Peraturan Permainan Sepak Bola

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 17 September 2021 ∙ 8 menit membaca

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak digemari. Meskipun permainan ini tampak sederhana, dimana para pemain harus memasukkan bola ke gawang milik lawan, nyatanya ada beberapa peraturan permainan sepak bola yang wajib dipatuhi selama pertandingan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan apa saja peraturan permainan sepak bola yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Simak sampai tuntas, ya!

21 Peraturan Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

peraturan permainan sepak bola
Sumber: wikipedia

Dalam permainan sebak bola setidaknya terdapat 21 peraturan, berikut peraturan-peraturan tersebut yang harus kalian ketahui.

1. Lapangan

lapangan sepak bola
Sumber: Wikipedia

Lapangan merupakan komponen utama dalam sebuah sepak bola sehingga ada aturan-aturan yang yang harus terpenuhi. Berikut adalah beberapa peraturan terkait lapangan sepak bola menurut federasi sepak bola dunia atau FIFA.

  • Panjang lapangan sebagaimaa dalam padoman The Laws of The Game-nya IFAB, minimal 90 meter (100 yards) dan maksimal 120 meter (130 yards)
  • Lebar lapangan adalah 45-90 meter (50-90 yards)
  • Luas daerah gawang adalah 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah adalah 9,15 m
  • Daerah hukuman penalti adalah 40,39 x 16,5 meter.
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang adalah 11 meter.
    Itulah dia peraturan lapangan sesuai dengan pedoman peraturan sepak bola atau The Laws of The Game IFAB.

Adapun ukuran lapangan untuk pertandingan sepak bola Internasional sebagai berikut:

  • Panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter (100-110 yards).
  • Lebar lapangan sepak bola adalah 64 – 75 meter (70-80 yards).

Baca juga: Sejarah Awal Berdiri Klub Juventus FC Italia

2. Gawang

gawang
Source: Kompas.com

Ukuran gawang dalam sepak bola juga harus berdasarkan peraturan tersebut sebagai berikut.

  • Tinggi gawang adalah 2,44 meter
  • Lebar gawang adalah 7,32 meter

3. Bola

bola
Source: Kompas.com

Bola adalah pemeran utama dalam permainan ini. Jika tidak ada bola, maka permainan tentu tak akan terjadi. Inilah peraturan yang soal pemilihan bole saat pertandingan:

  1. Bahan bola terbuat dari kulit yang berkualitas dan baik
  2. Bentuk bola harus bulat
  3. Berat bola adalah 396-453 gram
  4. Keliling lirangkaran bola adalah 68-71 cm

Apabila ada bola yang rusak saat bertanding, maka pertandingan diberhentikan sejenak dan bola di ganti, lalu di ulangi kembali dengan menyimpan bola di tempat bola tersebut rusak.

Ada 5 macam ukuran bola yang perlu kita ketahui berdasarkan karakteristiknya yaitu

  • Bola ukuran 1 adalah bola yang biasa digunakan dalam petandingan jenis promosi.
  • Bola ukuran 2 adalah umumnya digunakan untuk jenis pertandingan promosi.
  • Bola ukuran 3 adalah bola yang dimainkan oleh anak-anak yang berusia di bawah 8 tahun. Panjang keliling bolanya adalah 64-66 cm [ 23-24 inci ] dan beratnya adalah 310-340 gram [11-12 ons].
  • Bola ukuran 4 adalah bola ukuran ini biasanya digunakan oleh pemain yang beruur 8-12 tahun. Panjang lingkaranya adalah 64-66 cm [25-26 inci] dimana beranya berkisar antara 340-468 gram [ 12 – 13 ons ]
  • Bola ukuran 5 adalah bola untuk para pemain yang berusia di atas 12 tahun ke atas. Panjang keliling bola antara 68-78 cm, dan beratnya adalah 410-450 gram [ 14 – 16 ons ].

Baca juga: Sejarah Awal Berdiri Klub Chelsea Inggris

4. Peraturan Memulai Pertandingan

timnas sepak bola jepang
Sumber: 99.co

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sebelum bermain, biasanya pemain harus berjabat tangan antara lawan sambil berbaris menghadap penonton. Masing-masing pemain akan menghadap wasit, lalu wasit akan melemparkan uang logam ke atas dan menangkap kembali. Pilihan sisi uang logam yang sesuai dipilih oleh kapten tim akan membebaskan tim memilih gawang atau bola awal.

5. Jumlah Pemain

timnas perancis
sumber: wikipedia

Peraturan permainan sepak bola berikutnya adalah menentukan jumlah tim. Setiap tim dimainkan oleh 11 orang dengan salah satunya adalah kiper atau penjaga gawang. Apabila salah satu tim kekurang permainan atau dari 11 pemain 4 orang terkena kartu merah maka tim tersebut di anggap kalah.

  • Kekurangan Pemain
    Permainan tidak bisa di mulai apabila dalam suatu pertandingan sepak bola hanya ada kurang dari 7 pemain.
    Apabila dalam tim ada yang cedera atau mendapatkan kartu merah 4 orang, maka permainan tidak bisa dilanjutkan. Tim yang memiliki pemain kurang dari 7 orang akan didiskualifikasi atau di anggap KO.
  • Pergantian pemain
    Pergantian pemain hanya bisa dilakukan sampai 3 kali pemain menurut peraturan resmi FIFA.
    Perganitan pemain dapat dilakukan sampai 7 kali ketika sedang pertandingan Nasional. Dan bisa lebih untuk pertandingan sahabat.

Baca juga: 6 Jenis Formasi Sepakbola Terbaik yang Digunakan Tim Besar

6. Kapten

vandjick
Sumber: 99.co

Ada satu orang yang menjadi kapten dalam setiap tim. Adanya kapten dalam tim itu sangatlah penting, karena apabila terjadi masalah dengan tim yang di pimpinnya, maka wasit bisa memanggil kaptennya untuk mewakili tim dalam berdiskusi untuk menyelesaikan masalah.

7. Peraturan dalam Memakai Aksesoris

modric
sumber: kompas.com

Para pemain sepak bola biasanya menggunakan aksesoris dan atribut. Dibandingkan cabang olahraga yang lain, permainan sepak bola ini tidak terlalu banyak dalam menggunakan atribut.

  • Jersey
    Memakai jersey satu warna dalam pertandingan tidak diperbolehkan. Suatu keharusan bagi setiap tim memiliki ciri khas atau identitas yang berbeda, 2 warna jersey harus di miliki oleh setiap tim.
  • Kaos kaki
    Warna kaos kaki masing-masing pemain harus sama. Untuk mencegah terjadinya cedera dan melindungi tulang kering, maka kaos kaki ini sangat di butuhkan. Oleh karena itu kaos kaki adalah atribut yang penting dalam pertandingan sepak bola
  • Sarung tangan
    Yang diperbolehkan memakai sarung tangan hanyalah kiper (penjaga gawang) agar dapat dengan mudah melindungi tangan dan menangkap bola dari tendangan bola yang keras.
  • Penutup kepala
    Bagi pemain yang cedera diperbolehkan memakai penutup kepala agar terhiindar dari benturan langsung apabila ada bola yang datang kepadanya.
  • Aksesoris yang di larang.
    Dalam permainan sepak bola dilarang memakai aksesoris seperti kalung, gelang, anting dan lain-lain.

8. Wasit

wasit
Sumber: wikipedia

Dalam setiap pertandingan, agar permainan berjalan dengan lancar, maka diperlukan orang yang bisa mengatur dalam permainan ini. Itu sebabnya, wasit memiliki peran penting atas hal ini. Ia bertugas dalam memegang penuh jalannya pertandingan, hingga memberi keputusan ketika bermain apakah pemain mendapat pelanggaran atau tidak.

9. Asisten Wasit

asisten wasit
Sumber: tribunnews.com

Asisten wasit di sebut linesman. Asisten ini bertugas membritahukan kepada wasit apakah bola tersebut offside atau tidak. Selain itu asisten wasit memiliki tanggung jawab membantu wasit untuk memutuskan sebuah permasalahan. Sebab seperti yang kita ketahui dalam sebuh permainan sepak bola, peraturan harus dijalankan.

10. Waktu

peraturan permainan sepak bola tentang waktu
Sumber: kompas.com

Peraturan permainan sepak bola berikutnya adalah soal waktu. Setiap satu babak mempunyai waktu 45 menit, sehingga total dalam satu permainan adalah 90 menit. Dan waktu istirahat biasanya tidak lebih dari 15 menit dari babak satu ke babak kedua.

Apabila dalam waktu 90 menit pertandingan seimbang dan dalam pertandingan membutuhkan pemenang, maka akan diadakan pertambahan waktu atau extra time dengan durasi setiap babaknya 15 menit.

Baca juga: Inilah 30 Stadion Termegah di Dunia untuk Laga Sepak Bola

11. Peraturan Kick Off

kick off peraturan dalam sepak bola
Sumber: wikipedia

Ketika akan memulai suatu permainan maka dilakukan kick off terlebih dahulu. Dalam sepak bola diadakan sepak bola ketika:

  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai pertandingan
  • Memulai babak kedua
  • Memulai babak extra time

12. Peraturan Gol

peraturan gol
Sumber: Pexels

Ketika bola melewati dan masuk ke dalam jaring maka itu di sebut gol tanpa ada pemain yang terkena offside atau pelanggaran. Keputusan gol semuanya ada di tangan wasit. Jadi wasit berhak menentukan apakah bola tersebut masuk atau tidak.

13. Peraturan Onside dan Offside

offside
Sumber: jawapos.com

Ketika bel pertahanan lawan berada lebih depan dari pemain anggota tim, lalu pemain kawan tersebut mengoper bola kepada temannya, maka ini disebut dengan istilah offside. Yang akan menentukan apakah pemain itu onside atau offside adalah asisten wasit.

14. Peraturan Bola Keluar (Out)

peraturan permainan sepak bola out
Sumber : jawapos.com

Bola akan di lempar ke dalam lapangan apabila kondisi bola berada di luar lapangan. Apabila keluarnya di samping gawang atau bukan di samping lapangan, maka terjadi tendangan sudut. Saat ada pemain yang cedera wasit berhak mengeluarkan bola terlebih dahulu.

15. Lemparan Kedalam (Throw In)

lemparan ke dalam
Sumber : jawapos.com

Apabila ada bola yang keluar lapangan, maka salah satu tim akan membawa bola tersebut dan akan melemparkannya ke dalam.

16. Tendangan Gawang

peraturan permainan sepak bola dalam melakukan tendangan gawang
Sumber: wikipedia

Tim yang bisa melempar bola adalah tim yang bukan mengeluarkan bola ke luar lapangan. Saat hendak melakukan lemparan, maka salah satu kaki pemain tidak boleh terangkat.

17. Tendangan Sudut (Corner Kick)

tendangan sudut
Sumber: pexels

Apabila ada bola yang melewati garis gawang yang dilakukan oleh pemain anggota, maka tendangan sudut dilakukan oleh pemain lawan. Peletakan tendangan sudut tergantung bola keluarnya, apakah bola tersebut keluar lewat kanan gawang atau kiri gawang.

18. Peraturan Pergantian Pemain

pergantian pemain
Sumber: freepik

Dalam kejuaraan sepak bola pergantian pemain bisa dilakukan maksimal 3 orang. Akan tetapi pergantinan pemain boleh dilakukan hingga 7 kali ketika dalam pertandingan.

19. Peraturan Terjadinya Pelanggaran

pelanggaran
Sumber : wikipedia

Pelanggaran akan terjadi apabila adanya hands ball, mendorong lawan, menarik baju lawan, tackle yang terlalu keras, mengganggu pergerakan penjaga gawang dan lain-lain. Wasit memiliki 2 kartu yakni kartu kuning dan kartu merah.

Apabila mendapatkan kartu kuning maka yang pertama mendapatkan peringatan keras, dan apabila mendapatkan 2 kartu kuning maka akan otomatis mendapatkan kartu merah. Sedangkan bila pemain mendapatkan kartu merah maka otomatis pemain tersebut akan di keluarkan dari lapangan.

20. Peraturan Tendangan Bebas (Free Kick)

peraturan permainan sepak bola dalam terjadinya tendangan bebas
Sumber: jawapos.com

Apabila terjadi pelanggaran maka boleh dilakukan tendangan bebas. Ada dua tendangan bola yang boleh dilakukan yaitu mengoper ke teman atau langsung menendang bola ke gawang.

21. Terjadinya Penalty

penalti
Sumber: jawapos.com

Peraturan dalam permainan sepak bola yang terakhir adalah peraturan soal pelanggaran di daerah gawang yang mengarah pada penalty. Pelanggaran yang seringkali terjadi ialah h selding tackle, hands ball atau yang lainnya. Ketika terjadi penalty, maka salah satu pemain harus menendang langsung ke daerah gawang tanpa di halangi pemain kecuali kiper.

Penutup & Kesimpulan

NoPeraturan Permainan Sepak Bola
1Lapangan
2Gawang
3Bola
4Memulai Pertandingan
5Jumlah Pemain
6Kapten
7Aksesoris
8Wasit
9Asisten Wasit
10Waktu Pertandingan
11Kick Off
12Goal
13Offside
14Out
15Lemparan Ke Dalam
16Tendangan Gawang
17Tendangan Sudut
18Pergantian Pemain
19Pelanggaran
20Tendangan Bebas
21Penalty
Tabel 21 peraturan permainan sepak bola

Jadi, itulah beberapa peraturan permainan sepak bola yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia