BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Model Jendela Mushola Minimalis
0
0

8 Model Jendela Mushola Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
8 Model Jendela Mushola Minimalistop-right-banner

Beberapa waktu terakhir, desain jendela mushola minimalis kian banyak peminatnya. Ini karena mushola memang menjadi salah satu tempat yang penting untuk umat Muslim. Tak heran jika beberapa hunian minimalis masa kini telah didukung dengan adanya mushola di dalamnya. 

Meski dapat dilakukan di ruang tamu atau kamar, keberadaan mushola sebagai ruang khusus bisa membuat salat kamu semakin khusyuk. Tak harus besar, asalkan kamu bisa menemukan desain yang tepat, mushola kecil pun sudah sangat nyaman. 

Rumah Ekslusif di beberapa kota besar bahkan merancang khusus area ini agar menjadi keunikan interior hunian. Pins bisa menemukannya pada properti sekitar Stasiun Lemah Abang, kontrak rumah di Cirebon atau bahkan unit di Serpong Park.

Baca juga: Desain Mushola dalam Rumah yang Membawa Suasana Tenang dan Nyaman

Inspirasi Model Jendela Mushola Minimalis

Seperti namanya, mushola minimalis seharusnya tidak memerlukan lahan yang luas. Tak hanya itu, desainnya pun bisa dibuat sesederhana mungkin, termasuk pada bagian jendelanya. Langsung saja, berikut beberapa model jendela mushola minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi:

1. Ornamen dengan Pola Tertentu

Source : Pinterest

Salah satu ciri khas mushola atau masjid adalah jendelanya yang memiliki bentuk yang unik. Biasanya, diberikan ornamen khusus seperti halnya model jendela hingga desain plafon mushola rumah maupun masjid yang berada di Arab atau negara Timur Tengah Lainnya. 

Ornamen atau pola di jendela bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, baik model maupun letaknya. Misalnya, ornamen atau pola dengan bentuk bulat, bintang, atau kombinasi beberapa pola. Sementara itu, letak ornamen atau polanya bisa menyebar di semua bagian jendela, pada bagian jendela saja, atau bagian ventilasi saja.

2. Ukiran Kaligrafi

Source : Tokopedia

Ciri khas lain dari jendela mushola minimalis adalah adanya ornamen kaligrafi pada bagian kacanya. Kaligrafi tersebut bisa berupa stiker yang langsung ditempel, bisa juga berupa ukiran. Model tulisan kaligrafi yang dipakai dapat kamu sesuaikan dengan nuansa mushola secara keseluruhan.

Misalnya, kalau kamu suka dengan nuansa minimalis sederhana pada mushola, kaligrafi pendek bisa jadi pilihan tepat untuk dipasang pada kaca jendela. 

Baca juga: 10 Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan

3. Jendela Mushola Minimalis Full Kaca

Source : Kontraktor Kubah Masjid

Kalau kamu ingin menonjolkan kesan minimalis yang lebih modern, jendela dengan full kaca layak menjadi pertimbangan. Alih-alih memakai material kayu sebagai kusennya, kamu dapat memilih material stainless steel untuk menonjolkan kesan minimalisnya.

Sementara itu, cara membuka jendela untuk inspirasi desain ini bisa mengadaptasi bukaan atas atau geser alias sliding. Model jendela ini banyak dijumpai pada mushola atau masjid di wilayah perkotaan.

4. Teralis Minimalis Modern

Source : APK Pure

Masih seputar ide jendela mushola minimalis dan modern, inspirasi lain yang tak kalah menarik adalah pemakaian model teralis jendela yang aman pada bagian tengahnya. Sering kali, model jendela yang satu ini dipakai untuk mushola yang ukurannya tidak terlalu besar dengan bahan kayu sebagai kusennya.

Pemakaian teralis pada jendela mushola ternyata memiliki banyak fungsi, Pins. Tidak hanya berfungsi sebagai ornamen untuk menambah kecantikan, teralis yang ditambahkan pada jendela juga berperan untuk keamanan mushola. 

5. Model Kaca Patri

Source : Pinterest

Kalau ingin suasana baru dan bosan dengan model klasik, kamu bisa pertimbangkan material kaca patri untuk jendela di mushola. Beberapa waktu terakhir, kaca patri sedang diminati, baik untuk mushola dengan ukuran besar maupun kecil. 

Kaca patri sendiri merupakan material kaca yang dilekatkan dengan kaca lainnya, sehingga bisa menampilkan bentuk yang indah. Memang benar, material ini dahulu banyak digunakan untuk bangunan tua. Jenis kaca yang dipakai bukan sembarang kaca, tetapi kaca hias yang punya banyak aksen.

6. Model Gebyok

Source : Jamdigital.co.id

Gebyok menjadi model jendela masjid atau mushola yang dulu pernah sangat populer. Meski telah banyak model jendela mushola minimalis yang beredar, Gebyok bisa dibilang tak pernah membuat mushola menjadi tampak kuno ataupun ketinggalan zaman.

Gebyok memiliki ciri khas yaitu banyaknya ornamen yang terukir di tepian kusennya. Kalau kamu penyuka nuansa klasik dan tradisional, model jendela ini bisa menjadi pertimbangan. Gunakan material kayu jati untuk membuat nuansa klasik semakin kentara.

7. Model Bersusun

Source : Jamdigital.co.id

Rekomendasi selanjutnya adalah jendela dengan model berlapis atau bersusun. Model jendela ini juga cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Sebab, jendela dengan model berlapis bisa membuat mushola terlihat sangat unik. 

Namun, biasanya model jendela bersusun tidak menggunakan material kaca. Sebagai gantinya, digunakan model ornamen atau pola pada lapisan atau susunan jendela yang terletak di bagian paling dalam. Adanya ornamen tersebut akan membuat tampilan jendela menjadi semakin menarik. 

Baca juga: 10 Desain Mushola Kantor Inspiratif untuk Kenyamanan Beribadah

8. Jendela Kayu Jati

Source : Furniture Jepara)

Terakhir adalah jendela untuk mushola yang dibuat dari kayu jati Belanda dan jenis lainnya. Sudah bukan rahasia umum jika kayu jati memang punya daya tahan dan kualitas yang bisa dibilang sangat baik. Tak heran apabila harga material satu ini juga cukup tinggi. 

Selain itu, jendela yang terbuat dari kayu jati, dalam hal ini bagian kusennya, tidak akan membuat bangunan terkesan kuno. Terlebih kalau kamu bisa memadukannya dengan pilihan warna yang tepat. 

Demikian tadi beberapa model jendela mushola minimalis yang bisa kamu pertimbangkan saat merancang mushola di rumah. Kamu tidak harus terpaku pada satu model jendela saja. Sebab, Pins dapat menggabung dua konsep atau model jendela sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan kombinasi baru yang bisa jadi lebih menarik. 

Feature Image Source: SMA Negeri 1 Mirit


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download