BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Penutup Lantai Rumah dan Tips Memilihnya
0
0

7 Jenis Penutup Lantai Rumah dan Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
penutup lantaitop-right-banner

Pins sedang ingin memabangun rumah dan memasang lantai agar rumah kian cantik? Perhatikan beberapa hal dulu sebelum melakukannya, termasuk untuk pemilihan penutup lantai.

Pada artikel kali ini Pinhome akan membahas tentang cara memilih penutup lantai, serta memilih material yang tepat. Simak baik-baik ya, Pins!

Baca juga: Tips Perawatan Lantai Kayu Dirumah

Cara Memilih Penutup Lantai

Hal-hal yang biasanya dipertimbangkan dalam memilih bagaimana penutup lantai rumah nantinya antara lain:

  • Warna lantai.
  • Pola lantai.
  • Jenis material lantai.
  • Harga material lantai.
  • Ketersediaan bahan.
  • Kemudahan dalam perawatan.
  • Kondisi lantai yang akan dipasang.

Baca juga: Lantai Semen Kekurangan dan Kelebihannya yang Harus Kamu Ketahui

Memilih Material Penutup Lantai

penutup lantai
Source : Shutterstock

Pemilihan material penutup lantai rumah terdapat berbagai macam alternatif yang dapat digunakan, antara lain:

  • Lantai Keramik.
  • Lantai Granit.
  • Lantai Marmer.
  • Lantai Screed finish aci.
  • Lantai tanah dipadatkan.
  • Lantai Karpet.
  • Lantai parquet ( pola kayu).
  • Lantai Multriplek.
  • Lantai Vinyl.
  • Lantai cor beton.
  • Lantai profil baja.
  • Lantai batu bata.
  • Lantai batu alam.
  • Lantai plastik.
  • Lantai paving block.

Baca juga: Mengapa Vinyl Adalah Material Paling Favorit untuk Lantai? Ini Dia Penjelasan Detailnya!

Selain material lantai yang disebutkan di atas tentunya masih banyak lagi jenis lainya baik yang sudah ada maupun penemuan terbaru hasil perkembangan teknologi.

Berbagai material lantai tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan suasana yang akan ditampilkan pada sebuah ruangan.

Misalnya sebuah rumah yang bertema alam akan lebih baik jika menggunakan penutup lantai batu alam, lantai tanah dipadatkan, lantai parquet motif kayu. Sedangkan pada rumah dengan tema modern akan lebih baik menggunakan penutup lantai keramik, granit, marmer dan lainnya.

Selain mempertimbangkan dari aspek keindahan, penutup lantai juga harus mempertimbangkan dari segi kemudahan dalam perawatan dan pembersihan.

Misalnya pada area luar rumah akan lebih baik untuk menggunakan material penutup lantai yang tahan terhadap air contohnya paving block, atau cor beton. Sedangkan pada area dalam rumah dapat menggunakan material penutup lantai dari jenis keramik, granit, atau marmer.

Baca juga: Berbagai Ukuran Keramik Lantai dan Fungsinya

penutup lantai
Source : Shutterstock

Setelah berhasil memilih material lantai yang akan digunakan maka tahap selanjutnya adalah menentukan apakah nantinya material tersebut dipasang dalam posisi standar atau dengan pola-pola tertentu, baik berupa satu jenis material, maupun penggabungan beberapa jenis material menjadi satu kesatuan.

Dalam masalah ini pola lantai sebaiknya digunakan pada area publik atau ramai agar memberikan nuansa semangat atau keramaian.

Sedangkan pada area tertentu seperti ruang tidur, ruang belajar yang membutuhkan ketenangan maka lebih baik dipasang tanpa motif sehingga timbul suasana tenang dan sejuk.

Jenis Penutup Lantai

Ada cukup banyak jenis pentutup lantai yang bisa Pins gunkana untuk mempercantik rumah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Lantai Keramik

Source : HyprowiraAdhitama

Penutup lantai yang paling umum digunakan adalah keramik. Pasalnya, keramik memiliki beragam motif, warna, ukuran dan tekstur.

Bukan hanya itu, keramik biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Lantai jenis ini juga sangat baik dalam menyerap panas sehingga ruangan di rumah kamu bisa sejuk.

Lantai Kayu

Source : Kumparan

Jenis lantai yang satu ini cocok untuk kamu yang suka dengan kesan natural di dalam rumah. Ada dua jenis lantai kayu yang bisa kamu pilih.

Jenis pertama adalah lantai parket yang adalah kepik kayu setelah dipres dan dibuat mengunci satu sama yang lain. Sedangkan, jenis kedua adalah lantai kayu laminating. Jenis ini adalah kayu yang permukaanya adalah hasil dari printing.

Lantai Granit

Source : Kompas

Keunggulan lantai yang satu ini adalah sifatnya yang tahan lama dengan daya serap air yang kecil. Ini membuat granit lebih padat dan kuat dibandingkan keramik.

Namun begitu, memang harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan keramik. Masalah varias pun, granit menawarkan berbagai jenis motif dan warna yang Pins pilih sesuai selera.

Lantai Tegel

Source : Kompas

Jenis lantai ini umumnya bisa ditemui di banyak resto, kafe dan bangunan lain yang bergaya vintage. Pasalnya, jenis tegel merupakan awal mula dari penutup lantai modern yang sempat ditinggalkan.

Lantai tegel sendiri terbuat dari campuran semen dan pasir. Selain itu, tegel memiliki variasi wanra yang bisa kamu pilih dengan selera kamu.

Lantai Marmer

Source : Clean N Fresh

Marmer biasanya memiliki ukuran yang besar sebagai bahan lantai. Motif dan warnanya sangat beragam dan cantik sehingga cocok untuk kamu aplikasikan di banyak ruangan. Kualitasnya yang unggul membuat harganya pun cukup mahal. Jadi, Pins pertimbangkan dengan baik ya!

Lantai Plester

Source : Tribun

Plester sangat menguntunkan karena harganya yang cukup terjangkau. Kamu harus bisa mengaci permukaan lantai hingga halus dan jmemolesnya dengan baik agar mengkilap.

Konsep tema desain industrial merupakan salah satu yang banyak menggunakan bahan lantai plester sehingga mendapatkan nuansa desain yang diinginkan.

Lantai Karpet

Source : Decorindo Perkasa

Jenis lantai ini sebenarnya belum lazim digunakan karena perawatannya yang tidak mudah. Mengapa demikian? Karena Pins akan kesulitan dalam membersihkannya. Ini dikarenakan sifat lantai karpet yang sangat mudah dihinggapi oleh kotoran dan debu.

Baca juga: 

Demikian tips dalam memilih penutup lantai dan beberapa jenisnya yang bisa kamu pilih untuk mempercantik ruangan di rumah kamu. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download