6 Gaya Renang Beserta Teknik Dasar yang Bisa Kamu Pelajari

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ October 12, 2022 ∙ 7 menit membaca

Renang adalah salah satu cabang olahraga populer yang juga terdapat di mata pelajaran penjasorkes atau pelajaran sekolah-sekolah. Olahraga ini memiliki manfaat kesehatan yang hasilnya akan didapatkan oleh seluruh tubuh. Pins pun mungkin sudah tidak asing dengan satu atau lebih gaya renang.

Tidak ada salahnya apabila Pins ingin mencoba gaya lainnya. Dengan kemampuan menggunakan gaya lain Pins dapat menambah kemahiran dalam berenang. Penasaran gaya apa saja yang bisa Pins coba ketika berenang? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Sejarah Renang, Aturan, dan Gaya-Gayanya

Manfaat Renang

Gaya Renang
(Shutterstock)

Olahraga renang apabila dilakukan secara rutin maka akan membantu pertumbuhan tinggi badan yang ideal bagi tubuh seseorang. Namun manfaat renang tidak hanya seputar untuk meninggikan tubuh seseorang renang juga memiliki manfaat seputar kesehatan seluruh tubuh.

Tentunya dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga terdapat teknik dan tidak dilakukan secara sembarangan. Sebelum melakukan kegiatan olahraga renang tentunya kita harus paham serta menguasai teknik-teknik yang dibutuhkan dalam renang.

Teknik Dasar Sebelum Renang

Renang dapat dikatakan sebagai salah satu aktivitas yang paling digemari dan banyak juga dipilih oleh sebagian orang karena dapat menyehatkan seluruh tubuh apabila dilakukan secara rutin.

Hal tersebut dikarenakan pada saat Pins berenang maka seluruh anggota tubuh diharuskan untuk bergerak agar dapat menyeimbangkan tubuh di dalam air. Namun demikian, Pins harus memerhatikan banyak hal sebelum berenang. Berikut ini hal yang harus dilakukan sebelum Pins berenang:

Pemanasan Sebelum Renang

(Shutterstock)

Terdapat langkah-langkah yang harus Pins terapkan sebelum melakukan kegiatan renang antara lain yaitu pemanasan tubuh. Hal ini perlu dilakukan agar Pins terhindar dari otot-otot tubuh yang menjadi tegang. Kondisi ini tentunya berisiko membuat terjadinya kram secara tiba-tiba. Kram semacam ini dapat berbahaya karena bisa menyebabkan Pins tenggelam.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola

Tidak Makan Sebelum Renang

Makan sebelum berenang dapat menyebabkan terjadinya kram perut di dalam tubuh. Kram yang terjadi secara tiba-tiba pada saat berenang dapat mengakibatkan tubuh tidak siap. Hal ini berisiko membuat Pins tenggelam karena secara spontan tubuh akan terasa sulit untuk digerakkan. Jadi, Pins dapat merencanakan makan 1 sampai 2 jam sebelum melakukan kegiatan renang.

Melakukan Pengenalan Air

Gaya Renang
(Shutterstock)

Hal selanjutnya yang mungkin banyak tidak diketahui oleh orang yang ingin berenang adalah pengenalan tentang air yang akan Pins tempati sebagai tempat berenang. Pins harus mengenali serta menguasai medan air terlebih dahulu agar mampu berenang dengan nyaman dan aman. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih secukupnya supaya tubuh tidak dehidrasi pada saat melakukan kegiatan renang.

Macam-Macam Gaya Renang

Pada olahraga renang terdapat teknik-teknik yang sangat penting diperhatikan agar Pins dapat menyeimbangkan tubuh pada saat berada di dalam air. Apabila teknik yang salah, maka tubuh tidak dapat untuk menyeimbangkan diri dengan air sehingga Pins dengan mudah bisa tenggelam.

Teknik yang sangat basic atau dasar sebelum kita melakukan renang adalah cara mengapung atau melayang didalam air. Terdapat beberapa macam jenis gaya yang dapat Pins pilih untuk dikuasai teknik-tekniknya.

Setiap jenis gaya renang berbeda bentuk akan berbeda pula teknik dalam melakukannya. Pins dapat memilih macam-macam gaya renang sesuai dengan kemampuan kamu yang mungkin menurut kamu mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Materi Bulu Tangkis

Renang Gaya Bebas

(Shutterstock)

Dalam cabang olahraga berenang, gaya bebas adalah salah satu gaya yang paling sering digunakan untuk olimpiade atau perlombaan. Teknik yang digunakan dalam renang dengan gaya bebas adalah penggunaan kebebasan tangan dan juga kaki untuk melakukan gerakan. Ini supaya badan Pins dapat meluncur di air dengan laju dan juga cepat.

Diberi nama renang gaya bebas bukan berarti teknik yang digunakan dalam renang tersebut semau Pins atau bebas untuk melakukan apapun. Sudah pasti di dalam gaya ini tetap memiliki aturan-aturan yang perlu untuk diikuti.

Salah satunya adalah pada saat akan melakukan renang gaya bebas posisi tubuh berada di atas permukaan. Kemudian pada saat melakukannya, wajah menghadap ke permukaan air. Setalah itu, tangan digunakan untuk mengayun ke depan supaya tubuh dapat melaju serta kaki menendang dengan melakukan gerakan seperti menggunting.

Pins juga harus mengetahui teknik saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh. Kemudian kepala dan lengan ke samping kanan atau ke samping kiri secara bergantian. Saat kepala berada di samping kanan atau di samping kiri, Pins dapat melakukan pernapasan dengan menggunakan mulut ataupun hidung.

Baca Juga: Materi Renang Gaya Bebas

Renang Gaya Dada

Gaya Renang
(Shutterstock)

Teknik selanjutnya yang paling sering Pins jumpai di dalam pelajaran olahraga di sekolah-sekolah adalah renang dengan gaya dada. Pada umumnya renang gaya dada juga biasa disebut sebagai gaya katak.

Dibandingkan dengan macam-macam gaya renang yang lainnya, kecepatan rata-rata dari gaya dada lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan fokus gaya adalah untuk menggerakkan tubuh secara teratur. Jadi, gaya katak ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berenang namun tidak perlu tergesa-gesa atau secara santai.

Dalam melakukan gaya dada, teknik yang diperlukan terletak pada kekuatan tangan dan juga kaki. Kekuatan tangan serta kaki digunakan untuk mendorong badan ke depan. Selain itu, gaya dada memerlukan kemampuan tangan yang berguna untuk mendorong ke bawah pada saat kepala naik ke atas untuk mengambil nafas.

Titik gaya ini juga berpusat pada saat melakukan pertukaran atau pengambilan nafas. Pins dapat melakukan pengambilan nafas pada saat mulut berada di permukaan air setelah 1-2 gerakan pada tangan dan kaki.

Baca juga: Materi Renang Gaya Dada

Renang Gaya Kupu-Kupu

(Shutterstock)

Gaya kupu-kupu adalah teknik berenang yang merupakan hasil dari pengembangan teknik renang gaya dada. Teknik dasar dari gaya kupu-kupu ini terletak pada kemampuan kekuatan lengan. Ini karena gaya kupu-kupu dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Selain itu, gerakan yang dihasilkan dari gaya ini mirip dengan lumba-lumba yang masuk ke dalam air kemudian keluar pada saat terjadi dorongan ke bawah oleh tangan.

Sedangkan untuk kaki teknik yang digunakan adalah lurus rapat dengan tetap bergerak mengikuti alur gerakan badan. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa gaya kupu-kupu disebut sebagai gaya untuk kecepatan laju. Ini karena gaya kupu-kupu lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan renang gaya bebas.

Akan tetapi, sangat penting untuk diketahui bahwa gaya ini juga membutuhkan tenaga serta kekuatan yang ekstra lebih besar daripada jenis-jenis gaya yang lainnya.

Renang Gaya Punggung

Gaya Renang
(Shutterstock)

Renang dengan menggunakan gaya punggung juga termasuk sering untuk diajarkan di pelajaran sekolah sekolah. Gaya punggung ini merupakan teknik dalam berenang yang mana posisi badan terlentang menghadap ke atas. Kemudian untuk punggung tetap berada di permukaan air.

Gerakan tangan serta kaki dalam gaya punggung memiliki persamaan dengan berenang gaya bebas. Perbedaannya dengan renang gaya punggung berada dalam posisinya yang terlentang.

Dengan gaya ini, Pins dapat mengambil nafas kapan saja. Ini karena memang kepala selalu berada di atas permukaan air. Berbeda halnya dengan gaya lain, start lomba dari renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding.

Kemudian, untuk kedua tangan berpegangan pada besi pegangan yang berada di tepi kolam. Lalu untuk kaki ditekuk dengan telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dan berada di antara lengan tangan.

Renang Gaya Samping

(Shutterstock)

Teknik dalam renang gaya samping adalah menggunakan sisi samping pada bagian tubuh kita. Namun kini jarang untuk dipelajari dan bahkan tidak untuk diperlombakan dalam kompetisi renang yang resmi.

Biasanya seseorang melakukan renang dengan gaya ini hanya untuk menambah skill serta kemampuan dalam menguasai berbagai macam teknik gaya renang.

Renang Gaya Anjing

Gaya Renang
(Olahraganesia)

Untuk renang dengan menggunakan gaya yang satu ini mungkin jarang untuk didengar bahkan dipakai dalam kegiatan belajar mengenai olahraga renang. Namun renang gaya anjing sangat cocok bagi kita yang merupakan pemula dalam kegiatan olahraga renang. Gaya ini merupakan teknik dalam berenang yang memiliki gerakan seperti anjing pada saat melakukan berenang dalam air.

Pada saat melakukan gerakan dengan teknik gaya anjing kepala Pins harus diposisikan berada diatas permukaan air. Kemudian, badan Pins diposisikan agak sedikit membungkuk serta merangkak. Untuk tangan dan juga kaki, Pins dapat melakukan gerakan lompat dengan anjing pada saat berenang.

Demikian gaya-gaya dalam berenang yang dapat Pins pelajari. Secara keseluruhan setiap gaya renang memiliki manfaat yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan secara rutin dengan menggunakan teknik yang benar. Semoga bermanfaat bagi Pins dalam menambah wawasan sedikit mengenai olahraga renang.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia