BlogLifestyleKesehatanKenali Pohon Pule dan 10 Manfaatnya yang Menakjubkan
0
0

Kenali Pohon Pule dan 10 Manfaatnya yang Menakjubkan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pohon puletop-right-banner

Mungkin kamu masih asing dengan tanaman yang satu ini. Nama lokal dari tanaman ini sangatlah beragam, di Jawa disebut pohon pule, di Makassar disebut pohon rita, di Sunda dikenal dengan nama pohon lame. Pohon pule juga dipercaya mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh juga.

Pohon yang satu ini mempunyai daun yang rimbun dan batang yang tinggi, sehingga pohon ini juga sering digunakan untuk penghijauan. Beberapa pemerintah daerah di Indonesia, seperti Malang, DKI Jakarta, dan Semarang, memilih pohon yang satu ini untuk memperbaiki kualitas udara, pelestarian lingkungan di wilayah perkotaan, serta mencegah banjir.

Pohon ini mempunyai fungsi yang sangat luas, mempunyai kulit kayu yang menghasilkan serat, dan kayunya bisa dijadikan bahan produksi untuk membuat papan tulis dan kertas.

Pohon dengan nama latin Alstonia scholaris ini merupakan jenis tanaman keras yang umumnya hidup di Pulau Jawa dan Sumatera. Pule sering dijumpai pada kawasan terbuka, bersemak atau hutan campuran, hutan primer atau sekunder, dan pinggir ladang pada ketinggian 50-1500 mdpl.

Pins dapat menemukan rumah dijual cantik seperti di Bali Resort Tangerang atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya. Cari tahu lebih lanjut, yuk!

Baca juga:

Ciri dari Pohon Pule

Pohon Pule
Source : Ciri-ciri Pohon

Dapat dilihat dari batangnya yang bercabang dan mempunyai ketinggian bisa mencapai 40 m. Kulit kayunya berwarna cokelat dengan tekstur tidak rata, dan mempunyai getah putih seperti susu.

Daun pule merupakan daun tungga yang tersusun dari 5-8 helai pada ranting kayunya. Bentuk daunnya lonjong, mempunyai permukaan atas yang licin, pertulangan daun menyirip, dan berukuran panjang mencapai 10-23 cm.

Pohon yang satu ini mempunyai bunga yang berwarna hijau terang sampai putih kekuningan. Bunganya menggantung pada ujung tangkai dan saat mekar mempunyai aroma yang wangi.

Manfaat Pohon Pule

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pohon yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya!

1. Obesitas dan Kolesterol

Source : Pixabay

Kulit atau daun segar dari pohon pule bisa dikumpulkan untuk membuat jus segar dengan cara ditumbuk. Sebaiknya, ini dikonsumsi ketika pagi hari. Jus pule sangat bermanfaat untuk melawan keluhan seperti obesitas, hiperkolesterol, dan lipoma.

2. Membersihkan Organ Dalam Pada Wanita

Untuk kamu yang baru saja melahirkan, kamu perlu menyediakan pule dan rimpang jahe yang segar. Lalu di cuci hingga bersih. Kemudian, buat jus atau tumbuk sampai halus, saring dan peras airnya. Kemudian, kamu dapat meminumnya.

Kulit pule juga dapat dibersihkan, lalu tambahkan sepotong kunyit, separuh buah pala, dan sedikit jahe. Rebus dengan cuka encer pada periuk tanah yang tertutup rapat. Setelah mendidih kamu dapat meminummnya ketika masih hangat.

3. Sebagai Antikanker

Senyawa antikanker adalah senyawa yang dapat menghambat bahkan mematikan sel kanker. Alkaloid dan triterpen yang terkandung dalam daun pule mempunyai aktivitas apoptosis dan immunomodulatori.

4. Sebagai Antidiabetes

Source : Pixabay

Diabetes adalah kondisi medis di mana terdapat gangguan metabolisme yang dapat menyebabkan hiperglikemia, yaitu kadar gula darah yang melebihi kadar normal. Kandungan betulin dan lupeol asestat yang terkandung pada ekstrak daun pule dipercaya dapat bermanfaat sebagai antidiabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan pankreas.

5. Meredakan Bengkak pada Tubuh

Getah pohon dari tanaman satu ini dapat digunakan untuk menyembuhkan bengkak pada tubuh kamu dengan cara mengolesi getah pohon pule pada bagian yang bengkak.

6. Menghilangkan Ketombe dan Kutu Rambut

Source : Pixabay

Kulit dari pohon pule dapat diambil dan ditumbuk dengan baik, lalu tambahkan 150 ml minyak wijen ke dalamnya dan panaskan dengan api sedang sampai kandungan airnya benar-benar menguap. Setelah itu, saring dan simpan. Ramuan ini dapat digunakan pada kulit kepala untuk menghilangkan ketombe dan kutu pada rambut.

7. Sebagai Antibakteri

Infeksi bakteri yang terjadi pada manusia bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, contohnya seperti diare, TBC, dan penyakit kulit. Pohon pule mempunyai kandungan butanol yang kuat pada kulit batangnya yang bisa menghambat bakteri strain M. Tuberculosis (TBC) yang sensitif dan resisten.

Tidak hanya itu, pohon pule juga mempunyai 70 jenis senyawa alkaloid yang mayoritasnya ada pada daunnya. Senyawa ini berguna sebagai antibakteri yang dapat menghambat serta membunuh bermacam-maca bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

8. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas adalah senyawa yang bisa menyebabkan banyak penyakit degeneratif. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal radikal bebas sehingga menjaga kesehatan sel.

Kandungan antioksidan dalam bentuk senyawa saponin, alkaloid, terpenoid, fenolik, tanin, glikosida, dan steroid yang terdapat pada daun, lateks pohon pule, batang, yang efektif dalam menangkal radikal bebas.

Senyawa etanol yang tinggi juga merupakan kunci dari begitu manfaat dari pohon pule. Ekstrak etanol khususnya sering ditemukan pada bagian daun. Bagian-bagian dari pohon pule dapat diolah menjadi minyak esensial, rebusan, tonik, bubuk ekstrak, perasan, serta pasta sebelum digunakan untuk pengobatan.

9. Mengurangi Nyeri pada Bagian Dada

Source : Pixabay

Bagian yang dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri pada bagian dada yaitu batang dari pohon pule yang telah dicuci dan dikunyah bersama dengan daun pinang. Kamu juga bisa meredakan nyeri dengan memijat tubuh.

10. Penyakit Kuning

5-10 gram kulit pohon pule dapat diambil lalu ditumbuk sampai halus, Lalu ditambahkan buttermilk. Kamu dapat mengonsumsi ini setiap pagi selama 5-10 hari. Hal ini dipercaya efektif pada kasus obstructive jaundice.

Itu dia penjelasan manfaat dari pohon pule yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa ikuti beberapa arahan diatas jika kamu sedang menderita beberapa penyakit seperti diatas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download