BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Contoh Pagar Rumah Jawa Klasik yang Cantik
0
0

8 Contoh Pagar Rumah Jawa Klasik yang Cantik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 22, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi Kamu yang mempunyai rumah dengan nuansa modern atau tradisional, tidak ada salahnya untuk menggunakan pagar rumah jawa klasik yang cantik. Pagar rumah klasik adalah salah satu pilihan di antara banyaknya desain pagar yang ada di pasaran saat ini. Menggunakan pagar klasik untuk rumah Kamu dapat menimbulkan kesan yang menarik, unik, vintage, dan artistik.

Untuk membuat pagar rumah yang ada di rumah Kamu terlihat lebih berbeda di antara pagar-pagar di sekitar Kamu, Kamu dapat menggunakan pagar rumah jawa klasik. Tidak hanya rumah joglo saja atau limasan modern, pagar jawa klasik dapat Kamu aplikasikan di berbagai model ataupun desain rumah. Pagar klasik jawa biasanya mempunyai nuansa material kayu, bata ekspos, dan akan dilengkapi dengan ornamen tradisional.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Contoh Pagar Rumah Jawa Klasik yang Cantik

Bagi Kamu yang tertarik untuk mengaplikasikan pagar rumah jawa klasik pada hunian Kamu. Pada artikel ini, Pinhome telah merangkum beberapa contoh pagar rumah jawa klasik yang cantik yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi. Berikut penjelasannya.

1. Pagar Jawa Klasik Bata dan Bambu

pagar rumah jawa klasik
Source : Matchness

Ciri khas pagar rumah Jawa sangat melekat dengan elemen kayu dan bata ekspos ataupun bambu. Umumnya, material bambu atau kayu sering dijadikan sebagai pagar teras rumah khas jawa. Akan tetapi, Kamu juga dapat mengaplikasikannya untuk pagar di depan rumah. Agar rumah Kamu bisa lebih menrik, Kamu dapat mempertimbangkan juga penggunaan pagar lisplang atau GRC.

Kamu juga dapat menambahkan beberapa lampu dengan nuansa kuning untuk memperindah tampilan pagar rumah Kamu pada saat malam hari. Perpaduan ini akan membuat nuansa pagar rumah jawa klasik yang sangat cantik.

2. Pagar Jawa dengan Bata Ekspos

Source : Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pagar rumah jawa klasik sering kali menggunakan material bata ekspos. Bata ekspos memang kerap kali dijadikan sebagai material pagar atau dinding karena terbilang kuat. Tidak hanya itu, bata ekspos juga akan memberikan kesan unfinished yang cantik dan unik jika dibuat dengan rapi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Kamu menggunakan material yang satu ini sebagai bahan utama untuk pagar hunian Kamu. Kamu dapat memadukan pagar ini dengan batu alam untuk memberikan kesan yang lebih menarik jika Kamu merasa menggunakan bata ekspos saja masih kurang. Perpaduan ini akan menghasilkan pagar rumah yang sangat cantik dan menarik para tamu yang datang.

3. Pagar Rumah Jawa Klasik dengan Perpaduan Batu Alam dan Bata Ekspos

Source : Neowood

Seperti yang telah disinggung pada poin nomor 2, perpaduan bata ekspos dan batu alam akan menghasilkan pagar rumah Kamu terlihat sangat mencolok. Jika Kamu tertarik, Kamu dapat memilih batu templek untuk melengkapi susunan bata ekspos pada pagar rumah jawa klasik Kamu. Kamu juga dapat menggunakan pagar kayu yang akan memambahkan kesan mempesona pada hunian Kamu.

4. Pagar Rumah Jawa Klasik dengan Gapura

pagar rumah jawa klasik
Source : Gardenista

Jika Kamu tertarik untuk memiliki pagar rumah yang dilengkapi dengan gapura. Kamu dapat menjadikan contoh satu ini sebagai referensi Kamu. Kehadiran gapura tidaklah hal yang aneh untuk rumah-rumah di Jawa. Kamu dapat mengaplikasikan gapura sebagai akses pintu utama di pagar Kamu agar terlihat tidak biasa dan unik.

Kamu dapat memberikan sentuhan tanaman-tanaman hijau ataupun bunga-bunga di bagian depan pagar untuk memperindah tampilan dari hunian Kamu. Jangan lupa untuk menambahkan lampu teras di depan pagar agar tampilan hunian Kamu di malam hari terasa hangat dan sangat cantik.

5. Pagar Jawa Klasik Gapura dengan Bata Ekspos

Tidak berbeda jauh dari contoh sebelumnya, pagar jawa klasik bata ekpos dengan gapura dapat Kamu jadikan sebagai pilihan lainnya untuk Kamu yang tertarik untuk menggunakan gapura di hunian Kamu. Umumnya, pagar rumah seperti ini akan diterapkan pada hunian yang mempunyai halaman cukup luas.

Kamu juga dapat memadukan pagar yang terbuat dari besi yang mengarah langsung ke garasi rumah Kamu. Perpaduan dari tiga material ini tentunya akan membuat tampilan hunian Kamu menjadi sangat cantik dan menarik di pandang mata.

6. Pagar Jawa dengan Relief Motif Klasik

Contoh berikutnya untuk yang cocok untuk diaplikasikan pada hunian modern adalah pagar rumah dengan relief dinding motif klasik yang sangat kental dengan nuansa artistik dan estetik. Guna membuat relief dinding pagar seperti contoh di atas, Kamu perlu memesannya sesuai dengan motif ataupun desain yang Kamu inginkan.

Kamu dapat membuat desain dengan terdapatnya unsur Kamu dan keluarga Kamu untuk membuat kesan yang personal. Kamu juga dapat memadukan dengan material kayu untuk memberikan kesan yang hangat dan cantik.

7. Pagar Jawa Klasik dengan Ornamen

pagar rumah jawa klasik
Source : Flickr

Rekomendasi berikutnya memiliki kesan yang unik akan tetapi tetap menarik di pandang mata. Batu alam pada pagar rumah tersebut terlihat sangat natural dengan warna krem yang hangat. Menariknya, di pagar rumah tersebut terdapatnya sentuhan ornamen khas Jawa yang sangat kental dengan nuansa tradisionalnya.

8. Pagar yang Membentuk Pola Swastika

Kamu pastinya pernah melihat rumah-rumah besar peninggalan Belanda yang berada di pulau Jawa, bukan? Rumah-rumah klasik seperti itu sering kali menggunakan pagar besi tebal yang mempunyai motif tertentu, salah satunya adalah motif swastika. Dekorasinya yang terbilang sangat sederhana, yaitu hanya dipasang di atas benteng yang terbuat dari material batu bata dan batu.

Pagar seperti ini biasanya dipasang pada rumah yang memiliki halaman luas dan lebih tinggi dari pada jalan raya atau jalan yang berada di bagian depan rumah. Nuansa jawa klasik yang kental dengan kehadiran pepohonan dan tanaman rambat yang ditanam di halaman rumah.

Itu dia beberapa rekomendasi pagar rumah jawa klasik yang cantik. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download