Pola Permainan Bulu Tangkis

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ October 18, 2022 ∙ 6 menit membaca

Bulu tangkis merupakan olahraga yang populer di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan sepak bola, atlet bulu tangkis memiliki prestasi yang jauh lebih baik. Banyaknya atlet hebat membuat mereka memiliki pola permainan bulu tangkis yang berbeda-beda pula.

Selain menguasai teknik dasar dalam permainan bulu tangkis, para atlet profesional di Indonesia memiliki taktik dan strategi masing-masing dalam menguasai permainan.

Pada kesempatan kali ini, Pinhome akan membahas pola permainan bulu tangkis baik menyerang dan bertahan.

Baca juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Pola Serangan Pertandingan Tunggal

Ketika bermain tunggal, setiap pemain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga setiap pertandingan para pemain sudah memiliki gaya main dan strategi masing-masing.

Pola permainan bulu tangkis
(unsplash)

Pola Serangan dengan Daya Tahan

Pola serangan pertama mengutamakan pukulan rally yang didasarkan pada faktor keuletan dan daya tahan dengan pukulan panjang. Biasanya pola ini digunakan oleh pemain yang memiliki pukulan dengan daya serang yang kurang dibandingkan lawannya.

Pola Serangan dengan Kecepatan

Pemain yang memiliki pukulan cepat dan keras biasanya mengandalkan kecepatan dalam permainannya. Indonesia sendiri memiliki atlet seperti Anthony Ginting yang pukulannya mematikan. Rata-rata shuttlecock yang dipukul dengan kekuatan ini jatuh ke bawah atau curam.

Seorang pemain tunggal yang sudah terbiasa dengan teknik ini, biasanya memiliki pukulan atau smash yang keras dan cepat.

Pola Serangan Tipuan

Pemain yang memiliki teknik mematikan biasanya melakukan serangan tipuan untuk mengalahkan lawannya. Taufik Hidayat salah satu contoh atlet Indonesia yang memiliki kemampuan mematikan dalam hal teknik.

Yang dikedepankan dalam teknik ini adalah penguasaan teknik dan strategi yang baik dan benar. Ia juga sudah tahu bagaimana cara mengecoh lawan saat bermain di lapangan.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Pola permainan bulu tangkis
(unsplash)

Pola Bertahan Pertandingan Tunggal

Tidak hanya menyerang, seorang pemain bulu tangkis juga harus hebat dalam hal bertahan. Dalam permainan tunggal, biasanya para pemain mengembalikan shuttlecock dengan jarah memukul jauh melewati net. Teknik ini juga bertujuan untuk mengatur tempo permainan.

Baca juga: Latihan Fisik Bola Voli

Pola Serangan Pertandingan Ganda

Pertandingan ganda memiliki pola serangan yang lebih bervariasi karena kedua pemain memiliki gaya khas yang berbeda-beda. Inilah pola serangan pertandingan ganda.

Pola permainan bulu tangkis
(Pixabay)

Pola Serangan Saat Servis

Dalam permainan ganda, servis sangat penting untuk menghancurkan formasi lawan. Saat servis biasanya bola diarahkan pada posisi terjauh penerima agar formasi lawan terganggu. Servis yang baik adalah servis yang dapat mengacaukan strategi lawan dan pemain bisa dengan mudah mengembalikan shuttlecock kembali pada lawan.

Pola Serangan Pukulan Drive

Jika mendapatkan pukulan melambung dan ingin menekan lawan, pemain biasanya melakukan pukulan drive. Cara melakukan pukulan drive adalah dengan mengambil bola dan memukulnya dari arah samping badan dengan ketinggian pinggang. Pukulan drive bisa dilakukan dengan cara backhand atau forehand. Pukulan drive sering kali membuat lawan tidak sempat menyerang balik.

Pola Serangan Pukulan Lob

Ada dua cara untuk melakukan pukulan lob, yang pertama bisa dilakukan dengan underhead dan overhead lob. Pukulan lob bisa dilakukan baik dari bawah ataupun dari atas. Artinya memang tidak tetap di satu tempat. Dalam pola pertahanan dan penyerangan, pukulan lob atau tinggi sangat berpengaruh dan sangat penting. Pukulan lob bertujuan agar lawan bergerak jauh ke belakang.

Pola Serangan Pukulan Smash

Cara melakukan pukulan smash adalah dengan melakukan pukulan sekeras-kerasnya dengan cepat ke arah bawah lapangan lawan. Ada beberapa cara untuk melakukan pukulan smash tergantung pemain yang ingin melakukannya. Contohnya pukulan smash cambukan atau flick smash, pukulan smash potong, pukulan smash penuh, pukulan backhand smash dan pukulan smash melingkar (around the head smash).

Pola Serangan Pukulan Return Smash

Return smash adalah salah satu pukulan untuk mematikan lawan karena mengembalikan pukulan smash lawan dengan pukulan smash kembali. Dengan adanya smash ini, lawan akan kesulitan mengembalikannya.

Ada tiga bagian jenis untuk mengembalikan pukulan smash lawan. Pengembalian drive (mendatar) dilakukan agar tidak memberikan kesempatan kepada lawan, karena pukulan ini sangat keras.

Pengembalian Pendek dimana ia melakukan pukulan untuk menjatuhkan shuttlecock di dekat net. Pengembalian panjang adalah pengembalian bola ke arah belakang lapangan lawan.

Pola Serangan Pukulan Dropshot

Pukulan ini adalah pukulan yang unik dimana kok dipukul dengan tepat melampaui net dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan. Pukulan dropshot adalah pukulan yang menjatuhkan shuttlecock melewati net dan ia jatuh di dekat net. Hal ini agar membuat lawan tidak bisa mengejar shuttlecock tersebut atau tidak bisa mengembalikan shuttlecock itu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemain untuk melakukan pukulan dropshot. Pukulan dropshot dari bawah, pukulan dropshot dari atas, pukulan dropshot secara penuh, pukulan dropshot potong dan pukulan dropshot dengan dicambuk atau flick.

Pola Serangan Netting

Pukulan netting adalah pukulan yang dilakukan oleh seorang pemain ketika di dekat net dengan halus tapi akurat dan masuk ke lapangan lawan.

Netting dilakukan oleh pemain agar lawan kesusahan membalikan shuttlecock karena shuttlecock jatuh di dekat net. Pukulan netting adalah salah satu strategi agar dapat mendapatkan poin.

Baca juga: Sejarah Permainan Bola Voli

Pola Bertahan Pertandingan Ganda

Dalam permainan ganda, ada tiga pola pertahanan yang harus Pins ketahui.

peraturan permainan bulu tangkis
(Unsplash)

Front and Back

Pola depan belakang adalah satu salah satu pola yang digunakan oleh pemain ganda. Dimana posisi pemain yang satu di depan dan yang satunya lagi di belakang. Pemain depan bertugas untuk melakukan servis dan juga ia mengembalikan shuttlecock dari lawan yang menyerang bagian dekat net.

Untuk pemain yang berada di belakang, ia bertugas untuk melindungi daerah lapangan bagian belakang. Ia menguasai seluruh area bagian belakang dan juga bertanggung jawab apabila ada bola shuttlecock yang masuk ke area belakang.

Sistem depan belakang biasanya digunakan oleh pemain ganda yang diantara mereka ada yang lebih kuat dan lemah. Pemain kuat biasanya di simpan di belakang untuk mengawasi pemain yang di depan. Pemain yang berada di depan ia adalah pemain yang memiliki kekurangan dalam bermain bulu tangkisnya.

Side by Side

Pola berdampingan atau side by side adalah pola yang mengambil sebelah lapangan di kiri dan kanan. Setiap pemain memiliki tugas masing-masing dan tanggung jawab masing-masing untuk memperhatikan daerah lapangan tersebut.

Lawan biasanya melihat dari dua pemain tersebut mana diantara mereka yang memiliki kekurangan. Apabila ada pemain yang lebih lemah, biasanya mereka menyerang peman tersebut secara bertubi-tubi. Oleh karena itu, apabila kejadian tersebut terjadi di lapangan. Maka untuk pemain yang lebih kuat bisa membantu pemain tersebut, karena posisi yang sejajar.

Circulate

Pola circulate atau bergantian adalah salah satu pola yang menggabungkan antara side by side dengan front and back. Pola ini muncul untuk menutupi kelemahan dari sistem yang lain seperti front and back dan side by side.

Sistem berdampingan bisa Pins gunakan untuk bertahan dari serangan lawan yang begitu kuat. Sistem depan belakang bisa kita gunakan untuk menyerang lawan. Cara bergantiannya bisa melihat kondisi di lapangan. Saat kondisi membutuhkan posisi bertahan, maka gunakan sistem side by side.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pola permainan bulu tangkis dalam hal menyerang dan bertahan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan Pins bisa terapkan ketika bermain bulu tangkis.

Baca juga: Posisi Pemain Bola Voli


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia