Blog›Lifestyle›Edukasi›Sejarah Permainan Bola Voli: Awal Mula dan Perkembangannya
0
0

Sejarah Permainan Bola Voli: Awal Mula dan Perkembangannya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 23, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Posisi pemain bola volitop-right-banner

Selain bola basket dan sepak bola, bola voli salah satu olahraga tim yang populer di dunia. Setiap grup yang main di lapangan terdiri dari 6 orang pemain. Dalam sejarah permainan bola voli, ada juga variasi bola voli pantai.

FVBI merupakan organisasi internsional yang menaungi olahraga bola voli. Sedangkan di Indonesia sendiri memiliki PBVSI sebagai organisasi yang menaungi bola voli. Ternyata sebelum menjadi bola voli, olahraga ini memiliki nama lain loh. Lalu seperti apa sebenarnya sejarah permainan bola voli? Simak artikel berikut ini.

Sejarah Singkat Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli
Source : Unsplash

Sebelum bernama bola voli, permainan ini dikenal dengan nama Mintonette. Permainan ini ditemukan oleh ari seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education).

Nama Instruktur pendidikan jasmani ini adalah William G. Morgan. Ia menemukan olahraga  pada tanggal 9 November 1895 di YMCA, Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). Jadi bola voli berasal dari negara paman sam.

YMCA adalah singkatan dari Yog Men’s Christian Association yang salah satu didedikasikan untuk mengajarkan kepada pemuda tentang ajaran pokok kristen, seperti yang diajarkan oleh Yesus.

George William mendirikan organisasi ini pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris. Pertama kali Morgan menciptakan permainan ini saat ia bertemu dengan James Naismith (Salah seorang yang menciptakan olahraga basket pada tanggal 6 November 1861 dan meninggal pada tanggal 28 November 1939).

Morgan menciptakan permainan baru ini dengan diberi nama Mintonette. William G. Morgan memiliki kesamaan dengan James Naismith, yaitu mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

William G. Morgan telah menciptakan permainan Mintonette 4 tahun setelah James Naismith mendirikan Basketball. Ia juga adalah salah satu lulusan Springfield College of YMCA.

Baca juga:

Mengenal Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli
Source : Unsplash

Kalau ditelusuri lebih lanjut tentang permainan ini. Sebenarnya permainan Mintonette adalah permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan.

Lalu permainan apa saja yang digabungkan dalam satu permainan sehingga muncul permainan Mintonette? Olahraga permainan yang dikombinasikan itu antara lain baseball, tenis, bola basket, dan terakhir adalah bola tangan (handball).

Pada awalnya permainan ini dibuat tidak seaktif olahraga yang lain. Karena permainan ini diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi atau sudah tua.

Pada tahun 1896, nama Mintonette diubah menjadi volleyball (bola voli) pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA training school.

Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education training school juga ia dijadikan sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) pada awal tahun 1896 mengundang morgan dan menyuruhnya untuk mendeklarasikan permainan baru yang telah diciptakan tersebut di kampus yang baru.

Pada demonstrasi tersebut, di sebuah konferensi yang berada di kampus YMCA, springfield telah dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani yang ada di sana.

Pada kesempatan emas tersebut, Morgan akhirnya menerangkan kepada mereka dengan membawa 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5 orang untuk menjelaskan cara bermain bola voli.

Morgan menjelaskan kepada instruktur yang ada di tempat tersebut bahwa permainan yang telah ia ciptakan tersebut adalah permainan yang bisa dimainkan di luar ataupun  di dalam ruangan dengan sangat leluasa.

Dan Morgan menjelaskan juga, bahwa permainan ini bisa di mainkan oleh banyak pemain. Tidak ada yang membatasi atau standar jumlah pemain olahraga volleyball. Peraturan bola voli pada saat itu masih belum baku.

Baca juga:

Tujuan Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli
Source : Unsplash

Tujuan dari permainan ini adalah agar bola yang telah dipantulkan oleh salah satu pemain yang disebut dengan servis, harus bisa melewati net yang telah dibuat dan bola tersebut tidak boleh jatuh ke tanah.

Cara mendapatkan poin dari permainan ini adalah menjatuhkan bola yang telah di pantulkan di area tanah atau lapangan lawan. Maka kalau bola tersebut jatuh, tim yang telah menjatuhkan bola di daerah lawan mendapatkan poin. Itulah dia teknik permainan bola voli.

Baca Juga:

Asal Kelahiran Bola Voli

sejarah permainan bola voli
Source : Unsplash

Sebagaimana yang telah Pinhome jelaskan di atas, bahwa permainan bola voli lahir di negara Amerika Serikat, khususnya daerah Holyoke, Massachusetts.

Pertama kali lahir permainan ini dinamakan dengan Mintonette dan kemudian diubah menjadi bola voli atau volleyball. Pada awal kelahiran bola voli ini, pemain dari permainan ini masih tidak dibatasi atau bisa bermain dengan banyak orang.

Inti awal munculnya permainan ini adalah bisa menjatuhkan bola di area lapangan bola voli musuh. Dan agar bisa memenangkan permainan bola voli ini, maka salah satu tim harus bisa mempertahankan bola agar tidak jatuh ke tanah.

Penyebaran dan Perkembangan Bola Voli di Dunia

Setelah pertandingan demonstrasi di Kanada dan Kuba, bola voli mulai menyebar ke negara-negara lain di Amerika Tengah dan Selatan, serta Eropa. Organisasi nasional bola voli dibentuk di beberapa negara untuk mengatur permainan dan mengadakan turnamen.

Bola voli pertama kali menjadi cabang olahraga resmi dalam Olimpiade pada tahun 1964 di Tokyo, Jepang. Sejak itu, bola voli telah menjadi salah satu olahraga yang paling dinantikan dalam setiap Olimpiade.

Peraturan dan Format Permainan Bola Voli

Seperti pada olahraga umumnya, permainan bola voli juga memiliki peraturan dan format tertentu yang harus diikuti setiap pemain. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Dimensi Lapangan dan Net

Lapangan bola voli memiliki dimensi 18 meter x 9 meter untuk pertandingan indoor dan 16 meter x 8 meter untuk pertandingan pantai. Tinggi net juga berbeda untuk kedua format permainan, yaitu 2,43 meter untuk indoor dan 2,24 meter untuk pantai.

Jumlah Pemain dan Posisi

Setiap tim bola voli terdiri dari enam pemain. Pemain ditempatkan dalam posisi yang berbeda, seperti pemain depan, pemain tengah, dan pemain belakang. Tugas dan tanggung jawab pemain juga bervariasi tergantung pada posisi mereka di lapangan.

Cara Bermain dan Poin dalam Bola Voli

Permainan bola voli dimulai dengan servis, di mana pemain memukul bola ke lapangan lawan. Setiap tim diizinkan untuk memukul bola maksimal tiga kali sebelum mengirimnya kembali ke sisi lawan. Poin diberikan ketika bola menyentuh tanah di lapangan lawan atau tim lawan melakukan kesalahan sendiri.

Waktu Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli
Source : Unsplash

Kalau Pins melihat permainan sepakbola, maka Pins akan mengetahui bahwa permainan tersebut memiliki waktu yang dibatasi. Tapi berbeda dengan permainan bola voli, pada permainan ini tidak memiliki batasan waktu dalam bermain.

Penentuan pemenang dalam permainan bola voli adalah poin. Tim yang akan memenangkan permainan bola voli adalah ia yang lebih dulu mengumpulkan angka atau poin sebanyak 25 poin yang disebut dengan rally point.

Pertandingan dalam permainan bola voli bisa menang ketika ia sudah bisa menang dua set atau tiga set. Jadi penentuan bola voli itu ditentukan dengan sistem two winning set atau three winning set.

Baca Juga: Sejarah Berdiri Stadion Santiago Bernabeu (Real Madrid)

Induk Organisasi Nasional dan Internasional

Kalau FIFA adalah induk organisasi untuk sepakbola, maka olahraga bola voli juga memiliki induk internasional. Induk organisasi yang menaungi bola voli adalah FIVB atau Federation Internationale de Volleyball.

Organisasi tersebut adalah organisasi yang mengontrol seluruh bola voli yang ada di dunia. Organisasi tersebut berpusat di Lausanne, Switzerland.

Pada tahun 1947 FIVB didirikandi kota paris, perancis dengan presiden pertama Paul Libaud, warga negara perancis. Karena FIVB adalah organisasi, maka ia memiliki berbagai struktur administratif.

Struktur administratif itu diantaranya adalah komite eksekutif dan sejumlah komisi dewan yang mengurus hal-hal tersebut seperti wasit, turnamen, obat-obatan serta keuangan.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Begitupun indonesia menginduk ke FIVB. Akan tetapi organisasi yang memegang bola voli indonesia adalah PBVSI. PBVSI ini menginduk ke FIVB.

PBVSI adalah organisasi yang mengontrol bola voli di Indonesia. Sejarah bola voli di Indonesia didirikan pada tanggal 22 januari tahun 1955 di Jakarta. PBVSI berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Seperti halnya FIVB yang memiliki beberapa komite dan dewan pengurus, begitupun dengan PBVSI yang juga memiliki beberapa komisi atau bidang yang mengurus jenis permainan bola voli, pelatihan, turnamen, wasit juga perihal keuangan.

Nah itulah dia sejarah sampai organisasi yang membahas tentang permainan bola voli. Mudah-mudahan makalah bola voli  ini bisa bermanfaat ya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download