BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 7 Model Mimbar Mushola Minimalis
0
0

Ini Dia 7 Model Mimbar Mushola Minimalis

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ini Dia 7 Model Mimbar Mushola Minimalistop-right-banner

Mimbar menjadi salah satu furnitur yang wajib dimiliki setiap masjid atau mushola. Fungsi utamanya adalah tempat khatib menyampaikan ceramah atau khotbah. Meski begitu, model mimbar minimalis juga menjadi nilai lebih untuk meningkatkan estetika di dalam mushola

Aspek penting yang tak boleh luput dari perhatian saat memilih mimbar mushola minimalis adalah desainnya. Sebab, mimbar akan selalu menjadi pusat perhatian karena letaknya yang berada di tempat imam. 

Berbagai Keunggulan Menggunakan Model Mimbar Minimalis

Menggunakan mimbar dengan desain minimalis pada mushola punya banyak nilai lebih, di antaranya:

Lebih Fleksibel

Mimbar mushola minimalis biasanya hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan berat. Hal ini membuat mimbar jadi lebih mudah dipindahkan, misalnya ketika ada acara tertentu atau mushola sedang diperbaiki.

Perawatan Lebih Mudah

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan mimbar minimalis untuk mushola adalah perawatan mimbar yang lebih mudah dilakukan. Mimbar hanya perlu dibersihkan secara rutin dan pastikan tidak ditaruh di tempat yang terlalu lembap. 

Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan jenis mimbar lainnya, model mimbar minimalis memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau. Kisaran harga ini biasanya disesuaikan dengan desain, kualitas bahan, dan tingkat kesulitan saat membuat mimbar. 

Baca juga: 10 Model Pintu Mushola dalam Rumah

Model Mimbar Minimalis untuk Mushola

Pins, ada empat hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih model mimbar untuk mushola. Empat hal tersebut adalah ukuran mimbar, kualitas bahan yang dipakai, harga mimbar, dan modelnya. 

Semakin menarik dan rumit modelnya, biasanya harganya akan semakin mahal. Hal ini juga berlaku untuk ukuran dan kualitas bahan yang dipakai untuk membuat mimbar. Jika kamu sedang mencari inspirasi model mimbar minimalis untuk mushola, intip beberapa rekomendasinya berikut ini.

Mimbar HPL Minimalis

Source : Bhinneka

Rekomendasi pertama adalah mimbar HPL minimalis. Bentuk mimbar satu ini bisa dikatakan mirip dengan podium tanpa adanya penutup pada bagian samping dan belakang. Model mimbar ini dibuat dari bahan High Pressure Laminate atau disebut juga HPL.

Mimbar mushola dari bahan satu ini punya banyak kelebihan, Pins. Tak hanya memiliki desain yang sangat sederhana, bahan HPL juga memiliki ketahanan yang baik sehingga tidak akan mudah rusak. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau dengan perawatan yang mudah dilakukan. Tak heran jika mimbar ini sekarang banyak dijumpai di masjid atau mushola. 

Mimbar Mushola Simpel Berbentuk Kotak

Source : Menjagad.com

Model mimbar minimalis berikutnya adalah berbentuk kotak. Jenis mimbar ini tidak memiliki penutup pada bagian sampingnya. Mirip dengan mimbar mushola model HPL, hanya saja biasanya terdapat sedikit lekukan pada bagian kiri dan kanan. Biasanya, diberikan sedikit ukiran kaligrafi pada bagian tengah dan sudut kanan serta kiri mimbar untuk menambah nilai estetikanya. 

Baca juga: 12 Pilihan Warna Cat Mushola yang Mewakili Kesan Hangat dan Damai

Mimbar Mushola Model Slim Minimalis

Source : Menjagad.com

Desain mimbar lain yang tidak kalah simpelnya adalah model slim minimalis. Model mimbar ini tidak menghabiskan banyak tempat karena ukurannya yang memang tidak terlalu besar. Sudah pasti cocok digunakan sebagai mimbar untuk mushola yang tidak terlalu luas seperti halnya masjid

Mimbar Mushola Model Duduk

Source : Menjagad.com

Jika khatib memiliki kondisi yang tidak memungkinkan untuk berdiri terlalu lama saat menyampaikan khotbah, model mimbar minimalis model duduk menjadi pilihan tepat. Dibandingkan dengan jenis mimbar mushola minimalis lainnya, tipe mimbar ini tidak terlalu tinggi. 

Dengan menggunakan mimbar ini, khatib tetap dapat memberikan ceramah atau khotbah setelah salat lebih nyaman, karena tidak perlu berdiri terlalu lama. Tak hanya itu, model mimbar ini juga membuat kegiatan khotbah menjadi lebih interaktif karena disampaikan sambil duduk di hadapan para jemaah.

Model Mimbar Mushola dengan Penutup Samping

Source : Menjagad.com

Selanjutnya, ada model mimbar untuk masjid atau mushola dengan penutup pada bagian samping kanan dan kiri. Jadi, bagian kaki khatib akan tertutup sepenuhnya. Model mimbar ini juga telah banyak dijumpai di masjid dan mushola modern karena desainnya yang bisa dibilang sederhana.  

Mimbar Mushola dengan Kursi

Source : Menjagad.com

Ada lagi model mimbar minimalis lain untuk khatib yang tidak mampu berdiri lama saat berkhotbah, yaitu mimbar dengan tambahan kursi. Umumnya, desain bagian depan mimbar ini dibuat tidak terlalu tinggi. Jadi, khatib masih dapat melihat jemaah saat berkhutbah, begitu pula sebaliknya. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah

Model Mimbar Mushola dengan Kubah

Source : Putushima.com

Rekomendasi mimbar mushola minimalis yang terakhir adalah mimbar yang diberi tambahan kubah. Daya tarik utama dari jenis mimbar ini ada pada desain kubahnya. Meski tampilannya minimalis, mimbar dengan kubah dapat menonjolkan nuansa elegan dan mewah. 

Ternyata, ada banyak model mimbar minimalis yang bisa dipilih untuk mushola, ya? Kamu hanya perlu memilih model mimbar yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memang perlu, tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dahulu, Pins. 

Misalnya langsung berkunjung ke gerai pengrajin mimbar dan melihat langsung desain yang sudah ada. Jadi, kamu bisa mendapatkan model mimbar yang benar-benar sesuai. Namun, kalau ingin membeli mimbar secara online, pastikan kamu mendapatkan harga dan kualitas yang terbaik.

Feature Image Source: Tokopedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download