Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 12 Alat Berkebun yang Perlu Kamu Miliki di Rumah

Hobi

12 Alat Berkebun yang Perlu Kamu Miliki di Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 29 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi beberapa orang. Melihat tanaman yang kita rawat dari bibit hingga berbuah atau berbunga tentunya memberi perasaan puas tersendiri. Jika Pins termasuk salah satunya, maka ada beberapa alat berkebun yang perlu Pins miliki di rumah.

Pinhome – Alat-alat untuk berkebun akan mempermudah kegiatan Pins bercocok tanam. Dengan alat yang tepat dan tidak kekurangan, taman rumah yang indah bisa Pins raih. Berikut adalah beberapa peralatan untuk berkebun dengan masing-masing fungsinya.

1.     Cangkul

(Pinterest)

Cangkul merupakan peralatan yang berfungsi untuk menggali tanah atau media tanam. Menggunakan cangkul akan membuat kegiatan berkebun menjadi lebih mudah, terutama saat harus memindahkan tanah atau membuka tanah untuk perkebunan.

Sebaiknya pilih cangkul yang memiliki bagian ujung tajam sehingga mudah untuk menggali tanah. Cangkul berbahan stainless adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Pins yang ingin peralatannya lebih awet.

2.     Garpu tanah

(Pinterest)

Salah satu alat untuk berkebun yang serbaguna adalah garpu tanah. Peralatan ini bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pemecah tanah padat, pengaduk, melubangi tanah, membuat tempat untuk benih, dan membersihkan daun-daun kering.

Garpu tanah dapat memudahkan proses penggemburan tanah karena memiliki taring tajam. Tanah-tanah yang keras dan padat dapat ditembus dengan lebih mudah menggunakan garpu tanah.

3.     Sekop

(Pinterest)

Selanjutnya ada peralatan berkebun yang wajib dimiliki di rumah yaitu sekop. Fungsi sekop hampir sama seperti cangkul. Namun ukuran sekop yang lebih kecil biasanya digunakan untuk mengolah tanah yang ringan.

Sekop sering digunakan untuk memindahkan tanah ke pot tanaman. Pada lahan perkebunan, sekop juga digunakan untuk menutup kembali tanah yang sudah dimasuki bibit tanaman.

4.     Sarung tangan

(Pinterest)

Pins yang suka berkebun pasti sudah terbiasa dengan kotoran-kotoran tanah. Setelah berkebun biasanya langsung mandi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran tanah yang menempel. Namun seringkali kotoran tanah tertinggal di kuku.

Oleh sebab itu, sarung tangan berkebun menjadi peralatan yang sebaiknya ada di rumah. Menggunakan sarung tangan tidak hanya melindungi tangan dari kotoran, tetapi juga rumput atau duri tanaman yang tajam.

5.     Gunting tanaman

(Pinterest)

Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk memangkas atau memotong tanaman. Gunting tanaman dibutuhkan untuk membuang bagian-bagian tanaman yang tidak bagus. Bagian batang atau daun yang tidak bagus perlu dipangkas agar tidak menjalar ke bagian lain.

Selain itu, gunting tanaman juga sering dimanfaatkan untuk mempermudah membentuk tanaman-tanaman hias. Ada beragam jenis gunting tanaman seperti grass cutter atau gunting rumput dan deluxe atau gunting dahan.

6.     Sudip tangan

(Pinterest)

Sudip tangan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan sekop namun ukurannya lebih kecil. Fungsi alat ini adalah untuk membuat lubang untuk bibit tanaman, memindahkan tanah, dan lain sebagainya.

7.     Pot tanaman

(Pinterest)

Pot tanaman menjadi salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk berkebun. Apalagi untuk Pins yang memiliki lahan terbatas di rumah. Ukuran dan jenis pot yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis tanaman.

Pins juga perlu memperhatikan peletakan pot tanaman agar tetap bisa mendapatkan sinar matahari. Cara menanam tanaman di dalam pot adalah dengan memasukkan tanah 1/3 dari bagian pot, memasukkan tanaman, dan terakhir masukan tanah hingga penuh.

8.     Selang air

(Pinterest)

Peralatan yang tidak kalah penting untuk berkebun adalah selang air. Alat ini akan memudahkan pengaturan air untuk lahan perkebunan. Selang air juga digunakan untuk menyiram tanaman-tanaman yang ada di pot tanaman.

Selang untuk menyiram tanaman dapat diberi nozzle atau pengontrol semprot. Jadi air yang keluar akan lebih kecil ukurannya seperti cipratan air hujan. Menyiram tanaman pun akan lebih merata.

9.     pH meter

(Pinterest)

pH meter merupakan alat yang dibutuhkan untuk mengukur kadar pH pada tanah. Tingkat keasaman atau pH tanah yang ideal untuk tanaman adalah 7 atau netral. Nah, alat ini bisa digunakan untuk memastikan kadar pH tanah ideal untuk perkebunan.

pH meter menjadi satu dari beberapa nama alat-alat perkebunan yang penting untuk dimiliki. Perlu diketahui bahwa tanah dengan tingkat 0-6 bereaksi asam dan pH 8-14 bereaksi basa. Sedangkan untuk berkebun membutuhkan tanah dengan pH netral.

10.  Alat semprot hama

(Pinterest)

Alat semprot anti hama dapat dimasukkan dalam daftar peralatan yang perlu Pins miliki untuk mendukung kegiatan berkebun. Fungsinya untuk membantu menyemprotkan cairan anti hama ke tanaman.

Menyiram tanaman dengan cairan anti hama untuk proteksi yang lebih maksimal. Tanaman-tanaman akan tumbuh lebih subur dan bebas dari hama.

11.  Bibit

(Pinterest)

Pins tentunya membutuhkan bibit tanaman untuk dibudidayakan di perkebunan. Untungnya sekarang ini di pasaran banyak yang menyediakan berbagai jenis bibit tanaman. Pins juga bisa membelinya secara online bibit-bibit tanaman yang dibutuhkan.

Mendapatkan bibit tanaman kini tidak terlalu sulit seperti dulu. Berbagai jenis bibit tanaman, mulai dari bunga, sayur, hingga buah-buahan banyak beredar di pasar.

12.  Pupuk

(Pinterest)

Pupuk juga penting untuk kegiatan berkebun. Tanaman membutuhkan media tanah yang subur agar dapat tumbuh dengan baik. Tanah yang bagus tentunya memiliki nutrisi yang cukup. Pupuk digunakan untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanah untuk tanaman.

Itulah 12 jenis peralatan yang sebaiknya ada di rumah untuk mendukung kegiatan Pins berkebun. Peralatan-peralatan ini memiliki fungsinya masing-masing untuk mempermudah pembudidayaan tanaman.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel