BlogLifestyleEdukasi49 Seniman dan Pelukis Terkenal di Dunia & Hasil Karyanya
0
0

49 Seniman dan Pelukis Terkenal di Dunia & Hasil Karyanya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 5, 2023

23 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Seni melukis memang tidak mudah dipelajari karena para pelukis harus memikirkan aliran apa yang akan dibuat. Dalam dunia seni lukis terdapat banyak aliran-aliran, misal aliran romantisme, realisme, surealisme, dan lainya. Walaupun begitu ada banyak sekali pelukis terkenal di dunia yang karyanya bernilai tinggi karena kemampuan melukisnya.

Sama halnya Rumah Ekslusif dari Pinhome seperti Bukit Tamphayan dan Daun Village yang memiliki arsitektur unik dan fungsional. Aplikasi Pinhome juga mampu memberikan informasi rumah second di Kab Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi.

Pelukis Terkenal di Dunia

Hasil karya pelukis terkenal di dunia tak jarang bisa bernilai hingga triliunan. Karyanya menjadi incaran banyak orang dan didokumentasikan ke berbagai buku seni. Berikut beberapa pelukis terkenal di dunia yang bisa kamu temukan dalam artikel ini termasuk pelukis terkenal Indonesia.

1. Titian

Titian
Source : Kumparan

Titian merupakan seorang pelukis terkenal di dunia yang hasil karyanya membuat siapapun menjadi terpukau. Karya-karya Titian memiliki aliran duniawi, seksual, dan mitologi. Selain itu salah satu hasil karyanya yang paling terkenal yakni Venus of Urbino menggambarkan tentang dewi Venus. Lukisan Venus of Urbino tersebut menggambarkan tentang seorang perempuan yang sedang tidur di kursi dan tidak memakai pakaian.

Baca juga:

2. Pablo Picasso

Pablo Picasso
Source : Aleteia

Pelukis Pablo Picasso merupakan pelukis asal Spanyol. Pelukis terkenal di dunia ini memiliki aliran Cubist modern. Dalam karya seni Pablo Picasso ada 3 hasil lukisan yang sangat terkenal seperti The Weeping woman, Les Demoiselles d’Avignon, dan Guernica.

3. Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci
Source : Medium

Lukisan Monalisa adalah salah satu lukisan yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci asal Italia. Dari sepanjang hidupnya pada tahun 1452 hingga 1519, Leonardo Da Vinci sudah banyak membuat lukisan seperti The Last Supper, The vitruvian Man, dan Lady with An Ermine.

4. Michelangelo

Michelangelo
Source : Kompas

Michelangelo juga dikenal sebagai pematung dan arsitek. Pada Ilustrasi cerita alkitab yang terdapat di langit-langit Sistine Chapel di Vatican merupakan salah satu hasil karyanya yang terbesar. Karya tersebut diciptakan berdasarkan dasar-dasar pada alkitab yang menceritakan tentang kejadian dimana awal mulanya terciptanya manusia dan dunia.

5. Rembrandt

Rembrandt
Source : Wikipedia

Pelukis Rembrandt berasal dari Belanda yang hidupnya di era tahun 1606 hingga 1669. Hasil seninya menggambarkan tentang perpaduan cahaya dan bayangan. Lukisannya menggambarkan tentang sisi terang dan sisi gelap pada seseorang pelukis dalam menjalani hidupnya. Gaya lukis Rembrandt memang hampir mirip dengan Titian. Lukisan yang paling dikenal miliknya adalah The Jewish Bride.

6. Raphael

Raphael
Source : Kompas

Raphael merupakan orang yang pertama kali merespon lukisan Monalisa milik Leonardo Da Vinci. Sebagian orang menyatakan bahwa pencapaian karya lukis Raphael melebihi dari hasil karya Leonardo. Dari beberapa lukisan Raphael yang sangat terkenal yakni Portrait of Maddalena Doni, Mond Crucifixion, dan Wedding of The Virgin.

7. Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh
Source : Wallpaper Flare

Pada tahun 1853-1890 pelukis Vincent Van Gogh sangat terkenal dengan berbagai hasil karyanya. Aliran yang dibuatnya adalah impresionis. Lukisan Vincent Van Gogh yang paling terkenal yakni Sunflowers.

Baca juga:

8. Masaccio

Source : Wikipedia

Karya lukisan Masaccio menggunakan hukum ilmu perspektif. Masaccio meninggal dunia ketika menginjak umur 26 tahun, saat itu ia sedang mengerjakan karyanya yang bertema Brancacci Chapel Frescoes of The Life os St Peter. Meskipun Masaccio meninggal pada usia muda namun karyanya masih dikenal hingga kini seperti Brancacci Chapel, Pisa Altarpiece, dan Holy Trinity.

9. Paul Cezanne

Paul Cezanne
Source : Wikipedia

Cezanne is the father of us all merupakan sebuah gelar yang diberikan khusus untuk Paul sebagai tanda penghargaan atas karyanya yang sangat luar biasa. Karya Paul yang paling terkenal adalah Mont Sainte-Victoire seen from Bellevue.

10. Giotto Di Bondone

Giotto Di Bondone
Source : Wikipedia

Pelukis Giotto Di Bondone memiliki aliran yang disebutnya dengan Byzantine. Selain dikenal seorang pelukis, Giotto Di Bondone juga terkenal sebagai arsitek. Karyanya yang paling terkenal yakni Scrovegni Chapel Frescoes dan Campanile.

11. Claude Monet

Claude Monet
Source : Wikipedia

Pelukis Claude Monet terkenal dengan hasil lukisannya berupa karikatur-karikatur charcoal. Ia meninggal pada umur 86 tahun dan hasil lukisan Monet yang paling terkenal adalah A Path In Monet’s Garden at Giverny.

12. Salvador Dali

Salvador Dali
Source : Pxfuel

Karya Salvador Dali yang paling terkenal berjudul The Persistence of Memory. Karyanya saat ini ditampilkan di Museum of Modern Art di New York City (Amerika Serikat).

13. Rembrandt Van Rijn

Rembrandt Van Rijn
Source : Pxfuel

Pelukis Rembrandt Van Rijn telah menghasilkan karya lebih dari 6000 lukisan dan diperkirakan 60 karyanya adalah sebuah lukisan potret. Lukisan Rembrandt yang paling terkenal yakni tentang penjaga malam. Pada lukisan tersebut menggambarkan tentang penjaga malam di Amsterdam (Belanda).

Baca juga:

14. Wassily Kandinsky

Wassily Kandinsky
Source : Pinterest

Wassily merupakan pelukis bergaya abstrak dan sering memakai gaya geometris. Selain itu untuk komposisi lukisan Wassily mempunyai garis yang unik dan kompleks. The Blue Rider adalah salah satu karyanya yang paling terkenal.

15. Henri Matisse

Henri Matisse
Source : Wikipedia

Henri matisse merupakan pelukis yang sangat terkenal menggunakan warna-warna cerah, penggunaan bentuk datar, serta paduan garis yang sangat terkontrol. Hasil karyanya yang paling terkenal adalah The Goldfish.

16. Pierre Auguste Renoir

Pierre Aguste Renoir
Source : Wikipedia

Pierre Auguste Renoir merupakan pelukis terkenal asal Perancis. Karyanya yang paling terkenal adalah Bal Au Muolin de la Gallete dengan harga 1,48 triliun rupiah. Pada lukisan tersebut digambarkan kebiasaan seorang warga Paris yang biasa menghabiskan waktu dengan cara berdansa, minum, dan memakan makanan khas Perancis yakni Gallete di sore hari.

17. Gustav Klimt

Gustav Klimt
Source : Pinterest

Karya Gustav Klimt yang paling terkenal berjudul Adele Bloch Bauer. Kala itu karya tersebut dapat terjual dengan harga 1,63 triliun rupiah yang dibeli langsung oleh Ronald Lauder asal New York City. Sedangkan untuk aliran lukisanya adalah simbolisme.

18. Edvard Munch

Edvard Munch
Source : Wikimedia Commons

Edvard munch merupakan pelukis yang terkenal dengan karyanya beraliran ekspresionisme. Karyanya yang paling terkenal adalah The Scream yang mengisahkan tentang seseorang yang ketakutan hingga menjerit-jerit dengan latar belakang cakrawala dan berwarna merah darah serta memiliki aura kegelapan.

19. Willem De Kooning

Willem De Kooning
Source : Gagosian

Willem De Kooning merupakan pelukis asal (AS) dengan gaya aliran ekspresionis abstrak. Willem termasuk bagian dari kelompok pelukis New York yang disebut dengan New York School. Aliran lukisnya adalah ekspresionis dan karyanya yang paling terkenal ialah Woman III yang terjual dengan harga 1,67 triliun rupiah berukuran 1,7 m x 1,2 m.

Baca juga:

Pelukis Terkenal di Indonesia

Indonesia sendiri juga sudah banyak bermunculan pelukis-pelukis handal dan terkenal dengan gaya aliran masing-masing. Berikut adalah daftar 10 pelukis terkenal di Indonesia beserta biografi singkatnya:

20. Affandi

Affandi
Source : Notepam

Affandi merupakan pelukis asal Indonesia yang menganut aliran abstrak. Ia merupakan seorang pelukis yang sangat produktif, dimana telah menciptakan lebih dari 2000 lukisan dan sudah tersebar diseluruh pelosok dunia.

21. Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

Abdullah Suriosubroto
Source : Serupa

Abdullah Suriosubroto lahir di Semarang pada tahun 1878. Ia adalah anak angkat dari Dr. Wahidin Sudirohusodo yakni seorang Tokoh Gerakan Nasional Indonesia. Beliau biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya di Bandung. Tujuannya agar bisa lebih dekat dengan pemandangan alam, sebelum akhirnya pindah ke Yogyakarta dan meninggal di tahun 1941.

22. Agus Djaya (1913-1994)

Agus Djaya adalah pelukis keturunan bangsawan yang lahir di Banten pada tanggal 1 April 1913 dengan nama asli Raden Agus Djaja Suminta. Setelah lulus dari pendidikan Indonesia Agus Djaja melanjutkan belajarnya di sebuah Akademi Rijks (Academy of Fine Art) Amsterdam (Belanda).

23. Barli Sasmitawinata (1921-2007)

Barli Sasmitawinata adalah maestro seni lukis realis kebanggaan asal Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 18 Maret 1921 di Bandung dan wafat pada tanggal 8 Februari 2007. Barli mulai terjun dalam dunia seni lukisnya pada tahun 1935. Kala itu kakak iparnya menginginkan beliau belajar melukis di sebuah studio milik Jos Pluimentz, yakni pelukis asal Belgia yang dulunya sempat tinggal di Bandung.

24. Basuki Abdullah (1915-1993)

Pelukis basuki Abdullah
Source : Medcomm

Basuki Abdullah adalah pelukis potret yang lahir di Surakarta pada tanggal 25 januari 1915 dan wafat pada tanggal 5 November 1993. Beliau memiliki aliran realis dan naturalis. Basuki Abdullah pernah diangkat sebagai pelukis Istana Kerajaan Thailand pada tahun 1960-an.

25. Delsy Syamsumar (1935-2001)

Multitalenta, sebutan yang pantas untuk menggambarkan seorang pelukis asal Indonesia ini bernama Delsy Syamsumar. Ia digadang-gadang sebagai seniman terbaik se-Asia Tenggara. Selain melukis beliau juga terkenal sebagai seorang komikus, illustrator, desainer. Delsy Syamsumar pernah memenangkan penghargaan Art Director melalui filmnya yang bertema “Holiday in Bali” dengan sutradara H. Usman Ismail dalam ajang Festival Film di Tokyo tahun 1962.

Baca juga:

26. Hendra Gunawan

Hendra Gunawan adalah pelukis yang lahir pada tangga, 11 Juni 1918 di Bandung dan wafat pada tanggal 17 Juli 1983 di Bali. Beliau merupakan anak dari Raden Pawiranegara dan Raden Odah Tejaningsih.

27. Henk Ngantung

Henk Ngantung dikenalnya dengan Hendrik Hermanus Joel Ngantung yakni pelukis yang lahir pada tanggal 1 Maret 1921 di Manado. Beliau wafat pada tanggal 12 Desember 1991. Henk Ngantung adalah salah satu wakil gubernur pada tahun 1960-1964, dan sempat menjadi gubernur Jakarta pada tahun 1964-1965.

Henk Ngantung pernah belajar dari sebuah pendidikan non formal bersama Chairil Anwar dan Asrul Sani. Beliau pernah ditunjuk langsung oleh Presiden Soekarno untuk menjadi gubernur agar Jakarta dapat menjadi kota budaya.

28. I.B. Said

I.B. Said lahir pada tanggal 28 Agustus 1934 dan pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk melukis para tamu undangan negara yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 300 wajah. Tamu yang pertama beliau lukis adalah Presiden Tiongkok yakni Liu Shaoqi pada tahun 1963. Tamu terakhir adalah Presiden Iran bernama Mahmoud Ahmadinejad pada tahun 2006.

Seniman Terkenal dari Yogyakarta

Yogyakarta juga memiliki banyak seniman terkemuka di bidang seni lukis. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

29. Nyi Tjondrolukito

Nyi Tjondrolukito
Source : Basa Basi

Nyi Tjondrolukito adalah pesinden dalam genre gamelan Jawa gaya Yogyakarta. Namanya menjadi melegenda dalam kesenian Jawa ketika memasuki abad ke-20. Beliau lahir di Sinduadi, Sleman, Yogyakarta, pada tanggal 20 April 1920 dan wafat di Jakarta pada bulan November 1997.

30. Bagong Kussudiardja

Bagong Kussudiardja
Source : IDN Times

Bagong Kussudiardja merupakan koreografer sekaligus seorang pelukis yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1928. Beliau juga mendirikan padepokan yang didirikan pada tanggal 5 Maret 1958 hingga kini menjadi Pusat Latihan Tari (PLT). Bagong merupakan salah satu perintis seni lukis batik kontemporer dan terlibat dalam beberapa film seperti “Kugapai Cintamu”.

Baca juga:

31. Hendra Cipta

Hendra Cipta adalah aktor kawakan yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Oktober 1947. Nama beliau menjadi melambung ketika turut dalam film “Mei Lan, atau Aku Cinta Padamu” yang diperankan juga oleh aktris Eva Devi. Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih sekitar 38 film dan 15 judul sinetron pernah Beliau buat. Hendra Cipta meninggal pada tanggal 24 September 2011.

32. Linus Suryadi AG

Linus Suryadi AG merupakan penyair dan budayawan yang lahir di Yogyakarta pada tanggal, 3 Maret 1951. Telah terkumpul 11 puisi yang telah beliau ciptakan beserta karya terjemahannya. Linus meninggal di Yogyakarta pada tanggal 30 Juli 1999.

33. Butet Kertaradjasa

Butet Kertaradjasa merupakan pemain teater dan pelawak yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 21 November 1961. Beliau merupakan anak dari Bagong Kussudiardja. Selain itu butet juga tercatat pernah bergabung dengan Teater Kita-Kita di tahun 1977, Teater SSRI di tahun 1978-1981. Ia juga pernah bergabung dengan Sanggar bambu tahun 1978-1981, Teater Dinasti tahun 1982-1985, Teater Gandrik tahun 1985-sekarang.

34. Djaduk Ferianto

Djaduk Ferianto merupakan aktor musik yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 19 juli 1964. Dalam bermusik, beliau lebih fokus pada penggalian musik-musik tradisional. Selain itu kelompok rheze yang didirikannya pernah dinobatkan sebagai Juara I Musik Humor Tingkat Nasional. Djaduk juga pernah terlibat dalam film Petualangan Sherina tahun 2000-an, Koper tahun 2006, Jagad X Code tahun 2009, dan Cewek Saweran tahun 2011.

35. Garin Nugroho

Garin Nugroho merupakan seorang sutradara dan produser film terkenal yang lahir pada 6 Juni 1961 di Yogyakarta. Sudah ada 23 film dan berbagai penghargaan diraihnya di antaranya:

  • Film Cinta dalam Sepotong Roti dalam Festival Film Asia Pasifik di tahun 1992
  • Film paling baik Se-Asia di Ocean Cinefan pada sebuah Festival ke-7 melalui sebuah film”Rindu Kami Padamu

36. Eross Candra

Eross Candra merupakan pemusik dari group Sheila on 7 asal Yogyakarta. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1979 dan bersama Sheila on 7 sudah menciptakan 10 album. Eross pernah terlibat dalam beberapa film diantaranya film Tak Biasa tahun 2004, 30 Hari Mencari Cinta tahun 2004, dan Tanda Tanya tahun 2012.

37. Noe Letto

Noe Letto merupakan seniman musik yang lahir dengan nama asli Sabrang Mowo Damar Panuluh di Yogyakarta pada tanggal 10 Juni 1979. Noe adalah anak pertama dari seorang budayawan yakni Emha Ainun Najib dengan Neneng Suryaningsih. Pada 2004, Noe membentuk grup bernama Letto setelah ditawari oleh Musica. Sampai sekarang Noe telah berhasil menciptakan 4 album yang digarap bersama Letto.

38. Pongki Barata

Pongki Barata, seorang musikus dari keluarga Yogyakarta yang lahir di Pontianak (Kalimantan Barat) pada tahun 1977. Pongki sudah menciptakan album bersama Jikustik sebelum memutuskan untuk hengkang. Kini Pongki Barata sudah menjadi personel dari The Dance Company dan berhasil menciptakan 2 album solo.

Seniman Terkenal Di Bali

Selain terkenal akan wisata alamnya, Bali juga punya seniman hebat di bidangnya. Berikut beberapa tokoh hebat di bidang seni yang ada di Bali:

39. Dewa Putu Gingsir

Source : Bali Post

Dewa Putu Gingsir merupakan seniman dari Banjar Sangiangan, yakni Desa Cemagi, Kabupaten Badung yang terkenal akan keaktifannya dalam menekuni bidang sastra.Sejak tahun 1980, beliau memperoleh prestasi seperti:

  • Juara III Lomba Palawakya Tingkat Kabupaten Badung (1989)
  • Juara I Lomba Kekawin Tingkat Kabupaten Badung (1990)
  • Juara II Lomba Kekawin Tingkat Provinsi Bali (1991)
  • Juara I Lomba Palawakya Tingkat Provinsi Bali (1993)
  • Juara II Lomba Membaca Palawakya Utsawa Dharma Gita Nasional (1993)

40. I Nyoman Sukanta

I Nyoman Sukanta merupakan seniman dari Banjar Pande yakni kecamatan/Kabupaten Bangli yang sudah lama menggeluti seni ukir. Uniknya, beliau menekuni seni ukir telur sehingga limbah kulit telur disulap menjadi karya seni bernilai tinggi.

41. Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun

Source : Tribunnews

Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun merupakan seniman tari yang berasal dari Bali Utara, Buleleng. Dalam penyerahan penghargaan pengabdi seni beberapa waktu lalu terungkap, pria yang akrab dipanggil Gung Kak ini ternyata guru seni gubernur Bali, I Wayan Koster ketika menempuh pendidikan di SMA Negeri Singaraja.

42. I Nyoman Suarsa

I Nyoman Suarsa merupakan seniman tari asal Wangaya, Denpasar, Bali yang sering disebut Yang Pung Beliau memiliki kontribusi besar dalam dinamika dan perkembangan tari di Bali.

43. I Wayan Sugita

Source : Tribunnews

Tahun 1980-an, seni drama gong banyak mengalami pasang surut khususnya keberadaannya yang semakin meredup dan digantikan dengan seni-seni pertunjukan lain. I Wayan Sugita seorang seniman drama gong yang sangat terkenal memainkan peran antagonis Patih Agung. Seniman dari Banjar Bukit Batu, Samplangan Gianyar terus berusaha berkarya, mempertahankan dan terus melestarikan seni yang sudah membesarkan namanya itu.

44. I Komang Arsana

I Komang Arsana merupakan seniman yang berasal dari Kabupaten Jembrana. Meskipun usianya tidak lagi muda namun Arsana tetaplah masih tekun dalam seni Dharmagita khususnya Sloka dan Kakawin. Selain itu berbagai prestasi sudah pernah diraihnya karena olah vokal dan kecakapannya pada sastra.

45. Ida Ayu Karang Adnyani Dewi

Ida Ayu Karang Adnyani Dewi, seorang seniman yang berasal dari Karangasem. Ia pernah menerima sebuah penghargaan dalam perannya merekonstruksi seni klasik Gambuh dan pencipta karya-karya tari baru.

46. Ida Bagus Ketut Wedana

Bali memiliki banyak seniman terutama di bidang pelawak. Salah satunya yakni Ida Bagus Ketut Wedana. Pria yang berasal dari sebuah Desa Cucukan, Selat, Kabupaten Klungkung ini terus mengabdikan dirinya di bidang seni dan budaya khususnya di bidang seni pelawakan.

47. I Ketut Suada

Source : Tribunnews

I Ketut Suada , seorang seniman Arja yang berasal dari Kabupaten Tabanan bali. Beliau sangat dikenal dalam memerankan sosok Wijil dalam pementasan Arja. Seniman yang berasal dari Banjar Buduk, Desa Bengkel, Kediri, Kabupaten Tabanan ini mengawali karirnya dalam dunia seni Arja dengan bergabung bersama Seka Arja Bianglala.

48. I Wayan Gulendra

I Wayan Gulendra kini meraih kesuksesan melewati goresan-goresan tangan pada sebuah kanvas. Seniman lukis yang berasal dari Banjar Patolan, Desa Pering, Blahbatuh Gianyar ini memutuskan untuk dapat pindah ke luar Bali demi memperkuat pengetahuannya di bidang lukis. Beliau juga pernah kuliah di ISI Yogyakarta pada tahun 1988 hingga dapat menyelesaikan pascasarjana di kampus yang sama pada tahun 2005 silam.

49. I Wayan Senen

I Wayan Senen merupakan seniman yang berasal dari Karangasem, Bali. Beliau mengembangkan seni dan budaya hingga ke luar Bali. Seniman asal Karangasem ini juga sudah banyak berkontribusi atau memajukan seni budaya Bali di tanah Yogyakarta.

Esensi dari seni merupakan sebuah sarana untuk meluapkan suatu ekspresi atau cita rasa dalam suatu media. Dalam kata media dapat bermakna luas seperti musik, tari, teater, seni rupa dan lainnya. Seniman dan pelukis terkenal diatas adalah bukti nyata senimampu memukau banyak orang.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download