BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Pintu Kamuflase Dinding yang Tidak Terduga
0
0

8 Inspirasi Desain Pintu Kamuflase Dinding yang Tidak Terduga

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain interior modern seringkali menghadirkan konsep-konsep inovatif yang tidak hanya estetis, tetapi juga fungsional. Salah satu tren terbaru yang sedang mencuri perhatian adalah penggunaan pintu kamuflase dinding. Pintu ini tidak hanya menyajikan elemen dekoratif, tetapi juga memberikan solusi kreatif untuk pengaturan ruang yang efisien. Dalam artikel ini, Pinhome akan memberikan 8 inspirasi desain pintu kamuflase dinding yang tidak terduga, yang dapat memberikan sentuhan unik pada interior rumah atau ruang kantor.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Apa itu Pintu Kamuflase Dinding?

Pintu kamuflase merupakan salah satu konsep unik yang dipakai untuk menyembunyikan pintu di dalam sebuah ruangan ataupun bangunan. Pintu yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, menutupi pintu masuk yang kurang estetik, atau bahkan digunakan sebagai pintu menuju ruangan rahasia yang ada di dalam rumah.

Inspirasi Desain Pintu Kamuflase Dinding yang Tidak Terduga

Pintu kamuflase dinding sudah digunakan selama berabad-abad, bertindak sebagai lorong pribadi yang tidak diketahui oleh rumah tangga yang lebih luas dan kemungkinan untuk mengintip. Pintu masuk rahasia ini dapat menjaga kekayaan, dan juga sekedar memberikan sedikit keamanan bagi penghuni ruangan, dan terus menjanjikan hal yang sama hingga hari ini. Berikut ini beberapa inspirasi desain pintu kamuflase dinding yang tidak terduga.

1. Ide Pintu Ruang Rahasia dengan Rak Buku

Source : Design Passage Way

Inspirasi desain pintu kamuflase dinding yang pertama yaitu menggunakan rak buku. Hal yang satu ini merupakan metode tradisional untuk membuat pintu tersembunyi. Kamu mungkin pernah melihat rak buku besar yang memenuhi seluruh dinding. Kemudian terdapat satu bagian yang secara ajaib terbuka untuk membuka ruangan tersembunyi.

Pilihan lainnya yaitu menggunakan rak buku seukuran pintu yang terpasang di dinding tetapi rak buku ini sebenarnya merupakan pintu kamuflase dinding yang dapat Kamu buka dan gunakan. Satu hal yang harus Kamu perhatikan tentang semua rak buku ini yaitu bahwa rak buku tersebut rata dengan bagian dinding lainnya. Ini akan memudahkan Kamu untuk memasang engsel tersembunyi di bagian belakan sehingga pintu terbuka ke dalam menuju ruangan tersembunyi

2. Ide Pintu Tersembunyi untuk Dinding Panel

Source : Reno Quotes

Kecemerlangan di balik pintu berpanel yang tersembunyi yaitu bahwa Kamu mungkin sedang menatapnya dan bahkan tidak menyadari hal tersebut. Bagi pengamat yang tidak tahu, tembok tersebut terlihat seperti tembok yang tidak putus-putus. Jenis pintu kamuflase yang satu ini sedikit lebih mudah karena Kamu bisa menggunakan pintu standar yang kemudian akan Kamu tutupi dengan panel.

Langkah pertama yang Kamu harus lakukan yaitu memilih dinding yang ingin Kamu tutupi dengan panel. Hapus semua trim yang terdapat di sekitar pintu. Lalu Kamu dapat membuat kanvas halus di seluruh dinding dan pintu. Kemudian pilih bahan panel Kamu. Tampilan yang satu ini bekerja dengan baik pada rumah yang menggunakan desain modern karena berpadu dengan tampilan yang ramping dan minimalis.

3. Ide Pintu Kamuflase Dinding untuk Dinding Coffered dan Wainscot

Source : Studio Plumb

Walaupun mempunyai panel halus terlihat bagus, mereka mungkin tidak sepenuhnya menyamarkan pintu. Di sinilah wainscoting menjadi berguna. Secara tradisional, lis dinding digunakan di bagian bawah dinding untuk menyembunyikan bukti kelembaban yang meningkat. Saat ini, hal tersebut murni hiasan.

Terdapat lima jenis wainscoting; beadboard, overlay, panel timbul, panel datar, reng, dan papan. Jika Kamu ingin dengan mudah menempelkan lis dinding ke dinding dan pintu tersembunyi, Kamu bisa menggunakan panel pra-fabrikasi dan potongan trim lainnya. Hal ini dapat mempercepat proses pemasangan.

4. Ide Pintu Kamar Mandi Tersembunyi

Source : Humprey Munson

Salah satu inspirasi pintu kamuflase dinding yang lebih populer yaitu menyembunyikan kamar mandi. Menyembunyikan pintu kamar mandi bisa membuat rumah Kamu terlihat lebih bersih dengan menyembunyikan pintu masuk ke ruangan kecil yang satu ini. Hal ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk kamar mandi utama Kamu di rumah. Ini dapat bekerja dengan baik untuk master bedroom Kamu ataupun kamar mandi tamu yang jarang digunakan.

5. Ide Pintu Ruang Rahasia Kabiner

Source : Pin IMG

Pintu lemari tersembunyi bisa menyatu dengan indah ke arah dapur ataupun ruang makan Kamu. Jika Kamu sudah mempunyai lemari di kamar Kamu, membuat lemari palsu yang sebenarnya adalah pintu akan relatif lebih mudah. Agar tampilan yang satu ini dapat berhasil, Kamu harus membuat pintunya terlihat seperti pintu lemari lainnya lengkap dengan perangkat keras yang sesuai.

6. Ide Pintu Kamuflase di Balik Karya Seni

Source : Sentrell

Sejauh ini, setiap ide yang sudah Pinhome bahas membuat Kamu memadukan pintu dengan furnitur dan arsitektur di sekitarnya. Akan tetapi, terkadang Kamu dapat menyembunyikan pintu di depan mata. Salah satu inspirasi yang berani yaitu melepas pintu dan sebagai gantinya memasang karya seni dari lantai hingga ke langit-langit di dinding. Para tamu yang datang akan mengagumi tampilan karya seni Kamu yang besar dan mengesankan, akan tetapi sebenarnya terdapat pintu kamuflase yang tersembunyi.

7. Pintu Rahasia di Ruang Kerja Minimalis

Source : Sentrell

Jika Kamu mau mempunyai rahasia yang cukup lapang, Kamu dapat membangun akses di sepanjang dinding. Seperti contoh di atas, pintu kamuflase dinding dibuat menyatu dengan rak buku dinding. Tepatnya, terdapat beberapa rak buku yang dapat didorong hingga terbuka.

8. Desain Pintu Kamuflase di Area Tangga

Source : Komandor

Inspirasi desain pintu kamuflase dinding yang terakhir yaitu ada di area tangga. Jika hanya melihat foto pertama, Kamu pastinya tidak akan menyadari terdapat pintu rahasia di sana. Pasalnya, pintu dibangun menyatu dengan dinding kayu sehingga nyaris tidak terlihat. Jika didorong terbuka, Kamu akan sampai ke ruangan rahasia yang dibangun di samping tangga rumah.

Itu dia beberapa inspirasi desain pintu kamuflase dinding yang tidak terduga yang dapat Kamu jadikan inspirasi di rumah Kamu. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download