Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Air mineral kemasan botol memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari – hari. Di manapun kita berada, pasti tersedia air mineral kemasan botol, mulai dari pedagang kaki lima hingga mall mewah. Tapi, pernahkah Pins berpikir di mana bekas botol air mineral tersebut berakhir? 

Pinhome – Botol bekas dianggap sebagai limbah karena menyebabkan pencemaran lingkungan. Tapi ternyata, limbah yang satu ini memiliki manfaat lainnya, lho. Salah satunya adalah dapat diolah menjadi produk kerajinan tangan yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari – hari bahkan bisa memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan begitu, Pins juga akan mengurangi polutan pencemaran lingkungan. Nah, berikut ini macam macam kerajinan dari botol bekas yang bisa Pins coba! 

Gelang Unik dan Cantik

(luula.com)

Kerajinan dari botol bekas yang satu ini sebenarnya berasal dari bekas kemasan gelas air mineral, tapi Pins juga dapat membuatnya dari botol plastik. Karena yang terpenting adalah bahan utamanya, yaitu plastik. Untuk membuat gelang in,i Pins perlu memotong botol menjadi kepingan – kepingan kecil.

Untuk merapikan sisinya, gunakan lilin atau setrika panas. Setelah itu, Pins bisa buat lubang di setiap kepingan plastik. Rangkailah kepingan plastik dengan rantai gelang, manik – manik, dan beberapa pernak – pernik kecil lainnya. 


Gelang Modis 

(adahobi.com)

Siapa sangka gelang – gelang yang modis ini terbuat dari botol plastik? Kerajinan dari botol bekas ini hanya dengan bermodalkan botol kemasan plastik bekas, Pins bisa membuat aksesoris menarik seperti ini.

Cara membuatnya ternyata gak susah, Pins hanya perlu menyiapkan botol kemasan plastik, setrika, cat kuku, isolasi dan gunting saja. Langkah pertama, botol plastik dililit dengan menggunakan isolasi hingga membentuk pola gelang, setelah itu potong bagian yang diberi isolasi.

Lepaskan isolasi dari gelang yang telah dipotong. Pins bisa merapikan bagian tepian yang dipotong dengan menggunakan setrika. Setelah rapi, Pins bisa mewarnainya dengan cat kuku. Pins juga bisa menggambar sesuai dengan keinginan Pins.

Kerajinan Pot Tanaman

(Hamparan.net)

Pasti Pins sudah gak aneh dengan kerajinan dari botol bekas yang satu ini. Bahan – bahan yang Pins butuhkan adalah gunting, pisau, cat dan selang kecil untuk menggantung botol.

Cara membuatnya pun mudah, Pins hanya perlu melubangi botol pada kedua sisinya. Setelah itu, Pins bisa mewarnai bagian tutup botol hingga seperempat bagian. Tunggu catnya kering, lalu Pins bisa lubangi bagian tutup botol dan juga bagian bawah botol. Setelah semuanya dilubangi, Pins bisa menyusunnya di selang hingga berbentuk seperti ini. 


Hiasan Gantung

(diytomake.com)

Hiasan gantung ini tentu saja terbuat dari botol plastik, menarik sekali, bukan? Dan tidak perlu kesulitan juga untuk membuatnya. Pins hanya perlu menyiapkan botol bekas minuman bersoda, benang senar, manik – manik, gunting dan setrika panas.

Pins bisa mulai dengan menggunting botol tersebut menjadi dua bagian yang pertama bagian tutup botol sampai dengan badan botol dengan panjang kurang lebih 10 cm. 

Bagian yang kedua Pins bisa membaginya menjadi bagian yang lebih kecil sesuai dengan bentuk yang Pins inginkan. Setelah itu, rapikan dengan menggunakan setrika panas, jika semuanya sudah selesai Pins bisa merangkainya dengan menggunakan benang senar. Pins bisa susun rangkaian sesuai dengan selera Anda. 


Tirai Tutup Botol 

kerajinan dari botol bekas
(premery.net)

Pins bisa menggunakan tutup botol menjadi tirai yang indah seperti ini, lho, Pins. Pins hanya perlu mengumpulkan tutup botol bekas dengan berbagai macam warna dan menyiapkan benang senar.

Penting bagi Pins untuk menggabungkan kreatifitas dan imajinasi dalam menyusun rangkaian tutup botol ini agar mendapat pola yang indah. 


Tirai Bunga Transparan 

kerajinan dari botol bekas
(Pinterest.com)

Selain menarik dan indah, Pins juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk tirai bunga ini. Pins hanya perlu mengumpulkan banyak botol bekas air mineral dan menyiapkan benang senar.

Caranya potong bagian bawah botol yang berbentuk bunga setelah itu rapikan sisinya dengan lilin atau setrika. Setelah rapi, lubangi pinggiran kepolak bunga dan rangkailah satu persatu menggunakan benang senar. Jika sudah selesai, Pins bisa menggantungnya di jendela atau sesuai dengan keinginan. 


Lampu Gantung

kerajinan dari botol bekas
(Pinterest.com)

Jika Pins bosan dengan model lampu di rumah yang biasa saja, Pins bisa coba untuk membuat hiasan lampu gantung seperti ini.

Caranya juga tidak kalah mudah dengan yang lain, potong botol plastik bening secara melingkar jika kurang rapi, Pins bisa gunakan lilin atau setrika agar pinggirannya tidak kasar. Rangkai potongan – potongan tersebut dengan menggunakan ring selanjutnya pasangkan pada lampu gantung. 

Nah itu tadi 6 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas, semoga menginspirasi Pins untuk berkreasi dengan sampah yang bisa di daur ulang, ya!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel