BlogLifestyleEdukasiPeraturan Permainan Bola Voli Lengkap
0
0

Peraturan Permainan Bola Voli Lengkap

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Markus Yohannes

Jul 6, 2023

14 menit membaca

Copied to clipboard
bola volitop-right-banner

Peraturan Permainan Bola Voli – Pada saat Pins memperhatikan olahraga sepakbola dan basket, tentu Pins mengetahui bahwa mereka bermain dengan peraturan yang telah ditetapkan. Begitupun bola voli memiliki peraturan dan berbeda dari kedua olahraga di atas.

Bagi orang yang sudah lama bermain bola voli mungkin tidak asing lagi dengan peraturan dasar internasional yang telah ditetapkan. Akan tetapi bagi Pins yang baru mengenal permainan ini, sudah seharusnya Pins mengenal peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

Mengetahui peraturan bola voli dari awal adalah salah satu cara yang membantu untuk menjadikan Pins sebagai pemain profesional. Ketika Pins ingin menjadi pemain baik dalam permainan bola voli, maka Pins harus tahu seluk beluk permainan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa peraturan permainan bola voli:

Peraturan Peralatan

Source : Volleycountry

Sebelum membahas tentang peraturan permainan bola voli di lapangan, hal utama yang harus Pins ketahui adalah mengenali alat-alat dan perlengkapan yang selalu digunakan dalam mendukung permainan tersebut.

Peraturan dasar yang harus ada sebelum bermain adalah bola, net, dan lapangan. Tiga peralatan tersebut sudah umum di kalangan masyarakat yang selalu bermain bola voli. Akan tetapi, walaupun masyarakat sudah mengetahuinya, akan tetapi sebagian dari mereka belum mnegatahui secara detail dari ukuran lapangan, net dan bola.

Net

Net yang biasa digunakan untuk bola voli mirip dengan net yang sering digunakan oleh olahraga bulutangkis dan tenis. Akan tetapi ukuran netnya berbeda dari dua olahraga tersebut.

Salah satu kegunaan net dalam permainan bola voli adalah sebagai salah satu pembatas bagi dua tim yang berbeda. Untuk ukuran net, yang biasa digunakan untuk putri berbeda dengan net yang selalu digunakan oleh putra. Standar net yang sering digunakan untuk putri adalah 2,24 meter. Sedangkan standar net pemain putra adalah 2,43 meter.

Baca juga: 17+ Peraturan Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Lapangan

Lapangan bola voli memiliki ukuran standar internasional dalam pertandingan-pertandingan resmi. Ukuran standar untuk permainan bola voli adalah 9 x 18 meter. Ketebalan garis tepi yang ada di lapangan adalah 5 cm. Saat diukur dari garis tengah lapangan, garis batas serang pemain belakang untuk bola voli adalah 3 meter.

Pada lapangan, lebar standar lapangan bola voli yang sesuai adalah 9 meter. Dan panjang lapangan permainan bola voli adalah 18 meter. Terakhir untuk ukuran lapangan adalah garis serang standarnya 3 meter.

Bola Voli

Source : Pinterest

Untuk bola voli, ukuran standar keliling yang resmi adalah 65 sampai 67 cm. Berat bola voli yang sesuai standar resmi adalah 260 sampai 268 gram.

Selain dari keliling dan berat, bola voli juga memiliki tekanan yang resmi yang sudah standar internasional. Standar tekanan bola voli yang resmi adalah sekitar 0,3 sampai 0,325 kg/cm persegi.

Standar bahan resi untuk bola voli adalah kulit atau buatan. Setelah dibuat, bola harus dipompa dengan tekanan yang telah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Tugas dan Jumlah Pemain Bola Voli, Apa Saja?

Antena

Peralatan terakhir yang harus ada dalam permainan bola voli adalah antena. Antena adalah salah satu unsur penting yang sering digunakan dalam permainan bola voli.

Antena ini biasa kita jumpai atau temukan di setiap ujung tiang atas. Salah satu tujuan dipasangnya antena di setiap ujung tiang adalah untuk membatasi gerakan bola coli yang kirannya mengarah ke samping atau melebar.

Peraturan Sistem Pertandingan Bola Voli

Sumber: suara.com

Setelah kita mengetahui alat-alat utama yang harus ada dalam permainan bola voli, hal dasar yang harus diketahui oleh para pemain bola voli adalah peraturan sistem pertandingan. Ini penting supaya Pins tidak akan bermain sembarangan. Beberapa aturannya adalah sebagai berikut:

Wasit

Source : Pinterest

Kehadiran wasit dalam pertandingan bertujuan agar pertandingan tersebut berjalan dengan baik dan kondusif. Wasit harus memastikan permainan ini berjalan dengan lancar dan kondusif serta tidak ada kecurangan.

Penjaga Garis dan Pencatat Skor

Selain wasit yang memimpin jalannya pertandingan bola voli, dalam sistem pertandingan voli juga harus ada 4 orang yang bertugas sebagai penjaga garis dan pencatat skor.

Group

Pada olahraga bola voli, setiap pertandingan terdiri dari 8 tim utama. Dari 8 tim tersebut dijadikan 2 group. Sehingga dalam setiap group terdiri dari 4 tim. Setiap satu tim memiliki 10 pemain.

Pemain utama

Satu tim terdiri dari 10 orang. Namun hanya 6 orang yang dijadikan pemain utama atau inti. Keenam pemain utama ini akan menjadi pemain di lapangan, sedangkan 4 pemain yang lainnya menjadi pemain cadangan.

Baca juga: Pengertian Kick Off Lengkap & Cara Melakukannya

Pergantian pemain

Khusus pergantian pemain, dalam bola voli pergantian pemain memiliki peratutan yang berbeda dengan sepakbola. Dalam bola voli pergantian pemain tidak ada batasnya. Mereka bisa bergantian sesuai keinginan pelatih. Pergantian pemain bisa dilakkan disaat pertandingan sedang di mulai.

Minimal Pemain

Dalam permainan bola voli, minimal pemain yang berada dilapangan adalah 4 orang. Apabila terdapat kekurangan dalam pemain di suatu tim, maka tim tersebut dianggap kalah.

Anggota Pemain

Ketika dalam sebuah pertandingan ada pemain yang tidak bisa hadir karena mengikuti cabang olahraga yang lain, maka pertandingan akan ditunda terlebih dahulu sampai pemain yang sedang bermain di cabang olahraga lain datang.

Kurang Pemain

Source : Shutterstock

Apabila dalam satu tim terjadi kekurangan pemain seperti kurang dari 4 orang, maka secara otomatis panitia berhak untuk mendiskualfikasi tim tersebut tanpa harus bermain terlebih dahulu.

Hak Bola

Setiap tim yang bermain bola voli di lapangan diberikan hak untuk mengontrol bola maksimal 3 kali.

Baca juga: Sejarah Bola Basket & Perkembangannya

Larangan pemain pada bola voli

Secara umum, dalam peraturan permainan bola voli, setiap pemain yang sedang bermain bola voli dilarang untuk menyentuh atau memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut.

Coin Toss

Ketika Pins melihat pertandingan sepakbola atau bulutangkis, yang pertama dilakukan oleh wasit sebelum bermain adalah melemparkan koin yang biasa di sebut dengan Coin Toss. Pada pertandinga bola voli juga sama, sebelum pertandingan di mulai setian captain dari tim tersebut akan dipanggil dan wasit akan melakukan coin toss.

Coin Toss adalah melemparkan koin ke udara lalu setelah itu wasit akan menangkapnya kembali dengan tangan di tutup. Setelah itu, wasit akan menyuruh setiap captain dari tim bola voli untuk memilih gambar apa yang tampak di coin tersebut.

Bagi captain yang benar menebak coin tersebut maka tim tersebut berhak untuk menjadi tim pertama melakukan service sebagai pembuka bahwa permainan telah dimulai.

Service

Ketika akan melakukan service, maka salah satu pemain dari tim yang berhak melakukan service menyiapkan diri untuk melakukan service harus berada di posisi luar garis lapangan. Setelah berada di luar garis lapangan, maka ia berhak untuk melakukan service kepada tim lawan.

Aturan Service

Setelah pemain berada di luar garis lapangan, maka pemain yang melakukan service memukul bola yang dipegangnya melambbung jauh ke atas dan melewati net, sehingga bola masuk ke daerah lawan.

Apabila bola yang telah di service jatuh di tanah atau lapang daerah lawan, maka poin diberikapan kepada tim yang melakaukan service.

Apabila bola yang melambung ke atas jatuh keluar lapangan atau tanah area lawan, maka bola tersebut menjadi out dan poin didapatkan oleh tim lawan.Dan apabila bola yang di service jatuh ke pemain lawan, maka permainan terus dilanjutkan sampai bola terjatuh di salah satu lapangan.

Penerima Service

Apabila bola yang telah dipukul oleh salah satu pemain yang melakukan service, dan bola tersebut masuk ke daerah lawan, lalu lawan tersebut menerima bola tersebut. Maka bola yang masih hidup di atas udara bisa melanjutkan permainan sampai bola itu jatuh di daerah kawan atau lawan.

Passing

Passing adalah salah satu teknik dasar yang harus di kuasai oleh pemain bola voli. Penguasaan ini dapat menahan bola yang dipantulkan dari lawan dengan menggunakan dua lengan yang disatukan. Lalu diarahkan ke bola yang datang, lalu dipantulkan ke pemain yang lain.

Nah, passsing dilakukan saat pemain yang telah melakukan serve tadi datang kepada Pins, dan Pins menahan bola dengan kedua tangan tersebut. Bola yang hadir tersebut boleh kita pantulkan asal jangan di tendang kecuali dalam keadaan darurat.

Menang

Peraturan Permainan Bola Voli
Source : Pinterest

Apabila dalam suatu pertandingan dimenangkan oleh salah satu tim dalam dua set secara berturut-turut. Maka pertandingan tidak perlu dilanjutkan ke set selanjutnya. Karena pertandingan telah dimenangkan oleh tim tersebut.

Set Tambahan

Source : Shutterstock

Apabila dalam permainan bola voli 2 set telah berlangsung dan dari dua set tersebut tidak dimenangkan oleh Pins ataupun tim lawan secara berturut-turut. Pertandingan perlu menambah set lagi.

Dan apabila dalam pertambahan set tersebut dimenangkan oleh salah satu tim, maka tim tersebut dinyatakan menang.

Hitungan Poin

Pada sistem perhitungan poin di olahraga bola voli, hitungannya adalah 25 rally/poin. Apabila kedua tim mendapatkan skor 24-24, maka akan terjadid euce. Oleh karena itu, pertandingan akan di tambah lagi dua poin. Jika salah satu tim berhasil memasukan bola 2 poin, maka ia mendapatkan set tersebut.

Babak Penyisihan

Pada babak penyisihan, nilai satu pada suatu tim akan membawa kemenangan pada tim tersebut. Jadi apabila ada dua tim atau lebih dari satu tim yang mendapatkan nilai yang sama. Maka untuk menentukan siapa yang akan menjadi posisi juara di group atau menjadi runner-up di tim tersebut dilihat dari kualitas angkat yang didapatkan oleh setiap tim.

Angka yang didapatkan oleh tim adalah angka yang telah dimainkan seblumnya oleh setiap tim di lapangan.

Baca juga: Pola Permainan Bulu Tangkis (Penyerangan dan Pertahanan)

Babak Time Out

Saat pertandingan selalu terjadi time out, maka time out terjadi hanya satu kali dan durasi yang didapat dalam time out adalah satu menit.

Bertukar Lapangan

Seperti kita melihat olahraga sepakbola atau bulutangkis, pada setiap babak berakhir maka terjadi pertukaran area lapangan.

Begitupun dalam pertandingan bola voli. Apabila babak telah berakhir maka setiap tim bertukar sisi lapangan.

Meminta Ditukar Area Lapangan

Apabila babak penentu pemenang telah berlangsung atau lebih sederhananya terjadi babak ketiga dalam pertandingan, maka tim yang mendapatkan skor paling rendah boleh meminta bertuka area lapangan.

Tim yang kalah meminta bertukar lapangan kepada lawan saat angka yang didapatkan sudah mencapai 13 poin atau lebih oelh pemain lawan.

Selain peraturan sistem pertandingan yang telah disampaikan di atas, maka pemain juga harus tahu sitem perhitungan angka dalam permainan bola voli.

Perolahn angka tim lawan dimenangkan saat bola yang dipantulkan oleh lawan masuk kedalam area lapangan kita, lalu kita tidak bisa membalikan bola lagi ekapda tim lawan, sehingga bola jatuh ke tanah.

Tim lawan juga mendapatkan poin saat mereka melakukan serve dan tidak bisa pantulkan kembali ke area lapangan mereka, sehingga bola terjatuh.

Peraturan Permainan Bola Voli Standar Internasional

Source : Bukalapak

Permainan bola voli yang sebenarnya adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim atau dalam satu tim memiliki 6 orang pemain inti. Kedua tim yang bermain dilapangan saling menyusun strategi untuk memenangkan pertadingan tersebut.

Peraturan dasar bola voli yang ketiga yang dibahas dalam artikel kali ini adalah permainan bola voli.

Peraturan Permainan dalam Bola Voli

Dalam tim itu ada yang mengutamakan service, passing, atau smash untuk menjadikan teknik andalan mereka.

Intinya bahwa pertandingan bola voli dilakukan oleh setiap tim untuk mendapatkan nilai akhir, yaitu 25 poin. Inilah dia peraturan-peratuan yang harus diketahui.

  • Empat pemain utama dalam permainan bola voli diposisikan menjadi spiker, tosser, defender, dan libero.
  • Dalam permainan bola voli tosser diposisikan sebagai pengumpan bola yang didapatkan dari kawan lain untuk rekannya yang akan melakukan smash dan juga diposisikan sebagai pengatur jalannya permainan bola.
  • Pada permainan bola voli tugas spiker berbeda dengan tosser. Tugas utama spiker dalam olahraga ini adalah memukul bola yang diberikan oleh tosser menuju area lapangan musuh.

Peraturan Posisi Pemain

Seseorang yang bertugas menjadi pertahanan dalam permainan bola voli adalah libero. Salah satu keuntungan menjadi pemain libero adalah bisa keluar masuk lapangan. Akan tetapi mereka tidak diperkenankan untuk melakukan smash ke daerah lawan.

Jadi libero itu tugasnya adalah menahan bola dari pukulan lawan, lalu diberikan kepada tosser atau kepada teman yang terdekatnya dan tidka boleh melakukan smash sekaligus.

Sedangkan seorang defender lebih mirip dengan libero, yaitu bertahan. Akan tetapi tugas defender itu bertahan dari serangan lawan dan buka seperti libero.

Untuk tosser yang profesional maka ia membutuhkan strategi yang baik dan kecerdasan dalam memberikan umpan agar lawan tidak bisa membaca gerakan yang dilakukan oleh spiker saat ia menerima bola dari tosser.

Apabila tosser mengambil keputusan yang salah, maka akan berakibat hilangnya poin. Tosser adalah pemain yang mengatur jalannya pertandingan. Sehingga ia harus berhati-hati dalam melakukannya.

Keputusan yang dilakukan tosser harus cepat, karena saat ia menerima bola hanya ada waktu sepersekian detik untuk memberikan umpan terbaiknya. Oleh karena itu tosser harus memiliki kecerdasan yang bagus.

Peraturan Pelanggaran

Peraturan Permainan Bola Voli
Source : Media Indonesia

Peraturan dasar terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah peraturan pelanggaran bola voli. Peraturan pelanggaran adalah peraturan yang harus diketahui oleh pemain saat bermain dilapangan.

Ketika permainan sedang berlangsung ada beberapa kesalahan atau pelanggaran dalam olahraga bola voli yang tidak boleh dilanggar oleh pemain olahraga ini. Berikut ini adalah beberapa aturannya:

Baca juga: Permainan Bola Voli Mini (Peraturan & Pola)

Pelanggaran di Lapangan

Peraturan Permainan Bola Voli
Source : Pinterest

Agar pemain bisa menghindari pelanggaran saat bertanding dilapangan, terdapat aturan yang harus dijalankan. Berikut ini contoh beberapa aturan pelanggaran:

  • Apabila salah satu pemain bersentuhan dengan net dengan secara sengaja atupun tida, maka tetap dianggap sebagai pelanggaran.
  • Termasuk dalam pelanggaran juga apabila ada salah satu pemain yang masuk melewati garis batas tenagh lapangan atau ia masuk ke area lapangan lawan.
  • Pemain dianggap melanggar peraturan apabila ia melempar atau menangkpa bola layaknya seperti menangkap bola basket.
  • Sebelum bola menyentuh tanah atau lantai, maka Anda harus segera memantulkan bolanya.

Pelanggaran Smash

Begitupun saat mau melakukan smash, pastikan bola yang menghampiri Pins adalah bola yang belum bersentuhan dengan lantai atau tanah. Perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  • Bola akan dikatakan out apabila bola tersebut keluar dari lapangan dan telah menyentuh tanah atau lantai. Apabila bola keluar lapangan akan tetapi masih bisa dipantulkan sebelum menyentuh tanah atatu lantai, maka bola tersebut masih dianggap I.
  • Pemain akan dikatakan double foults ketika ia mengenai net dua kali selama ia bermain bola voli.
  • Semua anggota tubuh sah untuk memantulkan bola yang datang pada dirinya dan juga sah untuk mencegah bola agar bola tidak terjatuh ke tanah.
  • Dilarang memantulkan bola oleh tubuh adalah saat ada bola dengan cara sengaja menendang bola dengan sekeras-kerasnya.
  • Tidak diperkenankan pemain melakukan spike dibagian atas pemain lawan.
  • Apabila serve akan dilakukan, maka dari tiap-tiap pemain dari dua tim harus berada pada posisinya masing-masing. Maksudnya adalah dua tim harus berada di dua deret ke samping.

Tiga deret pemain berada di depan dan tiga lainnya berada di posisi belakang.

  • Poin akan diberikan kepada lawan, apabila serve yang dilakukan oleh tim Anda keluar dari area lapangan lawan.
  • Jika salah satu tim mengeluarkan kata-kata kasar kepada lawannya, maka tim tersebut mendapatkan pelanggaran.
  • Pemain yang tidak sopan kepada wasit juga dianggap sebagai pelanggaran.
  • Menurut peraturan bola voli, wasit akan memberikan keputusan terbaik.

Baca juga: 6 Gaya Renang Beserta Teknik Dasar yang Bisa Kamu Pelajari

Itulah dia peraturan-peraturan dalam olahraga bola voli yang harus diketahui oleh pemain bola voli. Mudah-mudahan artikel dapat memberi wawasan kepada Pins terkait peraturan olahraga bola voli. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: Bukalapak

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download