Pinhome

Uncategorized

Tips Menata Rumah Dengan Barang Bekas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Semangat Go Green sudah menular ke banyak aspek kehidupan. Salah satu yang paling nyata adalah reused dan recycle. Namun apa maksud serta implementasinya dalam kehidupan? Kadang kita masih jarang menemuinya.

Reused dan Recycle adalah sebuah semangat untuk mendaur ulang serta mendayagunakan kembali benda-benda yang sebenarnya sudah tidak lagi bisa terpakai atau setengah terpakai. Benda semisal botol bekas minuman ringan atau air mineral yang disulap sebagai pot bunga untuk taman vertikal misalnya, ini adalah salah satunya. Sementara recycle adalah cara untuk mendaur ulang dari bahan bekas pakai menjadi bahan setengah jadi yang siap untuk diproduksi kembali, contohnya adalah koran bekas yang diolah menjadi art paper untuk pembungkus kado atau hantaran, sementara yang paling banyak dijumpai adalah plastik bekas, baik berbentuk botol, atau lainnya untuk diubah menjadi plastik butiran sebagai bahan pembuatan produk plastik baru.

Belakangan gerakan Go Green juga berpengaruh kepada desain tata ruang serta rumah. Mulai dari interior maupun eksterior, beberapa pemilik rumah juga menggunakan aplikasi barang bekas pakai sebagai dekorasi atau sekedar ornamen untuk rumah. Artikel kali ini akan menyajikan tips menata rumah memanfaatkan barang bekas, sebagai inspirasi desain rumah unik dan menarik.

Kotak Sepatu Bekas, Karet Gelang, Jangan Terburu Dibuang Semua Masih Bermanfaat

Sebenarnya sangat banyak benda bekas pakai yang bisa dimanfaatkan. Beberapa terangkum seperti dibawah ini, simak sebagai inspirasi desain kontemporer. Tentu tak hanya unik, banyak hal positif, penghematan serta sarana menyalurkan kreatifitas di waktu senggang, berikut rangkumannya.

1. Karet Gelang atau Karet Rambu

Kebanyakan orang membuang karet gelang bekas pakainya, sama juga dengan kertas rambut. Sebenarnya penghematan bisa dilakukan bila disimpan dengan rapih, digulung membentuk bola-bola misalnya, menjadi dekorasi yang cantik tentunya. Selain itu pada saat dibutuhkan untuk mengikat bungkus makanan yang tak habis sekali makan bisa juga dilakukan.

2. Kotak Ajaib Dari Bekas Kotak Sepatu

Beberapa orang senang mengkoleksi kenangan, foto lama, struk nonton bioskop atau lembaran kertas kecil yang kadang tak beguna dan bisa jadi sampah. Tetapi tak ada salahnya bila memang masih menyimpan hal semacam itu, menyimpannya dengan rapi adalah hal terbaik. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah bekas kotak sepatu, agar tampak cantik bisa dipergunakan art paper atau sekedar kertas kado sebagai pembungkus bagian luarnya.

3. Botol Bekas Dan Taman Vertikal

Bertanam bunga atau tanaman perdu lain bisa memanfaatkan botol bekas pakai. Yang sedang musim adalah taman vertikal tentunya. Maksudnya adalah menanam tanaman menjalar yang digantung atau dirambat ke dinding atau pagar rumah. Botol bekas pakai adalh salah satu pot bunga yang murah dan cocok untuk diaplikasi sebagai taman vertikal semacam ini.

Kreatifitas jelas tanpa batas, benda bekas pakai bisa jadi hobi yang menguntungkan dan menyenangkan. Selain itu, karena menggunakan barang yang tak lagi diperlukan mengurangi limbah adalah efek positif lainnya. Kembangkan kreatifitas lain untuk membuat rumah semakin menarik dengan benda bekas pakai lainnya, semakin besar kreatifitas yang diberikan, semakin unik dan indah dipandang tentunya.

Tags :

Bagikan Artikel