Pinhome

Pengertian Kick Off dan Langkah-langkah Kick Off

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 16 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pengertian Kick Off – Dalam sebuah permainan sepak bola, ada istilah yang dinamakan dengan pengertian kick off. Kick off adalah salah satu elemen penting dalam sebuah permainan sepak bola.

Sebenarnya, arti dari kick off itu tidaklah satu, akan tetapi banyak sekali definisinya. Hanya saja, kalau di Indonesia kick off itu sering kita sebut dengan sepak mula.

Lalu, apa definisi kick off yang benar dan tepat dalam sepakbola? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian kick off beserta cara melakukannya. Simak selengkapnya ya Pins!

Baca juga:

Pengertian Kick Off Sepakbola

tendangan kick off
Sumber: iStock

Suatu metode untuk memulai pertandingan sepakbola di lapangan adalah dengan Kick Off. Dalam setiap babak pertandingan sepakbola biasanya dilakukan kick off terlebih dahulu.

Selain digunakan di tiap babak, ia biasanya digunakan juga untuk babak extra time dan tambahan waktu. Apabila salah satu klub kemasukan bola ke gawang alias mencetak gol, maka dilakukan juga kick off untuk memulai kembali bermain bola.

Pada Laws of the Game atau peraturan sepak bola, aturan kick off berada di aturan atau law ke-delapan.

Proses Terjadinya Kick Off

Sumber: Starting Eleven

Sebelum pertandingan dimulai, biasanya wasit akan memanggil kedua kapten dari tiap klub yang akan bermain.

Lalu setelah itu akan mengadakan undian koin untuk menentukan tim siapa yang berhak melakukan kick off pertama.

Sebelum pertandingan di mulai, wasit terlebih dahulu akan meniup peluit tanda kick off pertama kali di mulai oleh salah satu tim sepakbola.

Setelah selesai babak pertama, maka akan dilanjutkan ke babak kedua. Nah pada babak ini, yang berhak mendapatkan kick off terlebih dahulu adalah kebalikan dari babak pertama.

Apabila dalam pertandingan sepakbola ada tambahan waktu untuk kedua tim tersebut, maka akan diadakan undian lagi untuk menentukan tim mana yang berhak mendapatkan kick off pertama sebelum babak tambahan waktu di mulai.

Pada babak kedua tambahan waktu, yang mendapatkan kick off adalah tim yang sebelumya tidak mendapatkan kick off.

Selain pembahasan diatas menjelaskan kick off pada penggunaan babak, maka selain itu, kick off juga digunakan untuk memulai pertandingan apabila dari salah satu klub atau tim kemasukan bola.

Setelah wasit meniup peluit, maka tim yang kemasukan bola berhak mendapatkan kick off pertama sebagai tanda dimulainya pertandingan lanjutan. Oleh karena itu, penggunaan kick off dalam sebuah pertandingan normal (90 menit) yang dilakukan oleh kedua tim adalah dua kali plus apabila salah satu tim kemasukan bola.

Contohnya, dalam sebuah pertandingan skor yang di dapat adalah 4-2, maka dalam satu pertandingan yang telah berlangsung terjadi 8 kick off (dua kali kick off di tiap babak dan 6 kali kick off di tiap-tiap kemasukan bola).

Cara Kick Off dalam Sepak Bola

Cara Kick Off dalam Sepak Bola
Sumber: Men’s Journal

Apabila salah satu tim akan melakukan kick off, maka kick off dilakukan tepat di titik tengan lapangan sepak bola sebelum pertandingan di mulai. Setiap pemain sepak bola yang berada di lapangan harus berada di wilayah masing-masing terlebih dahulu sampai kick off dimulai.

Sebelum kick off di mulai, setiap pemain tidak boleh melewati garis tengah lapangan. Apabila ada pemain yang masih berada di garis lawan, maka permainan tidak akan di mulai atau dapat kartu.

Kedua, sebelum melakukan kick off, tiap-tiap pemain lawan dilarang berada di dekat pemain yang akan melakukan kick off. Pemain lawan harus berada di luar lingkaran tengah lapangan atau berada di jarak 9,2 meter.

Sebelum munculnya peraturan baru atau sepak bola modern, dalam artian lain masih menggunakan aturan sepak bola lama, tendangan kick off dilakukan oleh salah satu pemain ke arah gawang lawan atau ke arah depan.

Pemain yang telah menendang bola kick off tersebut, dilarang menyentuh bola itu sampai ada pemain kawan lain yang menyentuhnya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, biasanya kick dilakukan oleh dua pemain terlebih dahulu untuk menghindari peraturan di atas. Dari dua pemain tersebut, salah satunya akan menendang bola kedepan, dan yang satunya lagi akan menerima bola tersebut.

Di sebagian strategi sepakbola, ada beberapa formasi yang dilakukan oleh sebuah tim dimana bola sebelum di bawa ke depan, terlebih dahulu mereka menendangnya ke belakang.

Tujuannya tiada lain untuk membangun serangan yang akan dilakukan oleh tim tersebut.

Peraturan Baru Kick Off

Peraturan mengenai kick off diatas telah dihapus oleh FIFA pada tahun 2016 dan digantikan dengan peraturan yang baru khusus untuk kick off.

Pada peraturan baru dituliskan bahwa saat melakukan tendangan kick off, bola tidak harus ditendang ke depan terlebih dahulu, akan tetapi bola kick off boleh langsung di oper kebelakang terlebih dahulu.

Maka semenjak munculnya peraturan baru ini, banyak tim yang melakukan kick off oleh satu pemain saja.

Pemain yang akan melakukan kick off bisa langsung dilakukan ke belakang, apabila peluit wasit ditiup.

Selain bisa ditendang ke belakang langsung, pemain juga dapat menendang secara langng ke depan, bahkan mencetak gol langsung.

Walaupun memang sampai saat ini, masih belum ada pemain yang bisa memasukan bola lewat kick off. Akan tetapi banyak pemain yang bisa mencetak bola setelah ia mendapatkan operan kick off pertama mereka.


Nah, itulah dia pengertian kick off dan bagaimana cara melakukan kick off yang benar berdasarkan aturan FIFA.

Bagi para penggemar sepak bola, pengertian kick off sudah tidak asing lagi di kepala mereka. Namun bagi pemula, mungkin ini adalah salah satu ilmu baru yang bisa diambil.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia