BlogPemilik PropertiDesain HunianCermati 5 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hook yang Perlu Kamu ketahui
0
0

Cermati 5 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hook yang Perlu Kamu ketahui

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Agu 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah pojok seringkali jadi pilihan.top-right-banner

Rumah hook atau yang sering juga disebut rumah pojok menjadi salah satu pilihan menarik bagi banyak calon pembeli properti. Keunikannya sebagai unit yang berada di sudut lahan memang menawarkan sejumlah kelebihan yang cukup menggoda.

Namun, seperti halnya pilihan dalam kehidupan, rumah hook juga tidak terlepas dari kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan bijaksana sebelum mengambil keputusan.

Sementara jika Kamu mencari rumah eksklusif di posisi pojok, Kamu bisa mengunjungi PinValue. yang terdapat berbagai informasi terkait iklan jual rumah tanpa perantara. Misalnya saja di Tamaruma.

Selain itu, Kamu bisa mendapat referensi lain seperti rumah second di Jaksel atau perumahan di Jakarta Timur, termasuk informasi Simulasi KPR-nya.

Baca juga: Bentuk rumah dan pekerjaan penduduk Irian Jaya

Apa Itu Rumah Hook?

Banyak pertimbangan memilih rumah hook.
Source : Freepik

Rumah hook adalah jenis rumah dengan lokasi yang berada di sudut atau pojokan lahan. Bentuknya menyesuaikan dengan sudut tanah yang dimiliki, sehingga memiliki dua sisi yang bertemu dengan dua jalan atau gang.

Karakteristik yang dimaksud menjadikan jenis rumah yang satu ini memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, akses jalan yang lebih luas dari dua sisi memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam rumah dan sirkulasi udara yang lebih baik. Kedua, penghuni rumah jenis ini dapat memanfaatkan dua sisi rumah untuk berkebun atau memperluas taman.

Selain itu, lokasi rumah hook sering kali lebih strategis karena berada di sudut area perumahan, sehingga jauh dari kebisingan dan lalu lintas kendaraan. Kondisi ini menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman untuk tinggal.

Meski begitu, perlu diperhatikan juga bahwa rumah jenis ini bisa terdapat beberapa tantangan, seperti lebih sulitnya mengatur tata letak ruangan karena bentuk tanah yang tidak simetris.

Baca juga: Bentuk desa dan rumah suku Minangkabau

5 Kelebihan Rumah Hook

Kelebihan dalam memilih rumah hook.
Source : Freepik

Rumah yang berada di pojokan lahan ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi banyak orang, diantaranya adalah:

1. Lokasi Strategis

Rumah hook biasanya berlokasi di sudut atau pojok lahan, memberikan dua sisi rumah yang berbatasan langsung dengan jalan atau gang. Lokasi ini membuatnya lebih mudah diakses dan meningkatkan aksesibilitas bagi penghuni.

Selain itu, rumah hook cenderung jauh dari pusat kebisingan dan lalu lintas kendaraan, menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman.

2. Pencahayaan, Ventilasi dan untuk Berkebun

Keberadaan dua sisi yang terbuka memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk ke dalam rumah, mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan di siang hari. Sirkulasi udara juga lebih baik, menjaga ruangan tetap segar dan menyehatkan.

Rumah jenis ini juga menawarkan lebih banyak ruang terbuka di sekitarnya. Kamu dapat memanfaatkan dua sisi rumah untuk membuat kebun atau taman yang indah.

Hal tersebut memberikan kesempatan untuk menanam berbagai tanaman, menciptakan area bermain yang menyenangkan bagi anak-anak, atau bahkan membangun kolam kecil.

3. Privasi yang Lebih Baik

Karena rumah hook hanya memiliki satu tetangga di sampingnya, privasi menjadi lebih terjaga. Tidak seperti rumah yang berada di tengah blok, rumah hook memiliki lebih sedikit dinding yang berbagi dengan tetangga, sehingga meningkatkan rasa aman dan privasi bagi penghuninya.

4. Potensi Lebih untuk Pengembangan

Rumah jenis ini seringkali memiliki lahan sisa di bagian depan atau belakang, memberikan peluang lebih besar untuk pengembangan di masa depan. Kamu dapat memperluas bangunan, menambah kamar, atau bahkan membangun ruang tambahan seperti ruang kerja atau gudang.

5. Nilai Investasi

Karena keunikan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, rumah hook cenderung memiliki nilai investasi yang lebih tinggi. Ketika terjadi kenaikan harga properti, rumah hook dapat memberikan keuntungan lebih bagi pemiliknya.

Baca juga: Trik Mendapatkan Harga Jual Rumah Terbaik dengan Negosiasi

5 Kekurangan Rumah Hook

Kekurangan dalam memilih rumah hook.
Source : Freepik

Kekurangan jenis rumah yang berada di sudut atau ujung blok dan memiliki dua sisi terbuka, meliputi beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. Berikut adalah dua kekurangan dari rumah jenis ini:

1. Rawan Kecelakaan

Rumah hook yang berada di sudut blok memiliki dua akses jalan, yaitu di depan dan di samping. Meskipun dapat memberikan manfaat akses yang lebih mudah, namun juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkait keselamatan.

Penghuni rumah jenis ini berada dalam risiko lebih tinggi terkena kecelakaan lalu lintas karena dua sisi yang terbuka dapat mengekspos mereka pada risiko tabrakan dari dua arah berbeda. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi keluarga dengan anak-anak kecil dan orang tua yang rentan terhadap kecelakaan.

2. Harga yang Mahal

Ketersediaan rumah jenis ini pada sebuah kawasan biasanya terbatas karena hanya ada beberapa unit yang ada di posisi sudut atau ujung blok. Akibatnya, permintaan yang tinggi untuk jenis rumah yang satu ini membuat harga properti menjadi lebih mahal dibandingkan dengan tipe rumah lainnya di kawasan yang sama.

Harga yang lebih tinggi ini bisa menjadi kendala bagi calon pembeli dengan anggaran terbatas atau mencari rumah dengan harga lebih terjangkau. Selain itu, karena harganya yang lebih mahal, rumah yang satu juga menjadi lebih sulit untuk dijual kembali di masa depan jika pemiliknya memutuskan untuk pindah.

3. Belum Tentu Memiliki Pemandangan yang Indah

Meskipun beberapa rumah pojokan ini memiliki pemandangan yang baik, seperti taman atau taman hijau, tidak semua orang beruntung memiliki pemandangan yang menarik. Beberapa mungkin menghadap dinding bangunan lain atau area yang kurang menarik secara visual.

4. Tampilan Eksterior

Beberapa orang mungkin tidak menyukai tampilan eksterior rumah pojokan karena dua sisi depan yang berdekatan dengan jalan. Tampilan rumah ini juga bisa menjadi kurang menarik jika sekitarnya tidak tertata dengan baik.

5. Potensi Banjir

Rumah hook yang berada di daerah dengan drainase yang buruk atau rawan banjir dapat menghadapi risiko lebih tinggi terkena banjir. Jenis rumah ini memiliki dua sisi yang terbuka, sehingga air hujan atau banjir dapat lebih mudah masuk ke dalam rumah jika sistem drainase tidak memadai.

Itulah berbagai informasi terkait rumah hook yang perlu Kamu ketahui sebelum membeli. Pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangannya. Dan pastikan, Kamu sudah menyiapkan budget.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download