Pinhome

Travel & Kuliner

Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalur Busway

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi dimana saja tanpa memandang dimana dan kapan peristiwa ini berlangsung. tidak peduli pesawat terbang, kapal laut, kereta api maupun jalan kaki semua mempunyai resiko kecelakaan, yang membedakan adalah sudahkah dilakukan tindakan pencegahan terbaik dan bagaimana langkah cepat yang disiapkan ketika kecelakaan terjadi. disini kita akan membahas beberapa hal yang dapat menyebabkan kecelakaan di jalur bus way sehingga dapat berguna untuk perencanaan kedepanya sekaligus sebagai contoh bagus untuk kota yang akan membangun jalur bus way.

Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalur bus way

  1. Sepeda motor atau mobil pribadi masuk ke jalur bus way yang seharusnya hanya digunakan untuk lalu lintas busway.
  2. Pembangunan jalur bus way memakan sebagian badan jalan umum sehingga terjadi kemacetan pada jalur kendaraan masyarakat umum.
  3. Busway yang menggunakan bahan bakar gas punya resiko panas dan terjadi kebakaran.
  4. Sopir busway merasa punya jalan khusus yang boleh menjalankan bus dengan kecepatan maksimal, bisa jadi ada kendaraan pribadi yang melintas dipersimpangan sehingga ada resiko terjadi tabrakan.
  5. Jalan khusus jalur bus way mengalami kerusakan misalnya pembatas rusak atau jalan berlobang.
  6. Posisi berhenti busway dengan area masuk penumpang bisa jadi terlalu jauh sehingga penumpang perlu hati-hati dalam melangkah.
  7. Dalam menjalankan bus diperlukan sopir dengan keahlian maksimal sehingga proses perjalanan dapat berlangsung dengan baik.
  8. Pengadaan bus yang kurang bagus, misalnya import bus bekas dari negara lain lalu di cat dan direnovasi ulang sehingga terlihat seperti baru. dengan begini memang modal pengadaan busway menjadi murah namun resiko terjadinya kecelakaan menjadi sangat besar.
  9. Perilaku masyrakat di jalan raya juga mempengaruhi kelancaran lalu lintas.
  10. Jumlah penumpang yang melebihi kapasitas bus juga dapat menganggu perjalanan.
  11. Jarak antara busway satu dengan yang lain juga perlu diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kekacuan dalam menggunakan jalur bus way.

Berbagai macam penyebab lain dapat terjadi sehingga menyebabkan kecelakaan busway oleh karena itu diperlukan upaya-upaya dan inovasi terbaik agar tercipta perjalanan yang lancar, aman dan nyaman. selamat menggunakan jalur bus way 🙂

Bagikan Artikel