BlogLifestyleHobiUkuran Lapangan Voli Sesuai Standar Internasional
0
0

Ukuran Lapangan Voli Sesuai Standar Internasional

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Permainan bola voli merupakan jenis permainan yang termasuk permainan yang populer dan banyak digemari masyarakat terutama di Indonesia dan penjuru dunia. Jadi kita tidak heran jika permainan bola voli ini ada di berbagai turnamen seperti ajang Olimpiade, Sea Games, dan lain sebagainya. Namun, belum banyak yang mengetahui ukuran lapangan bola voli.

Ukuran lapangan voli memiliki ketentuan berdasarkan standar nasional atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dan standart internasional yang sesuai dengan Federation Internationale De Volleyball atau FIVB. Nah, berikut ini informasi mengenai ukuran lapangan voli beserta komponennya.

Bagi kamu yang menyukai olahraga bola voli. Sangat tepat jika memiliki rumah eksklusif dari Pinhome yaitu Vasa Jagakarsa. Perumahan di Jakarta Selatan ini memiliki akses olahraga yang lengkap salah satunya bola voli. Tidak hanya akses olahraga saja, Vasa Jagakarsa juga berada di posisi yang starategis sehingga memudahkan kamu untuk kemana-mana.

Baca juga:

Mengenal Permainan Bola Voli

lapangan voli
Source : VOI

Umumnya permainan bola voli terbagi dua yaitu bola voli di lapangan tertutup dan voli pantai. Keduanya memiliki kesamaan dalam aturan dasarnya, namun juga memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.

Voli biasa merupakan olahraga yang dimainkan di dalam gedung atau lapangan tertutup dengan tim yang terdiri dari enam pemain di setiap sisi. Tujuan utama dalam voli adalah memukul bola melintasi net untuk mencetak poin dengan cara menghindarkan bola dari jatuh di daerah lawan atau memanfaatkan kesalahan lawan.

Setiap tim boleh memukul bola tiga kali sebelum mengembalikannya ke sisi lawan. Dalam voli, permainan biasanya dimainkan dengan menggunakan bola voli dalam ukuran standar.

Sedangkan Voli pantai adalah variasi dari voli yang dimainkan di pantai atau pasir. Biasanya dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari dua pemain di setiap sisi, meskipun ada juga format dengan empat pemain. Permainan voli pantai memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan voli dalam gedung. Beberapa perbedaan aturan meliputi:

  • Setiap tim hanya diperbolehkan memukul bola tiga kali sebelum mengembalikannya ke sisi lawan.
  • Tidak ada rotasi pemain seperti dalam voli dalam gedung. Seorang pemain akan tetap berada di posisinya saat bermain sepanjang set.
  • Lapangan voli pantai lebih kecil dari lapangan voli dalam gedung, dan biasanya tidak ada batasan tinggi net.
  • Bola voli pantai biasanya lebih ringan dan lebih lunak daripada bola voli dalam gedung.

Selain perbedaan aturan, voli dan voli pantai juga memiliki perbedaan dalam gaya permainan. Voli pantai sering kali memerlukan keterampilan individual yang lebih kuat dalam penerimaan, penempatan, dan penyelesaian bola, sementara voli dalam gedung lebih mengandalkan kerja sama tim dan strategi taktis.

Secara keseluruhan, baik voli maupun voli pantai adalah olahraga yang menyenangkan dan memerlukan keterampilan teknis, kecepatan, dan kekuatan. Keduanya memiliki ciri khas sendiri dan menawarkan pengalaman bermain yang unik di lingkungan yang berbeda.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar

Source : Pinterest

Sesuai ketentuan dan peraturan yang ada, setiap lapang voli resmi harus memenuhi persyaratan baik dari ukuran lapanganya maupun fasilitasnya. Adapun untuk panjang dan lebar lapangan bola voli standar nasional dan internasionalnya, adalah sebagai berikut ini:

  1. Panjang lapangan bola voli: 18 m.
  2. Lebar lapangan bola voli: 9 m.
  3. Lebar garis lapangan: 5 cm.
  4. Panjang garis lapangan bola voli: 3 m.
  5. Daerah servis lapangan bola voli: 3 m.
  6. Luas lapangan bola voli: 162 meter² atau 18 m x 9 m.

Panjang dan lebar lapangan bola voli tersebut biasa digunakan dalam standar tingkat nasional maupun internasional. Jadi, tidak ada perbedaan antara ukuran lapangan voli di Indonesia maupun luar negeri karena memiliki standar dan ketentuan yang sama.

Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai

Untuk voli pantai, panjang dan lebar lapangan bola voli adalah berbeda sedikit. Dalam ukuran lapangan permainan bola voli pantai umumnya tidak memiliki garis 3 meter atau garis serang berbeda dengan permainan voli indoor.

  1. Lapangan permainan bola voli pantai : 16 m.
  2. Lebar perminan bola voli pantai : 8 m.
  3. Panjang net bola voli pantai : 8 sampai 50 m.
  4. Tinggi net bola voli pantai untuk putra : 2,43 m.
  5. Tinggi net bola voli pantai untuk putri : 2,42 m.

Baca juga: Voli Pantai dan Semua Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Ukuran Net Bola Voli

ukuran lapangan bola voli
Source : Pinterest

Sesuai standar nasional dan internasional, selain ukuran lapangan, ukuran net juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan standar Federation Internationale De Volleyball (FIVB). Untuk putra dan putri tinggi net sedikit berbeda. Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,43 m. Sedangkan untuk putri 2,24 m. Adapun ukuran net yang harus dipenuhinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk tim putra, tinggi net bola voli: 2,43 m.
  2. Untuk tim putri, tinggi net bola voli: 2,24 m.
  3. Lebar net bola voli: 1 m.
  4. Panjang net bola voli: 9 m.
  5. Tinggi net bola voli: 2,55 m.
  6. Jarak antara tiang net dengan garis tepi: 0,5 – 1 m.
  7. Tinggi antenna net bola voli: 80 cm di atas net
  8. Pita samping net bola voli: 5 cm (dengan panjang 1 meter)
  9. Ukuran mata jala net bola voli (berbentuk persegi): 10 cm (10 sentimeter)

Ukuran Bola Voli

Source : Pinterest

Setiap bola voli tentu memiliki ukuran tersendiri, seperti halnya dengan ukuran bola voli standar nasional bola voli biasa. Adapun ukuran bola voli standart Federation Internationale De Volleyball (FIVB), adalah sebagai berikut ini:

  1. Diameter bola: 18 – 20 cm
  2. Keliling bola: 65 – 67 cm
  3. Tekanan pada bola voli: “0.30 – 0.325 kg/cm² atau 294.3 – 318.82 atau 4.26 – 4.61 hPa/psi
  4. Berat bola : 260 – 280 gram

Semua ukuran dan ketentuan tersebut merupakan ukuran yang sudah di sesuaikan dengan standar nasionalnya yakni Federation Internationale De Volleyball (FIVB). Setelah memenuhi semua standar ini, barulah lapangan bola voli dapat digunakan untuk pertandingan resmi.

Baca juga: Jumlah Pemain Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

ukuran lapangan bola voli
Source : Pinterest

Ukuran lapangan bola voli mini memiliki ukuran yang berbeda dengan ukuran lapangan standar nasional karena hanya digunakan anak-anak. Memang ukuran lapangan bola voli mini terbilang lebih kecil dibanding ukuran lapangan standar nasional. Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,1 meter. Sedangkan untuk putri 2 meter. Adapun untuk ukuran lapangan voli mini adalah sebagai berikut ini:

  1. Tinggi net putra : 2,1 meter.
  2. Tinggi net putri : 2 meter.
  3. Panjang bola voli mini : 12 meter.
  4. Lebar bola voli mini : 6 meter.

Manfaat Bermain Bola Voli

Bermain bola voli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat bermain bola voli:

  1. Kesehatan jantung dan paru-paru: Bermain bola voli melibatkan gerakan aktif seperti lari, melompat, dan bergerak cepat, yang dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat sistem kardiovaskular dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Kebugaran fisik: Bermain bola voli melibatkan berbagai gerakan seperti melompat, memukul, dan bertahan dalam permainan yang dinamis. Ini membantu meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, kecepatan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Bermain bola voli secara teratur dapat membantu membangun dan mempertahankan kebugaran fisik yang baik.
  3. Pembakaran kalori: Aktivitas bermain bola voli membakar kalori. Berlari, melompat, dan bergerak aktif dalam permainan dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan.
  4. Koordinasi dan keterampilan motorik: Bermain bola voli melibatkan koordinasi antara mata, tangan, dan kaki, serta membutuhkan kemampuan motorik yang baik. Pukulan, penerimaan, dan pengaturan bola mengasah kemampuan koordinasi dan keterampilan motorik halus.
  5. Kerja tim dan komunikasi: Bola voli adalah olahraga tim yang membutuhkan kerja sama dan komunikasi yang baik antara pemain. Bermain bola voli dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan pemahaman tentang dinamika kelompok.
  6. Keterampilan mental: Bermain bola voli melibatkan pengambilan keputusan cepat, analisis situasi, dan penyesuaian strategi. Ini membantu melatih kemampuan berpikir cepat, konsentrasi, fokus, dan pemecahan masalah.
  7. Kesenangan dan relaksasi: Bermain bola voli adalah kegiatan yang menyenangkan dan sosial. Ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan rekan tim dan pemain lainnya.
  8. Perkembangan sosial: Bermain bola voli dalam tim membantu dalam pembentukan hubungan sosial, membangun persahabatan, dan meningkatkan keterampilan sosial. Ini juga memberikan kesempatan untuk belajar tentang kerja tim, kepemimpinan, dan menghormati aturan permainan.

Jadi, bermain bola voli tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan dan pengembangan diri yang beragam.

Demikian informasi mengenai ukuran lapangan bola voli. Penting untuk Pins mengetahui ukuran standar lapangan tersebut apabila ingin menjadi pemain bola voli. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 Gaya Renang Beserta Teknik Dasar yang Bisa Kamu Pelajari


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download