Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa Itu Karikatur dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Hobi

Apa Itu Karikatur dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 20 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Tujuan karikatur dibuat pada umumnya adalah untuk menimbulkan hiburan bagi pihak yang mengenal dari subjek yang digambar. Kelucuan atau hiburan yang ditampilkan lewat sebuah karya seni karikatur dapat membuat seseorang yang di gambar merasa spesial. Apa itu karikatur pun sebenarnya sudah ada sejak abad ke-18 khususnya di Inggris sebagai sarana kritik politisi yang telah disebarkan masyarakat luas melalui media cetak. 

Pinhome – Dikutip dari buku karya Jaya Suprana pada tahun 2009 berjudul Naskah-Naskah Kompas, dikatakan bahwa apa itu karikatur adalah gambar yang menampilkan kembali suatu bukti konkret (biasanya manusia), dengan cara melucukan, menjanggalkan, atau melebihkan ciri khas dari objek tersebut dalam karya seni rupa.

(karikatur.blogspot.com)

Dahulu, Pins pun pasti sering melihatnya di beberapa jalanan ibu kota yang menyediakan jasa pembuatan karikatur secara langsung oleh para pekerja seni. Apa yang dimaksud dengan karikatur bisa tergambar dengan jelas saat kalian berada pada situasi yang dimaksud. 

Ciri-ciri karikatur itu sendiri berbentuk mirip dengan asli dengan ciri berlebih pada bagian anggota tubuh tertentu seperti bibir yang sangat tebal, hidung yang mancung seperti pinokio, dan mata yang sangat besar layaknya monster. Membuat karikatur itu gampang-gampang susah lho Pins! Bagaimana cara membuat karikatur dan seperti apa asal usul kehadirannya? Semua penjelasan tersaji di dalam artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud Karikatur Beserta Asal Usulnya

Seperti yang diketahui bahwa karikatur telah ada pada abad ke-18 di Inggris sebagai sarana kritik politisi dan sosial yang lebih sopan. Tapi sebenarnya, seni karikatur ditemukan pertama kali di negara Italia oleh para seniman dunia terkenal seperti Leonardo da Vinci, Carracci bersaudara, Agostino, Annibale, serta Lodovico pada abad ke-17 dalam sebuah studio seni sebagai bahan lelucon antar pekerja seni. Mereka menghibur diri dengan menggambar salah satu objek lukisan secara berlebihan. Carracci bersaudara lah yang setelahnya menjadi pembicaraan di dunia sebagai seniman pertama yang membuat karya karikatur terkenal. 

Di dalam Enciclopedie on line (dalam bahasa Italia), mengemukakan bahwa caricatura merupakan karya seni ekspresi yang ditransformasi pada gambar dengan tujuan humor dan mempunyai makna simbolis mendalam sepanjang waktu. Ini akan menjawab keterbatasan pengetahuan akan apa itu karikatur yang tidak dikenal oleh sebagian masyarakat. Jadi pada intinya arti karikatur adalah suatu sketsa gambar wajah manusia yang dibuat berlebihan untuk kepentingan hiburan semata. 

Jenis Gambar Karikatur Beserta Cara Pembuatannya.

Gambar Karikatur Tradisional

Untuk gambar karikatur tradisional, Pins hanya mengandalkan kreativitas dan skill yang telah Pins punya. Arti karikatur dapat diimplementasikan dalam gambar dari penglihatan sang pelukis lewat aksi nyata dan spontan. Hal ini memang terlihat lebih sulit karena membutuhkan skill melukis tinggi dengan banyaknya latihan. Bagaimana caranya? Yuk simak langkahnya di bawah ini!

(id.wikihow.com)

Pertama tentukan objek yang akan Pins jadikan model untuk karikatur. Usahakan untuk mengambil objek gambar yang mudah dengan ciri khas yang sangat terlihat. Salah satunya seperti pada gambar di atas yaitu sosok Albert Einstein. Sosok satu ini dapat menjadi figur sempurna untuk Pins yang masih berlatih, cocok dengan salah satu poin utama dalam pembuatan karikatur adalah mengambil hal penting dalam wajah yang menjadi ciri khas.

(id.wikihow.com)

Selanjutnya, siapkan kertas dan pensil untuk mulai membuat sketsa dari badan dalam bentuk mini. Pins bisa mengacu kepada hal yang disukai oleh objek maupun baju yang biasanya sering dipakai. Seperti pakaian balet, pakaian olahraga maupun kegiatan seperti mendaki gunung yang menjadi ciri khas atau hobi dari objek yang digambar. 

(id.wikihow.com)

Tahap selanjutnya dalam pembuatan karikatur adalah membuat area kepala yang cukup besar dibandingkan dengan badannya seperti pada gambar Einstein di atas, dan jangan lupa untuk menambahkan aksesoris rambut yang berlebih pada kepala agar pesan dari arti karikatur itu sendiri sampai ke tangan objek gambar.

(id.wikihow.com)

Hal krusial selanjutnya adalah pembuatan sketsa detail dalam wajah yang dapat menambah kesan hidup pada karikatur. Mata, hidung, mulut dapat Pins gambar sesuai dengan asli dengan sedikit dibumbui hiperbola dalam penggambaran detail wajah. Hal ini akan membuat apa yang dimaksud karikatur menjadi lebih unik dan menghibur.

(id.wikihow.com)

Terakhir, adalah tahap finishing dari apa itu karikatur adalah pewarnaan. Pins bisa memilih alternatifnya yang menarik, baik pewarnaan dengan tangan maupun digital. Ragam pilihan tersebut dapat membuat karikatur semakin hidup dan sempurna. 

Gambar Karikatur Alternatif

Untuk gambar karikatur alternatif, Pins dapat dibantu dengan bantuan perangkat digital pada awal desain sketsa dan mengembangkan sendiri untuk detail karikatur yang diinginkan. Banyaknya ragam perangkat digital di pasaran, dapat membantu Pins untuk membuat gambar karikatur lebih sempurna dan detail.

(id.wikihow.com)

Pertama, Pins cetak gambar wajah dari objek yang akan Pins buat karikatur. Dalam contoh kali ini Pinhome akan menggunakan gambar Elvis. Usahakan untuk mencetak gambar tepi dari sketsa wajah Elvis. Apa yang dimaksud dengan karikatur dapat dimulai dari teknik penggambaran yang tepat pada detail wajah selanjutnya.

(id.wikihow.com)

Setelah berada pada tahap pengisian detail wajah, usahakan untuk berani melebih-lebihkan gambar seperti pada bibir dan dagu Elvis di atas. Ini yang membuat penjabaran arti karikatur sebagai gambar humoris dapat dipertegas dengan detail berlebih. 

(id.wikihow.com)

Tahap terakhir, adalah tahap pengisian seluruh bagian sketsa wajah dan membandingkan dengan sketsa pertama. Bila sudah terasa berlebih dari sketsa asli, artinya Pins telah berhasil membuat karya karikatur dan memahami arti karikatur pada pengaplikasian desain gambar.

Semoga penjelasan di atas mengenai apa yang dimaksud karikatur dapat memperjelas Pins akan gambar karikatur itu sendiri. Jangan pernah lelah untuk mencoba belajar menggambar karikatur ya Pins! Siapa tau Pins bisa menghasilkan uang dari gambar tersebut.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel