5 Cara Membuat Kokedama dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 30 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam seni dekorasi rumah belum lengkap dan indah bila belum terdapat hiasan yang mendukungnya. Hiasan pada dekorasi rumah sangat penting karena menambah kesan indah yang dapat membuat penghuninya betah berada di rumah. Rumah yang indah tentunya juga memberikan energi positif bagi anggota keluarga rumah tersebut. Dalam menghias rumah terdapat banyak cara yang dapat Pins lakukan seperti mendekorasi ruang tamu, ruang makan, memberikan ornamen atau pajangan seperti kokedama di meja, bisa juga dengan lemari yang berisikan hiasan-hiasan cantik. 

Pinhome – Tidak hanya itu, salah satu cara ampuh lainnya dalam menghias rumah adalah dengan menggunakan tanaman hias. Tanaman hias terbukti ampuh untuk melengkapi keindahan rumah dengan sentuhan alam yang pastinya dapat merelaksasi penghuninya. 

Menghias rumah dengan tanaman hias mungkin sudah cukup familiar di telinga Pins. Namun kali ini ada konsep tanaman hias yang berbeda dari biasanya lho. Kokedama namanya yang dikenal datang dari negeri Jepang. 

Mungkin Pins baru mendengar istilah yang satu ini dan masih asing untuk dimengerti. Tenang saja, mari simak artikel berikut ini yang akan memberikan informasi mengenai apa itu kokedama dan tip cara membuatnya yang dapat Pins terapkan di rumah. 

Mengenal Apa Itu Kokedama

(Pinterest)

Negara Jepang merupakan negara yang terkenal dengan rangkaian bunganya yang indah-indah dan unik. Konsep rangkaian bunga unik dan kekinian ini mulai populer digunakan para pecinta tanaman hias lho. 

Berdasarkan istilahnya, kokedama adalah koke yang berarti lumut dan dama yang berarti bola berasal dari bahasa Jepang yang berarti bola lumut. Hal tersebut dikarenakan bentuk dari tanaman hias ini yang dibentuk seperti bola. 

Tanaman hias ini ternyata sudah berusia berabad-abad lho! Lebih dari itu, tanaman ini juga erat kaitannya dengan tanaman asli Jepang lainnya yaitu bonsai. 

Dengan bentuknya yang unik dan lucu seperti bola, tanaman ini juga memiliki arti yang bermakna ketidaksempurnaan alam, kesederhanaan, natural, kasar, dan ketidakteraturan.

Dari segi bentuknya, tanaman ini menggunakan tanah lumpur yang dipadatkan sampai berbentuk seperti bola. Setelah menjadi bola, tanaman ini dilapisi dengan lumut yang lembut berwarna hijau. 

Metode ini merupakan pengolahan tanaman dengan cara membungkus akar dengan tanah dan lumut hingga berbentuk bola. Dalam membuat tanaman hias yang satu ini tidak diperlukan pot sama sekali. 

Tanaman hias ini dapat diletakkan begitu saja atau bisa juga digantung sebagai hiasan dalam ruangan. Metode tanaman hias yang satu ini cocok bagi Pins yang memiliki keterbatasan ruang ketika hendak menghias rumah dengan tanaman hias. 

Baca juga: Intip Yuk Nama Tanaman Hias Daun Berikut

Cara Membuat Kokedama dengan Mudah

(Pinterest)

Dalam membuat tanaman hias ini Pins perlu memilih terlebih dahulu tanaman apa yang ingin digunakan untuk dijadikan konsep tanaman hias satu ini. Berikut di bawah ini beberapa tanaman yang ideal digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tanaman ini . 

  • Begonia
  • Tanaman Jade
  • Tanaman Pakis
  • Tanaman Lidah Mertua
  • Philodendron

Setelah memilih tanaman yang akan menjadi bahan dasar, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat tanaman ini adalah Pins juga perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk membuat tanaman hias satu ini. Pertama sediakan tumbuhan yang berukuran kecil sebagai bahan. 

Lalu Pins adakan media khusus untuk tanaman bonsai seperti tanah liat dan juga kompos dengan perbandingan satu banding satu. Jika Pins tidak memiliki lumut kering, Pins dapat membelinya di toko khusus tanaman terdekat. 

Gunakan air dengan semprotan kecil beserta gunting dengan benang yang tebal. Terakhir, sediakan sedikit koran bekas dan jangan lupa gunakan sarung tangan sebagai pengaman. 

Langkah pertama yang harus Pins lakukan dalam cara membuat tanaman hias Jepang ini adalah alasi terlebih dahulu aera yang akan digunakan untuk bekerja dan gunakan sarung tangan sebagai pelindung supaya tidak kotor dan lebih efisien. 

Setelah semua bahan siap, campurkan bahan tanah menjadi satu dan bentuk tanah tersebut hingga membentuk bola sebesar kepalan tangan. Supaya tidak menjadi kering dan mudah dibentuk, semprotkan sedikit demi sedikit air ke permukaan bola tanah. Pastikan tanah tersebut tidak terlalu padat karena perlu adanya penyerapan air dan udara. 

Jika konsistensi dari bola tanah tersebut sudah bagus, buatlah lubang pada bagian atas bola menggunakan ibu jari atau bisa juga dengan alat yang lainnya. Usahakan Pins buat dengan rapi karena lubang tersebut akan dimasukkan tanaman kecil dan akarnya. 

Setelah proses pemasukan tanaman sudah berhasil, Pins dapat beralih ke proses pelapisan bagian luar bola tanah dengan lumut halus yang sudah disediakan. Pastikan lumut-lumut tersebut menempel sempurna dengan cara ditekan-tekan secara perlahan, namun jika sulit juga tidak apa-apa. Karena setelah itu bola dan lumut akan diikat dengan benang tebal dari sabut kelapa yang akan menyatukannya dengan sempurna. 

Setelah terikat dan terbentuk dengan sempurna, Pins dapat menggantungkan tanaman sabut kelapa ini dan mulai menyemprotkannya dengan air. Tanaman hias ini cukup Pins rawat setiap harinya cukup hanya dengan disemprot secara rutin. 

Selain itu, cara menyiram tanaman hias ini juga bisa dengan menempatkannya pada ember yang berisi air selama 5-10 menit. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah

Nah, sudah jadi deh kokedama hasil tangan sendiri yang dapat menghiasi rumah Pins supaya lebih indah dan alami. Jika sudah memahami konsep dasar pembuatannya, Pins juga dapat membuat tanaman hias ini dengan model yang lain sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia