BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Mengatasi Listrik Mati Hidup Sendiri dan Penyebabnya!
0
0

Cara Mengatasi Listrik Mati Hidup Sendiri dan Penyebabnya!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 18, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Karena ini berkaitan dengan banyak perangkat elektronik di dalam rumah, mengatasi listrik mati hidup sendiri harus dilakukan dengan hati-hati. Penghuni rumah sering menghadapi masalah listrik, seperti MCB yang sering turun, meteran listrik yang memiliki tulisan periksa, ataulistrik mati hidup sendirii. Tentu saja, hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terutama hal ini karena sebagian besar alat elektronik di rumah bergantung pada listrik. Sebagai contoh, jika listrik tiba-tiba mati dan sedang menyaksikan film di TV atau mengerjakan tugas di komputer, itu pasti sangat mengganggu, bukan? Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi listrik mati hidup. Berikut ini adalah cara yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mengatasi listrik mati hidup sendiri, serta penyebabnya!

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Cara Mengatasi

Source : Pixabay

Berikut adalah cara atasi mati listrik dan hidup sendiri.

1. Pastikan Kabel Listrik Rumah Diperiksa

Langkah pertama adalah memeriksa kabel listrik rumah. Jadi, tidak menutup kemungkinan ada masalah dengan kabel atau kabel yang terbakar. Kabel yang terbakar dapat menyebabkan saluran tidak terdistribusi dengan baik, menyebabkan listrik mati hidup sendiri. Oleh karena itu, listrik kabel yang rusak atau terbakar dengan hati-hati, tetapi jika ada pertanyaan, hubungi tukang yang berpengalaman. Membiarkan kabel listrik terbakar dapat menyebabkan dampak buruk dan kebakaran.

2. Periksa Stop Kontak

Stop kontak yang korslet dapat menyebabkan masalah listrik mati kemudian hidup atau nyala kembali. Jadi, periksa semua stop kontak di rumah dengan hati-hati. Kerusakan stop kontak dapat berakibat fatal, meskipun terlihat kecil. Multitester juga dapat digunakan untuk mengukur kualitas kabel listrik yang terhubung ke stop kontak. Segera ganti kabel stop kontak baru jika ditemukan kerusakan atau terjadi korslet.

3. Sewa Jasa Tukang Listrik Profesional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada kemungkinan bahwa mengatasi listrik mati hidup secara mandiri adalah hasil dari hal-hal yang tidak diketahui tentang kelistrikan. Oleh karena itu, memanggil jasa tukang listrik profesional untuk lebih aman. Selain lebih aman, tukang listrik yang berpengalaman biasanya lebih tahu titik-titik potensial yang menyebabkan listrik bisa mati.

Penyebab

Berikut penyebab listrik mati hidup:

1. Meteran kWh MCB Sudah Rusak

Source : Pixabay

MCB kWh meter yang rusak dapat menjadi penyebab listrik mati hidup. Kerusakan MCB biasanya disebabkan oleh kondisi yang melemah akibat penggunaan yang lama. Akibatnya, kualitasnya, daya tahannya, dan kemampuannya semuanya menurun, termasuk komponen mekanisnya. Namun, harus segera memberi tahu petugas PLN jika MCB rusak untuk perbaikan atau penggantian.

2. Korslet Elektronik Device

Perangkat elektronik yang rusak juga dapat menjadi penyebab listrik mati hidup. Oleh karena itu, sangat mungkin beberapa perangkat mengalami kerusakan kecil yang mengganggu kelistrikan rumah, jadi pastikan untuk memeriksa semua alat elektronik di rumah. Jika barang elektronik sudah melebihi batas waktu tertentu, segera gantinya dengan yang baru atau konsultasikan dengan tukang yang khusus menangani barang elektronik.

3. Terbakarnya Kabel L dan N

Source : Pixabay

Untuk mengetahui apakah kabel L dan N terbakar adalah penyebab listrik hidup mati sendiri, pengecekan harus dilakukan secara teratur. Arti kabel listrik L menunjukkan muatan positif (+), dan arti N menunjukkan muatan negatif (-). Karena kabel L dan N bertemu di satu tembok dalam perkabelan ini, biasanya meteran listrik mati hidup sendiri.

4. Instalasi Listrik yang Mengalami Masalah

Source : Pixabay

Ada kemungkinan bahwa listrik mati hidup sendiri disebabkan oleh instalasi listrik yang bermasalah. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan pengecekan atau perbaikan dengan menghubungi profesional atau mengadu ke PLN jika terdapat indikasi instalasi listrik rumah yang tidak normal.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara paling mudah untuk mengatasi listrik mati hidup sendiri adalah dengan memeriksa listrik kabel rumah, memeriksa stop kontak, dan memanggil jasa tukang listrik profesional atau mengadu ke PLN.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  • Kenapa listrik sering mati hidup sendiri? Listrik mati hidup sendiri biasanya disebabkan oleh MCB kWh meter yang telah rusak atau adanya perangkat elektronik korslet.
  • Apa yang harus dilakukan jika meteran listrik error? Hubungi pihak PLN untuk mengatasinya, kamu bisa menghubungi call center PLN 123.
  • Kenapa token listrik tiba-tiba mati? Penyebab token listrik mati umumnya karena terjadi korsleting.

Itulah cara mengatasi listrik mati hidup sendiri dan penyebabnya yang perlu diketahui Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download