Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Rumah Belajar Kemendikbud: Peluang Belajar Online 24 Jam Untukmu!

Lifestyle

Rumah Belajar Kemendikbud: Peluang Belajar Online 24 Jam Untukmu!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Kita semua agaknya harus mengakui belajar online menjadi salah satu metode belajar paling efektif dan efisien untuk diterapkan pelajar masa kini, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Sayangnya, sebagian besar fasilitas belajar berkualitas tersedia masih berbayar. Tapi untungnya, ada Rumah Belajar dari Kemendikbud.

Layanan bimbingan belajar online biasanya diambil para siswa ketika ingin belajar tambahan di luar sekolah, atau menginginkan jam belajar yang lebih fleksibel tanpa harus mengorbankan kualitas. Dengan belajar secara online, para siswa bisa belajar informasi pembelajaran dan keterampilan baru kapan dan dimanapun ia berada. Kesempatan belajar online dengan jaminan kualitas terbaik tentunya akan membuka peluang pembelajaran yang sangat baik bagi siswa itu sendiri.

Hal ini bahkan menjadi jauh lebih penting di masa pandemi seperti sekarang. Seperti yang kita bersama alami, Pins. Untuk sementara waktu, sekolah tidak bisa menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) secara tatap muka, semua proses pembelajaran dilakukan secara online. Bukan tidak mungkin karena satu atau dua hal, siswa tidak bisa menyerap semua materi dengan baik dalam satu waktu tersebut. Untuk itulah, belajar online diperlukan.

Pemerintah menyadari akan kebutuhan ini, dan meluncurkan Rumah Belajar. Melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud menyediakan aplikasi layanan bimbingan belajar (bimbel) secara cuma – cuma alias gratis! Layanan bimbel online ini dikembangkan dan dikelola langsung oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) dari Kemendikbud sejak tahun 2011.

Kenapa kita bisa mengandalkan rumah belajar?

1. Tepat sasaran

Salah satu manfaat terbesar dari portal rumah belajar ini adalah para siswa bisa mengakses materi belajarnya selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, Pins. Berbagai materi tersedia khusus untuk pengguna aplikasi rumah belajar. Sebagai pengguna, siswa juga bisa menggunakan berbagai fitur menarik yang bisa memaksimalkan tingkat keefektifan dan keefisiensian kegiatan belajar.

2. Fleksibel

Rumah belajar gratis dan bisa diakses oleh siapa saja, tanpa persyaratan apapun. Dengan keadaan ini, para pengguna bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Rumah belajar memfasilitasi kebutuhan belajar online secara maksimal tanpa harus terbatasi oleh ruang gerak selama masa pandemi seperti sekarang. Di luar masa pandemi pun, aplikasi rumah belajar sangat berguna untuk siswa yang ingin belajar tanpa harus repot – repot pergi dan membayar bimbingan belajar (bimbel) yang harganya lumayan semakin meninggi dari tahun ke tahun.

3. Orang tua bisa dengan mudah mendampingi

Materi pembelajarannya yang simpel dan informatif membuat orang tua mudah mendampingi anak saat belajar aplikasi rumah belajar ini. Pada dasarnya, siswa masa kini akan lebih tertarik jika pembelajaran dilakukan secara online. Jika ingin mendampingi, orang tua pun bisa dengan mudah mengoperasikan sistem dan mengajari anak tanpa batasan apapun. Meski sebenarnya, siswa pun bisa dengan mudah mempelajari bahan – bahan materi yang ada di aplikasi rumah belajar. Kehadiran dan keterlibatan orang tua menjadi salah satu kunci dukungan mental terhadap anak, Pins.

4. Pembelajaran materi menjadi lebih mendetail

Saat terlibat proses belajar dan mengajar secara online, baik guru atau murid biasanya tidak lebih leluasa menerangkan dan memahami bahan pelajaran daripada saat bertatap muka secara langsung. Rumah belajar Kemendikbud mengatasi hal ini dengan menyajikan materi pelajaran secara menyeluruh, sehingga jika siswa merasa tidak puas dengan performa dan hasil belajar yang didapat dari kelas online bersama sang guru, siswa bisa mempelajarinya dengan lebih mendalam lagi di aplikasi.

5. Tidak harus menggunakan gadget paling mutakhir

Belajar online tidak harus menjadi beban bagi siswa dan orang tua murid. Hal ini sama halnya dengan aplikasi rumah belajar. Aplikasi belajar online ini bisa diakses pada berbagai jenis gadget, dan untuk bisa menjalankan aplikasi ini dengan baik, Pins tidak memerlukan smartphone yang cukup canggih. Karena sebagian besar kualifikasi smartphone yang beredar di Indonesia mampu membuka aplikasi rumah belajar ini tanpa ada kesalahan yang berarti.

6. Melatih kedisiplinan diri

Dengan tidak adanya sesi tatap muka pada kegiatan belajar dan mengajar sekolah dan kuliah, para siswa menjadi lebih rentan dalam bermalas – malasan. Meski bermalas – malasan mudah datang dan membuat kita betah berlama – lama mengulur serta menghabiskan waktu, kenyataannya para siswa harus tetap rajin belajar. Menunda – nunda waktu dan menomorduakan belajar adalah musuh terbesar para siswa di masa pandemi. Langsung disadari atau tidak, aplikasi rumah belajar melatih kedisiplinan diri dari siswa karena tidak ada yang benar – benar memaksa seorang siswa untuk tetap rajin belajar. Bisa dibilang, sebagian besar proses belajar melalui aplikasi ini mengubah seorang siswa menjadi pelajar mandiri loh, Pins.

Sebagai portal pembelajaran online yang secara khusus disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rumah Belajar mempunyai lebih dari 12.934 materi belajar. Daftar Rumah Belajar segera agar Pins juga bisa mengakses seluruh materi belajar ini ya. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, baik guru ataupun murid bisa dengan leluasa menggunakan aplikasi Rumah Belajar di smartphone-nya sendiri hingga puas.

Dari sisi guru, Rumah Belajar dapat mendukung proses mengajar yang lebih interaktif dan otomatis lebih memikat bagi para siswa. Di sisi lain, Rumah Belajar bagi siswa adalah sebagai wadah fasilitas yang menyimpan berbagai bahan belajar alternative baik untuk selama ataupun diluar jam sekolah sekalipun.

Di dalam Rumah Belajar, Pins bisa menemukan berbagai fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar hingga ke Laboratorium Maya. Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif dan jalan keluar dari beberapa permasalahan yang sudah lama ada, seperti beberapa siswa ada yang keberatan dan tidak dapat membeli buku fisik. Buku Sekolah Elektronik ini juga berguna sebagai tambahan referensi kamu agar bisa lebih memahami bahan pelajaran yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh guru tapi belum sempat dipahami lebih lanjut lagi.

Tidak hanya menyediakan buku elektronik, Rumah Belajar juga mempunyai fitur Laboratorium Maya. Fitur ini bisa digunakan secara online ataupun offline. Dengan adanya fitur ini, baik guru maupun siswa bisa mendapatkan kesempatan bereksperimen dan kegiatan praktikum baik tanpa harus bertemu langsung.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik dari Rumah Belajar adalah Kelas Maya. Kelas ini memfasilitasi bahan ajar dari guru untuk kemudian diajarkan melalui virtual dari rumah siswa masing – masing ataupun tempat dimanapun siswa berada. Semua bisa dilakukan asalkan ada koneksi internet saja, Pins!

Bagaimana? Masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa didapatkan dari Rumah Belajar. Apakah Pins tertarik untuk menggunakan aplikasi Rumah Belajar? Tetap semangat ya, jangan jadikan pandemi dan COVID – 19 sebagai alasan performa belajar kamu menurun, Pins. Masa sulit ini akan segera berakhir dan kita bisa belajar bersama kembali deh.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel