Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Percantik Rumah dengan Desain Taman yang Apik

Hobi

Percantik Rumah dengan Desain Taman yang Apik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah akan semakin terasa nyaman dan sejuk apabila ada tanaman yang mengitarinya. Kita bisa melakukan beberapa inovasi untuk mempercantik rumah dengan desain taman yang apik, Ya! Mengapa tidak kita coba untuk membuat taman kecil sebagai “obat mata” atas kebosanan kita melihat bangunan monoton yang berjajar-jajar di area perkotaan? Tentu saja anda bisa meminta jasa desain rumah untuk membantu anda memilih lokasi yang strategis untuk membuat taman kecil nan indah. Desain taman bisa dibuat sesuai selera, yang terpenting anda menikmatinya dan tak merusak tatanan indah rumah yang telah terangkai apik. Sebelum memulai membuat taman, pastikan membuat perencanaan yang tepat. Kenali apa keinginan anda sebenarnya untuk membuat desain taman. Jika anda hanya ingin taman tersebut sebagai hiasan dan tidak lebih dari itu, maka anda perlu mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan hiasan taman. Akan tetapi, apabila fokus anda pada penyediaan bahan herbal dan organik di rumah, lokasi dan penataan pun bisa diatur sesuai dengan yang diharapkan.

Waktu pembuatan desain taman pun perlu dipertimbangkan. Pastikan anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan proyek tersebut agar bisa selesai dan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat desain taman yang asri dan menarik. Selain bisa mempercantik rumah anda, kebutuhan tanaman organic (meski dalam jumlah cukup kecil) bisa tersedia dengan mudah.

Langkah pertama adalah kenali tanaman yang sesuai dengan iklim lingkungan anda. Jika anda tinggal di daerah yang sering hujan dan jarang panas, ini akan sangat beresiko apabila anda menanam kaktus. Atau sebaliknya, apabila anda tinggal di daerah yang panas, akan beresiko apabila anda menanam Eceng Gondok. Akan tetapi, teknologi terkini membuat desain taman semakin mudah dilakukan. Dengan adanya sistem hydroponic dan aquaponic, masyarakat bisa menanam berbagai macam tanaman sesuai selera, akan tetapi biayanya memang sangat mahal.

Langkah kedua adalah menentukan lokasi desain taman. Dengan persiapan tersebut anda bisa mengetahui apakah lahan yang tersedia terbatas atau luas. Jika terbatas, solusi yang bisa dilakukan adalah memasang pot-pot untuk wadah tanaman, namun apabila lahan luas, anda bisa menanam tanaman tanpa harus menggunakan pot. Desain taman yang luas akan lebih menarik apabila dipasangi bangku panjang yang menarik. Ini akan menambah kesan sentuhan alam yang nyata. Dengan adanya bangku panjang di area tersebut, pemilik rumah bisa bersantai-santai dan melakukan relaksasi untuk mengusir kepenatan dan mengatasi stress.

Selanjutnya adalah menentukan desain taman. Jika anda adalah tipe orang yang simple dan tidak menyukai kerumitan, taman bisa disusun secara persegi dengan jalan setapak memotong taman. Ini  memberi anda keleluasaan untuk berjalan di taman tanpa harus merusak tanaman. Selain itu, jenis tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Namun, jika anda hanya memiliki lahan yang terbatas, desain taman berbentuk lingkaran bisa menjadi pilihan yang tepat. Silahkan mencoba!

Tags :

Bagikan Artikel