BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Menata Rumah untuk Open House Agar Lebih Luas
0
0

6 Cara Menata Rumah untuk Open House Agar Lebih Luas

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 18, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sambil mempersiapkan diri untuk Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah, mari kita bersiap untuk open house Lebaran! Sudah ada pakaian baru dan makanan, dan sekarang tinggal menata ruang agar terlihat lebih besar. Konon katanya, open house Lebaran identik diadakan di rumah besar dan megah yang dapat menampung banyak orang. Berikut cara menata rumah untuk open house yang harus kamu tiru!

Namun, itu semua tidak benar. Semua orang memiliki hak dan kebebasan untuk mengadakan open house untuk Lebaran, tanpa memandang ukuran rumah mereka. Pemilik rumah minimalis berukuran kecil, bagaimanapun, harus memperhatikan satu hal. Ya, elemen ini berkaitan dengan menata ruang agar terlihat lebih luas. Tidak sulit untuk melakukannya, bukan? Simak strategi rahasia berikut.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Tips Menata Rumah Jelang Open House Lebaran

Berikut ini tips-tips cara menata rumah untuk open house ya, Pins!

 1. Memilih Furniture yang Tepat

Source : Pixabay

Atur perabotan rumah dengan ukuran yang sebanding dengan hunin mini. Misalkan saat berada di ruang tamu. Jika memilih sofa yang besar dan tebal, terutama jika warnanya gelap, akan menghasilkan tampilan yang tidak jelas. Kemudian beranjak ke ruang tengah, di mana TV berukuran besar dengan banyak pernak-pernik memenuhi area sekitarnya. Di ruang makan juga ada meja ukuran besar yang membuat sulit untuk bergerak. Pemilihan perabotan yang disesuaikan dengan ukuran adalah salah satu alasan rumah ukuran kecil tampak sempit.

Untuk membuat ruangan yang lebih luas terlihat lebih besar, pastikan untuk memilih perabotan berukuran kecil. Selain menggunakan perabotan kecil, jangan lupa untuk memperhatikan apa yang telah menampuk di sekitar. Untuk mengirit ruangan, dapat memakai perabotan multifungsi. Lemari buku dan rak TV yang umum terlihat adalah contoh perabotan multifungsi. Pastikan perabotan tidak terlalu dekat dengan tembok. Ini dilakukan agar cahaya dari luar dapat melewati celah di antara dinding dan perabotan.

2. Singkirkan Barang-Barang Tak Penting

Barang-barang di dalam rumah akan semakin menumpuk. Misalnya, ketika ada perangkat komputer yang rusak dan tidak memindahkannya ke tempat lain. Sampai akhirnya, akan kewalahan sendiri bagaimana mendesain rumah untuk open house Lebaran! Mengangkut barang-barang ke kamar atau area pribadi lainnya dengan perlahan.

Intinya, letakkan di tempat yang tidak dapat dilihat oleh tamu open house Lebaran. Jika ada lebih banyak waktu, syukur-syukur sempat untuk menyusun semua dan menyimpannya di gudang. Jika gudang masih penuh, harus membuangnya atau menjualnya ke tempat barang bekas. Ingatlah bahwa rumah yang kotor dapat menyebabkan stres dan ketidaknyamanan saat tidur.

3. Cat Ruangan dengan Warna Cerah

Source : Pixabay

Solusi untuk membuat rumah tampak lebih luas selama open house Lebaran adalah mengecat ruangan dengan warna cerah. Di sisi lain, cat berwarna cerah memantulkan cahaya dengan baik, yang membuat ruangan terlihat lebih lapang dan terbuka. Tidak seperti cat gelap yang menyerap cahaya dan membuat ruangan terlihat sempit. Pilih beberapa warna cerah dan menarik untuk dipasang di tembok rumah. Biasanya orang menggunakan warna putih, biru muda, atau cat kuning, yang sekarang menjadi tren.

Warna cerah akan menciptakan suasana yang segar dan tidak pengap, selain menjadikannya kesan luas. Sekali lagi, karena cat warna cerah dapat memantulkan cahaya matahari ke dalam ruangan. Menaruh cermin di dinding dapat mendukung situasi ini juga. Faktanya cermin memiliki kemampuan untuk memantulkan gambar ruangan yang lebih besar. Tentu saja, cermin dan cat warna cerah dapat menjadi kombinasi yang menarik.

4. Optimalkan Asupan Cahaya Matahari

Source : Pixabay

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, cat berwarna cerah dapat mengesankan ruangan yang lebih luas karena mereka memantulkan cahaya matahari dengan baik. Tidak diragukan lagi, ruangan gelap akan menciptakan suasana suram dan sempit di dalam rumah. Oleh karena itu, pastikan bahwa kisi-kisi rumah dan jendela rumah memungkinkan cahaya matahari masuk dengan bebas.

Saat open house Lebaran tiba, pastikan untuk membuka semua jendela. Rumah tidak perlu dibuka secara lebar; yang penting adalah cahaya dan udara dapat masuk. Selain itu, gunakan tirai penutup jendela yang terbuat dari bahan tipis dan transparan. Metode ini sangat efektif untuk membuat area rumah tampak lebih luas, segar, dan nyaman.

5. Tambah Dekorasi Pernak-pernik Khas Lebaran

Source : Pixabay

Setelah kondisi rumah lebih siap untuk open house Lebaran, jadi sekarang saatnya memikirkan dekorasi tematik yang sesuai dengan Hari Raya Idulfitri. Untuk memulai, gunakan permadani, atau karpet dengan motif khas Timur Tengah. Jika karpet jenis ini tidak tersedia, motif lain juga dapat digunakan.

Menggabungkan karya seni seperti bungkus ketupat yang digantung di seluruh ruangan, bisa menjadi cara yang bagus untuk mempercantik dekorasi open house Lebaran. Hal sederhana ini, bersama dengan motif bantal kursi yang menarik, bunga di meja, dan pengharum ruangan, sudah cukup untuk membuat open house menjadi lebih menarik.

Itulah dia cara menata rumah untuk open house, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download