BlogLifestyleTeknologiMudah! Begini Cara Memasukan Lokasi Rumah ke Google
0
0

Mudah! Begini Cara Memasukan Lokasi Rumah ke Google

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Mei 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekarang ini, untuk mencari lokasi suatu tempat mulai dari mall, klinik, hingga pertokoan, dapat dengan mudah ditemukan dengan menggunakan Google Maps. Nah, tapi tahukah Pins kalau alamat rumahmu juga bisa masuk ke dalam Google Maps? Lokasi rumahmu tidak akan masuk secara otomatis. Ada cara memasukan lokasi rumah ke Google Maps yang perlu dilakukan. 

Kini semakin banyak orang yang ingin lokasi rumahnya terbaca di Google Maps dikarenakan berbagai alasan. Bagi Pins yang ingin tahu cara membuat alamat rumah di Google Maps, informasi kali ini tepat untukmu. Yuk scroll ke bawah untuk menemukan jawabannya!

Baca juga: 4 Software / Aplikasi Virtual Machine Terbaik dan Gratis

Apa Itu Google Maps?

Source : Freepik

Sebelum adanya Google Maps, untuk bisa menemukan lokasi suatu tempat yang belum pernah didatangi bisa memakan waktu. Belum ditambah waktu yang dihabiskan ketika tersasar ke tempat lain. Semenjak Google menghadirkan Google Maps, pencarian suatu lokasi dapat ditemukan dengan mudah! Kamu pun tidak perlu repot bertanya-tanya ke orang sekeliling saat tersasar jauh.

Jadi apa sebenarnya Google Maps? Google Maps merupakan aplikasi peta gratis yang disediakan oleh Google untuk pengguna smartphone dan perangkat komputer. Google Maps berfungsi sebagai guide atau pemandu untuk membantu penggunanya tiba di lokasi tujuan. Dikarenakan dilengkapi juga dengan fitur suara, kamu yang berada di balik bangku kemudi tidak perlu repot setiap saat melihat layar.

Sebelum membahas cara memasukkan lokasi hunianmu ke Google Maps, sudah tahukan Pins kalau kamu bisa mengetahaui harga estimasi suatu hunian dengan menggunakan fitur PinValue? Apabila kamu masih mencari-cari lokasi rumah yang tepat, salah satu hunian yang kami rekomendasikan berada di kota Bekasi, Kota Harapan Indah. Hunian ini merupakan hunian ekslusif yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap berkelas kota mandiri.

Cara Memasukkan Lokasi Rumah ke Google Maps

Source : Freepik

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menambahkan lokasi rumah ke dalam Google Maps sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Kurang lebih langkah-langkah membuat alamat rumah di Google Maps, terbagi atas perangkat smartphone (Android + iOS) dan juga komputer.

Baca juga: Cara Update Google Chrome di Laptop Serta Manfaatnya

Perangkat Smartphone

Apabila kamu memilih untuk menambahkan lokasi rumah dengan menggunakan perangkat smartphone Android atau iOS, inilah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  1. Melalui smartphone milikmu, bukalah aplikasi Google Maps. 
  2. Kemudian klik opsi pilih kontribusi.
  3. Setelah itu, akan ada opsi edit peta yang muncul. Pilih opsi pertama ‘Tambahkan atau perbaiki tempat’.
  4. Dikarenakan lokasi rumahmu belum ada di peta, pada opsi selanjutnya yang muncul pilihlah ‘Tambahkan tempat yang hilang’.
  5. Pada halaman selanjutnya, kamu perlu mengisi lokasi yang ingin dimasukkan secara detail. Mulai dari nama tempat, kategori, alamat. 
  6. Pilih ‘Submit’.

Bahkan kamu juga bisa memasukkan nomor telepon dan foto pada bagian informasi tempat yang kamu masukkan. Akan tetapi, jika rumah pribadi sebaiknya tidak memasukkan informasi tersebut karena bagian ini lebih cocok diisi untuk tempat publik. Contohnya seperti pertokoan, rumah sakit, sekolah.

Komputer

Merasa lebih nyaman memasukan lokasi rumah ke Google dengan menggunakan komputer atau laptop? Untuk langkah-langkah melakukannya sebenarnya tidaklah terlalu jauh berbeda dengan perangkat smartphone. Berikut poin lengkapnya, Pins.

  1. Buka browser untuk membuka halaman Google Maps 
  2. Dikolom pencarian masukkan alamat rumahmu.
  3. Pada bagian maps, begitu lokasinya sudah tepat klik kanan dan pilih ‘Tambahkan tempat yang hilang’.
  4. Sama seperti perangkat smartphone, masukkan informasi mulai dari nama tempat, kategori, alamat rumah.

Begitu menyelesaikan cara memasukan lokasi rumah ke Google Maps, alamat rumahmu tidak akan langsung muncul di sana. Google perlu memvalidasi terlebih dahulu informasi yang sudah kamu masukkan. Jika Google menyetujuinya, kamu akan mendapatkan konfirmasi dari pihak Google melalui email. Setelah itu, alamat rumahmu pun dapat kamu dan orang lain temukan di Google Maps. 

Keuntungan Mencantumkan Lokasi Rumah

Source : Freepik

Bagi Pins yang masih ragu-ragu mencantumkan lokasi rumah di Google Maps mungkin bertanya-tanya keuntungannya. Sebagai gambaranmu, berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menambahkan lokasi rumahmu ke dalam maps Google.

Ketika ada teman yang berniat berkunjung atau menggunakan jasa transportasi dan pengiriman paket, titik akurat akan memudahkan mereka menemukan posisi rumahmu. Selain itu, kamu akan mendapatkan Google Street View sehingga orang lain dapat menggunakan fasilitas penunjuk gambar 360 derajat. Dari fasilitas ini, pengguna Google juga bisa mendapatkan gambaran suasana lokasi rumahmu berada. Misalnya saja adalah apakah lingkungannya muat untuk kendaraan besar, atau justru hanya bisa dilalui kendaraan bermotor.

Apabila rumah kamu juga dijadikan sebagai tempat usaha, maka akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan Google Maps. Diantaranya adalah meningkatnya ranking lokal di Google search, serta mendapatkan fitur Google Bisnisku.

Baca juga: 18 Aplikasi Belanja Online yang Bisa Bayar Ditempat atau COD di Indonesia

Nah, dari 2 cara alternatif memasukkan lokasi rumah ke Google Maps, kamu lebih memilih yang mana, Pins? Dengan tercantumnya lokasi rumahmu di maps Google, jadinya proses antar ataupun jemput akan jauh lebih praktis!

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Alma Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download