BlogPemilik PropertiDesain HunianBerikut 10 List Harga Plamir Tembok Terbaik dan Terupdate 
0
0

Berikut 10 List Harga Plamir Tembok Terbaik dan Terupdate 

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 2, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins sedang mencari tahu harga plamir tembok? Tahapan pelapisan yang dilakukan sebelum mengecat tembok ini menggunakan bahan seperti cairan putih. Meski proses plamir tidaklah wajib, disarankan untuk melakukan terlebih dahulu plamir sebelum mengecat tembok rumah eksklusif kamu. Agar rumah kamu jadi semakin menarik seperti Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya.

Untuk kamu yang saat ini tengah mencari tahu harga plamir tembok yang pas untuk budgetmu, kamu bisa menyimak informasi kali ini. Selain informasi terkait harga, kamu juga bisa tahu lebih banyak terkait manfaat plamir hingga cara untuk melakukan plamir tembok.

Apa Itu Plamir Tembok?

Source : Asianpaints

Pengertian dari plamir tembok adalah proses melapisi dinding dengan menggunakan cairan berwarna putih yang terdiri dari kalium, air, serta lem. Meski bisa dibuat sendiri, tetapi bila ingin lebih praktis, kamu bisa membeli langsung cairan plamir di toko bangunan di sekitar areamu. Tujuan dari plamir adalah agar permukaan tembok bisa lebih rata dan smooth sebelum berlanjut ke proses pengecatan. 

Baca juga: Cara Mengecat Tembok Kamar Tanpa Bantuan Tukang

3 Fungsi Plamir Tembok

Source : Harga.web.id

Dari segi fungsinya, plamir tembok dapat memberikan beberapa keuntungan untukmu, Pins. Secara garis besar, fungsi plamir dapat dibedakan menjadi 3 fungsi, yaitu:

1. Meratakan Permukaan Celah dan Pori Tembok

Pada saat membangun tembok rumah, biasanya akan muncul permukaan tembok yang berlubang, berpori atau bercelah. Nah, jika permukaan yang tidak rata ini dibiarkan begitu saja, dan langsung dilakukan proses pengecatan, akan membuat cat tidak merata. Dengan menggunakan plamir tembok terlebih dahulu, permukaan tembok pun akan lebih mudah dicat dan memberikan hasil cat yang merata, Pins.

2. Menghasilkan Warna Cat yang lebih Baik

Tembok yang baru dibangun, warna aslinya cenderung berwarna gelap keabu-abuan. Jika kamu langsung menimpanya dengan menggunakan cat, hasil warnanya pastinya tidak optimal dan lebih kusam. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan plamir tembok terlebih dahulu. Setelah semua permukaan tembok berhasil diplamir, warna gelap dari warna asli tembok akan lebih tertutupi. Setelah plamir tembok kering, barulah lakukan proses pengecatan. Hasil dari pengecatan setelah plamir akan memberikan warna tembok yang sesuai dengan ekspetasimu, Pins.

3. Membuat Warna Cat Seragam dan Lebih Tahan Lama

Fungsi dari plamir tembok berikutnya adalah membuat warna cat terlihat lebih seragam anatara satu sisi tembok, dengan tembok lainnya. Hal ini akan sulit dicapai jika tembok tidak diplamir lebih dulu. Jika kamu langsung mengecat tembok tanpa plamir, warnanya nanti akan lebih sulit merata. Beberapa bagian bisa saja lebih gelap dan bagian yang lain berwarna terang. Selain itu, dengan menggunakan plamir tembok, cat dinding akan memiliki daya tahan yang lebih lama karena tidak mudah luntur.

Baca juga: 30 Perpaduan Warna Cat Tembok Hijau yang Menyegarkan

Tahapan Proses Plamir Tembok

Source : Gravel

Masih pemula dalam plamir tembok? Meski pemula sekalipun, kamu akan bisa plamir tembok sendiri dengan melakukan langkah-langkah berikut ini, Pins.

1. Membersihkan Dinding

Tahapan pertama yang perlu dilakukan dalam plamir tembok adalah membersihkan dinding. Untuk rumah yang baru dibangun, tembok biasanya cenderung bersih. Akan tetapi, jika tembok sebelumnya sudah dicat, kamu perlu mengelupaskan terlebih dahulu cat lama dan membersihkan dinding dari sisa cat dan kotoran. Hal ini perlu dilakukan karena jika tidak membersihkan terlebih dahulu dinding, bisa membuat hasil akhir pengecatan nantinya tidak maksimal.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Plamir

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam plamir tembok. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa langsung membeli cairan plamir di toko bangunan. Selain lebih praktis dibandingkan membuat sendiri, kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan. 

3. Mengaplikasikan Plamir Tembok

Tuangkan cairan plamir ke dalam wadah agar pengaplikasiannya dapat dengan mudah dilakukan. Kemudian, oleskan plamir tembok pada permukaan tembok dengan menggunakan kape yang terbuat dari besi dan berbentuk segitiga. Untuk memberikan hasil polesan yang merata, lakukanlah gerakan pengaplikasian plamir dari atas ke bawah. Pastikan agar pori-pori atau celah tembok dapat tertutupi dengan baik sehingga memberikan hasil permukaan yang lebih rata.

4. Mengeringkan Plamir

Begitu proses pengaplikasian plamir sudah dilakukan, waktunya untuk pengeringan. Untuk proses pengeringan ini dibutuhkan waktu hingga 24 jam lamanya. Bahkan bisa lebih ketika suhu ruangan lembap. Kamu harus memastikan plamir kering sempurna agar nantinya ketika pengecatan tembok, warna dinding akan terlihat bagus.

5. Melakukan Pengamplasan Dinding

Siap untuk mengecat dinding begitu plamir kering? Kamu perlu menunda melakukan hal ini, Pins. Alasannya begitu plamir kering, kamu masih perlu mengamplas tembok. Pengamplasan dinding berfungsi untuk lebih memperhalus permukaan dinding. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah memilih kertas amplas yang memiliki tekstur halus agar ketika digunakan tidak membuat lapisan plamir rusak.

6. Mengecek Hasil Akhir

Tahapan terakhir dari cara plamir tembok adalah memastikan permukaan tembok sudah halus dan rata. Jika kamu menemukan masih ada permukaan yang belum rata dan terdapat celah yang belum tertutupi, maka kamu perlu mengulang kembali plamir.

Baca juga: Daftar Harga Cat Tembok Plus Tips Memilih Cat yang Tepat

Harga Plamir Tembok

Source : Archify

Ingin tahu harga plamir tembok yang beredar di pasaran saat ini? Berikut daftar 10 harga plamir tembok terbaik, Pins.

ProdukSatuanHarga
BIG LION Plamir instan Extra Strong5 KgRp26.000
Black Bull Acian Putih1 KgRp97.000
Kuda Terbang Wall Putty1 KgRp16.000
Propan Eco Emulsion Plamir1 KgRp16.500
Sapporo Wall Putty1 KgRp17.500
Nippon Paint Mate1 KgRp19.000
Mowilex Alacsmooth3 KgRp95.000
Dulux Wall Filler Interior3,5 KgRp89.000
Afatex Plamir4,5 KgRp80.000
Elephant Skimcoat 20 KgRp54.000

Tahapan proses plamir tembok memang cukup memakan waktu, tetapi dengan melaukannya kamu bisa mendapatkan warna dinding yang lebih bagus dan merata. Setelah mengecek daftar harga plamir tembok, pilihanmu jatuh pada merk yang manakah, Pins?

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download