Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas yang Mudah

Hobi

Cara Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas yang Mudah

Ditulis oleh Iko ∙ 15 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, apakah Pins merasa bosan menghabiskan waktu akhir pekan dengan pergi ke pusat perbelanjaan? Tenang! Ada cara lain yang lebih menarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan Anda di rumah. Pins bisa membuat kerajinan dari kardus bekas yang mudah dilakukan dan pastinya bermanfaat. Selain itu, jika Pins mau berusaha lebih maka hasil kreasi tadi bisa jadi produk rumahan yang bernilai ekonomis alias bisa dijual.

Pinhome – Jika Pins merasa kurang berbakat untuk membuat kerajinan dari kardus bekas atau merasa tidak punya jiwa seni, jangan berkecil hati dulu. Pada dasarnya setiap manusia punya kapasitas untuk berkreasi, yang penting harus ada keinginan yang kuat untuk memulai.

Berikut ini ada beberapa kerajinan dari kardus bekas yang bisa Pins coba untuk menghabiskan waktu akhir pekan, yuk disimak sampai bawah!

Kotak Tisu

(Aneka Ide-ide Unik)

Pins, kotak tisu jadi salah satu benda penting di rumah karena bisa jadi wadah tisu sekaligus penghias sudut rumah.

Baca jugaTrik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas

Di toko online, kotak tisu biasanya dijual mulai dari harga Rp8.000 hingga Rp50.000. Daripada Pins mengeluarkan uang untuk membeli kotak tisu, lebih baik berkreasi sendiri dengan kardus bekas. Dengan begitu Pins bisa hemat.

Selain itu jika Pins menambahkan sedikit usaha untuk mempercantik kotak tisu buatanmu, bukan tidak mungkin Pins bisa menjualnya di toko online.

Langkah pertama Pins harus menyiapkan dulu kardus bekas dengan bahan yang kuat seperti kardus bekas smartphone, parfum atau sarung. Pastikan juga tinggi kardus di atas 5 cm agar kotak tisu mempunyai volume yang cukup.

Kedua, rapatkan sisi-sisi kardus dengan menggunakan perekat. Lalu Pins bisa membungkus kardus dengan karton. Setelah itu lapisi lagi dengan kertas marmer atau kertas yang mempunyai corak menarik. Terakhir lapisi dengan kertas bening.

Ketiga, pastikan bagian tutup kotak tisu juga dihias. Pins, jangan lupa untuk memberikan lubang di bagian atas tutup sebagai jalan keluar tisu saat akan digunakan.

Terakhir, cek lagi kerapian sisi-sisi kotak tisu agar tampilannya lebih menarik. Selain untuk digunakan sendiri, Pins juga bisa menjual kotak tisu tersebut untuk mendapatkan uang tambahan. Menarik bukan idenya? Yuk dicoba Pins!

Kotak Paket

kerajinan dari kardus bekas
(Food Detik)

Pins, sekarang banyak bermunculan pengusaha mikro dan kecil yang jualan produk kuliner atau fashion seperti hijab. Dampak yang terjadi dari fenomena ini adalah para pemilik usaha kecil tersebut membutuhkan kardus sebagai wadah untuk membungkus produk mereka.

Ini bisa jadi kesempatan Pins berkreasi membuat produk yang bernilai ekonomis. Salah satunya adalah membuat kotak paket.

Pertama Pins harus menyiapkan kardus bekas yang berbahan kuat dan tebal.

Kedua, bungkus kardus bekas dengan 3 lapisan. Pertama bungkus dengan karton putih. Lalu bungkus kardus menggunakan kertas dengan pattern menarik, terakhir bungkus lagi dengan kertas bening.

Ketiga, Pins bisa menambahkan pita yang dapat dipasang dan dilepas untuk melengkapi dekorasi kotak paket tadi.

Di toko online, sebuah kotak paket yang sudah dihias dapat dihargai Rp15.000-Rp25.000. Tentunya ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi Pins, bukan?!

Celengan Mini

kerajinan dari kardus bekas
(YouTube Mr. Grue)

Celengan adalah media untuk menabung di rumah. Penggunaan celengan bisa menjadi media pembelajaran untuk si kecil agar dapat menghargai uang dengan cara menabung. Daripada membeli celengan, Pins bisa membuat celengan sendiri dari bahan dasar kardus bekas.

Pertama Pins hanya perlu menyiapkan kardus bekas dengan bahan yang tebal. Bentuk menjadi persegi empat atau persegi panjang.

Kedua, rapatkan bagian sisi-sisi kotak menggunakan perekat. Pastikan tidak ada lubang atau celah yang terlihat.

Ketiga lubangi bagian atas untuk memasukkan uang kertas atau koin.

Terakhir hias sisi-sisi celengan dengan menggunakan cat air atau kertas kado agar lebih menarik. Ini bisa menjadi tips menarik dalam membuat celengan sendiri.

Di toko online, celengan berbahan sederhana seperti kardus dapat dijual dengan harga Rp8.000-Rp15.000. Ini juga bisa jadi ide bisnis kreatif yang bisa Pins lakukan. Jadi, selamat mencoba!

Lampu Tidur

kerajinan dari kardus bekas
(Kiddo)

Pins merasa bosan dengan lampu tidur yang itu-itu saja? Sudah saatnya Pins memanfaatkan kardus bekas untuk membuat lampu tidur yang kreatif dan estetis.

Pertama-tama siapkan 8 kardus bekas. Pins bisa menggunakan kardus pizza yang berbahan tebal dan kaku.

Kedua lubangi bagian tutup dan dasar kardus hingga membentuk lingkaran. Untuk ukuran diameter, Pins bisa menyesuaikan dengan lebar kardus.

Lalu rekatkan bagian tutup sehingga menempel ke sisi-sisi di bawahnya.

Ulangi perlakuan tadi ke 7 kardus lain. Setelah itu tumpuk kardus ke atas. Pins bisa membuat bentuk tumpukan menjadi zig-zag seperti pada gambar. Tujuannya agar memberikan efek bayangan yang cantik saat lampu dihidupkan.

Terakhir jadikan tumpukan kardus tadi sebagai penutup lampu.

Jika Pins ingin menjual hasil kreasimu, pastikan dijual satu set bersamaan dengan lampu, kabel, dan juga dudukan lampu. Pastinya ini akan bernilai tinggi jika dijual!

Nah, mudah bukan Pins? Itu saja beberapa kreasi dari kardus bekas yang bisa Pins buat. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel