Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bacaan Lengkap Niat Puasa Rajab dalam Latin Serta Artinya

Lifestyle

Bacaan Lengkap Niat Puasa Rajab dalam Latin Serta Artinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, tahukah kamu? Bulan Rajab termasuk yang yang spesial dan mulia. Karenanya, banyak umat muslim mengerjakan amalan, seperti berpuasa sunnah. Salah satu puasa sunnah di bulan tersebut ialah puasa Rajab. 

Pinhome – Apakah kamu sudah tahu apa itu puasa Rajab? Puasa sunnah ini adalah puasa yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Rajab. Jika Pins sudah tahu sebelumnya, mungkin di waktu ke dapan kamu berencana akan melakukan puasa ini. Sebelum itu, yuk pahami dulu bacaan niat puasa Rajab. 

Baca Juga: Ragu Ingin Sikat Gigi Saat Puasa? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Selain itu, apa sih hukum dari puasa sunnah Rajab? Ini karena masih ada pro kontra mengenai ibadah ini? Apakah sunnah atau bid’ah? 

Para ulama memiliki perbedaan pendapat terkait amalan puasa sunnah di bulan Rajab. Ada sebagian ulama yang memang memberi hukum bahwa berpuasa di bulan Rajab merupakan ibadah yang sunnah untuk dilakukan. Akan tetapi, ada juga ulama yang menyatakan bahwa puasa Rajab hukum makruh dan bid’ah. 

Baca Juga:15+ Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang

Yuk sebelum kita tahu bacaan niat puasa Rajab, kita simak bersama penjelasan tentang puasa Rajab di bawah ini. 

Apa Itu Puasa Rajab?

(Unsplash) 

Pins, sudah tahu belum tentang apa itu puasa Rajab? Puasa Rajab adalah puasa yang dilakukan pada bulan Rajab dalam kalender Hijriah. Puasa ini termasuk dalam puasa yang bukan wajib, jadi tidak perlu takut mendapat dosa bila tidak mengerjakannya. Akan tetapi, puasa ini menjadi pro kontra dalam Islam. Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa puasa ini hukumnya sunnah. Ada pula sebagian ulama yang justru berpendapat bahwa puasa rajab termasuk bid’ah, sehingga hukumnya menjadi makruh, atau lebih baik dihindari. Jadi, mana hukum yang benar?

Apa Hukum Puasa Rajab? 

puasa rajab
(Pusat Covid ITB)

Bulan Rajab termasuk bulan-bulan yang dimuliakan dan dihormati. Oleh karenanya, banyak Muslim yang mengerjakan amalan, seperti berpuasa sunnah. Salah satu amalan sunnah yang biasa dikerjakan banyak umat muslim adalah puasa Rajab. 

Walupun begitu, ternyata ada pro kontra mengenai ibadah puasa ini. Para ulama memiliki perbedaan pendapat terkait amalan puasa sunnah di bulan Rajab.

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Berpuasa Di Sudan?

Ada sebagian ulama yang memang memberi hukum bahwa berpuasa di bulan Rajab merupakan ibadah yang sunnah untuk dilakukan. Akan tetapi, ada juga ulama yang menyatakan bahwa puasa Rajab hukum makruh dan bid’ah. Jadi, tidak seharusnya diamalkan dan lebih baik dihindari. 

Seorang Syeikh, yaitu Abdul Aziz, membuat pernyataan ketika ditanya terkait dengan berpuasa di bulan Rajab. Beliau menjawab di dalam kitabnya yang berjudul Fatawa Nurun ‘ala Ad-Darbi, yaitu sebagai berikut.

“Mengkhususkan hari-hari itu dengan puasa adalah bid’ah. Nabi SAW tidak pernah berpuasa pada tanggal 8 dan 27 Rajab, tidak memerintahkannya dan tidak mentaqrirnya. Maka hukumnya bid’ah.”

Selain itu, ada  ulama lain juga yang berpendapa bahwa hukum berpuasa di bulan Rajab adalah makruh. Pendapat ini berasal dari beberapa para ulama salaf, khususnya mazhab Al-Hanabilah. 

Al-Mardawi, salah satu ulama dalam mazhab Al-Hanabilah menuliskan pendapatnya dalam kitab yang berjudul Al-Inshaf. Seperti apa pendapat beliau? Penjelasannya ada di kutipan di bawah ini. 

“Pendapatnya mengkhususkan puasa Rajab (sebulan penuh) hukumnya makruh. Itulah pendapat mazhab dan para pendukungnya.”

(Al-Mardawi, Al-Inshaf)

Walaupun begitu, ada juga sebagian besar ulamadi luar mazhab Al-Hanabilah justru berpendapat bahwa berpuasa pada bulan Rajab hukumnya adalah sunnah, walaupun dari sisi hadits yang ada banyak yang dianggap dhaif., misalnya hadits di bawah ini. 

“Berpuasalah kamu di bulan kesabaran (Ramadhan), kemudian berpuasalah tiga hari setelahnya, dan kemudian berpuasalah pada bulan-bulan haram”. (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah, status hadits dhaif).

Dari penjelasan yang panjang ini, setidaknya kita bisa menyimpulkan satu hal, bahwa puasa Rajab memiliki dua hukum jika dilihat dari pendapat para ulama. Bisa makruh, bisa pula sunnah hukumnya. 

Jadi, apa hukum puasa Rajab? Boleh puasa Rajab atau tidak? Jawabannya adalah tergantung mazhab dan pendapat ulama mana yang kamu pilih dan lebih cocok. Jika kamu menganggapnya makruh, tidak masalah. Pun jika kamu menganggapnya sunnah pun juga sah-sah saja. 

Jika kamu meyakini puasa Rajab adalah sunnah, kamu bisa mengamalkan bacaan niat puasa ini. Seperti apa doa niatnya? Simak bacaannya di bawah ini ya. 

Bacaan Niat Puasa Rajab   

(Suara com)

Jika kamu memilih untuk melakukan puasa Rajab, kamu bisa mengamalkan doa niat puasa Rajab di bawah ini. Bacaan sudah beserta pelafalan latin dan artinya, jadi kamu bisa lebih mudah untuk membaca dan memahami maknanya. 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma ghadin fii syahri rajabi sunnatan lillahi ta’aalaa

Artinya : “Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala”

Jika kita ingin menjalankan puasa Rajab di siang hari tetapi lupa atau tidak sempat membaca niat pada malam harinya, boleh menyusul mengucapkan niat puasa Rajab pada saat itu juga selama pada siang harinya kita belum makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh. untuk lafadz niat puasa sunah Rajab di siang hari adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzaal yaumi ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala.”

Itu dia bacaan niat puasa Rajab beserta artinya dan juga pembahasan tambahan tentang hukum puasanya. Apapun pilihan pendapat dan mazhabmu, jangan lupa untuk saling menghargai pendapat sesama muslim ya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 


Temukan beragam pilihan rumah atau tanah seperti jual tanah di Jakarta Selatan atau Kota lainnya terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel