi dengan tembok beton pendek saja. Tidak hanya itu, seluruh kawasan cluster biasanya akan dikelilingi oleh tembok yang tinggi dan biasanya hanya mempunyai 1 gerbang masuk saja (one gate system). Pintunya juga akan diawasai dengan petugas selama 24 jam, sehingga keamanan cluster sangatlah terjaga dan tidak perlu diragukan lagi.

Sedangkan, perumahan mempunyai suasana yang asri dan sedikit polusi karena lokasiknya yang berada di pinggiran kota. Lokasinya yang jauh dari pusat kota dan sedikitnya jumlah rumah di dalam satu perumahan juga membuat suasana perumahan akan lebih tenang jika dibandingkan dengan suasana cluster.

5. Fasilitas

Source : Agung Sedayu Group

Cluster biasanya mempunyai konsep desain modern, sehingga umumnya cluster akan dilengkapi dengan smart home system dan beberapa fitur canggih lainnya yang bisa memudahkan kehidupan bagi para penghuninya. Tidak hanya itu, keamanan cluster juga lebih terjaga dengan terdapatnya CCTV dan petugas keamanan selama 24 jam.

Sedangkan, perumahan mempunyai konsep yang sederhana, sehingga fasilitas yang tersedia di dalam perumahan biasanya biasanya hanya merupakan fasilitas umum saja. Fasilitas umum tersebut bisa berbentuk seperti tempat ibadah, pos keamanan, taman bermain untuk anak-anak, dan sebagainya.

6. Harga

Source : Pixabay

Dengan berbagai fasilitas, teknologi, dan lokasi dari cluster tersebut, tentunya harga rumah di dalam cluster akan lebih mahal jika dibandingkan harga rumah di perumahan. Cluster bisa dikatakan sebagai perumahan ekslusif dengan keamanan dan fasilitas yang disediakannya. Sedangkan, perumahan yang biasanya akan lebih sederhana mempunyai harga yang lebih terjangkau dan murah jika dibandingkan dengan cluster. Akan tetapi, biasanya harga ini juga dipengaruhi dengan bahan baku pembangunan dari rumah tersebut dan fasilitas yang disediakan.

Itu dia penjelasan tentang perbedaan cluster dengan perumahan. Secara keseluruhan, keamanan, fasilitas, dan lokasi dari cluster lebih baik jika dibandingkan dengan perumahan. Akan tetapi, dengan kelebihan yang bisa Kamu dapatkan tersebut membuat harga jual rumah di dalam cluster juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan perumahan. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download