BlogPemilik PropertiDesain HunianPerlu Tahu! Ini 6 Tips Membangun Rumah Hemat Biaya
0
0

Perlu Tahu! Ini 6 Tips Membangun Rumah Hemat Biaya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Meminimalisir Biaya Bangun Rumahtop-right-banner

Biaya bangun rumah biasanya merupakan masalah utama yang dialami oleh orang ketika berencana untuk membangun sebuah rumah. Tidak jarang biaya pembangunan rumah membengkak dari anggaran dan rencana awal sehingga menghambat proses pembangunan rumah Pins. Itu sebabnya, tips membangun rumah hemat biaya dibutuhkan.

Hal tersebut bisa diawali dengan detail dan teliti dalam menghitung anggaran biaya. Biasanya orang lebih memilih menggunakan jasa seorang arsitek ataupun kontraktor untuk membangun rumah eksklusif., namun Pins jangan langsung percaya dengan harga yang mereka tawarkan.

Dengan anggaran yang tepat, Pins bisa membuat rumah yang bagus seperti rumah di Cipayung ataupun Mutiara Gading City. Coba Pins cek sendiri perhitungan yang mereka berikan. Simak ulasan berikut ini untuk tahu apa saja tips membangun rumah hemat biaya sebelum kamu membangun rumah!

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Tips Membangun Rumah Hemat Biaya

Semua orang tentunya menginginkan sebuah rumah yang nyaman dan ideal, namun dengan biaya pembangunan yang semurah mungkin. Jika dipikir hal ini mustahil terjadi, karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. 

Akan tetapi, jika Pins cerdik dan kreatif maka Pins dapat melakukan beberapa alternatif untuk meminimalisir biaya bangun rumah. Biasanya yang menyebabkan biaya bangun rumah sangat mahal adalah penggunaan bahan materialnya. 

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah Dengan Mudah

1. Lunasi Hutang

Jika hanya memiliki budget terbatas untuk membangun rumah, jangan terlalu ambil resiko dengan bangun rumah yang besar. Hal tersebut tidak hanya menyebabkan kamu terjebak dalam jurang hutang terlalu dalam. Akibatnya, proyek bangunan yang diinginkan terhenti di tengah jalan dan rumah menjadi tidak selesai karena uang tidak mencukupi.

Saran yang tepat adalah bangun konsep rumah yang standard dulu namun didesain agar bisa perlahan-lahan dikembangkan dan diperluas. Desain bangun rumah harus memiliki minimal dua kamar mandi. Ini juga berlaku ketika Pins membangun rumah di sekitar Pasar Baru Bekasi.

Jika hanya ada satu kamar mandi, rumah akan memiliki kurang nilai jual ketika suatu saat berminat untuk menjual atau menyewakannya. Satu hal yang perlu untuk diketahui adalah saatnya untuk lebih berhemat di setiap pengeluaran yang ada.

2. Hati-hati dengan Kredit

tips membangun rumah hemat biaya
Source : CNBC

Akan lebih baik jika memiliki penghasilan tetap, dengan begitu akan ada banyak modal bantuan yang datang pada kamu. Perusahaan leasing selalu siap sedia menyediakan bantuan kredit pada pegawai berpenghasilan tetap. Namun berhati-hatilah, jika kita terlalu menggampangkan kredit, ada jeratan hutang yang menuntut kewaspadaan kita.

Dengan budget terbatas, lebih baik bangun rumah kecil dengan konsep minimalis terlebih dahulu. Apabila suatu saat ada uang lebih, Pins bisa perlahan-lahan memperbaikinya. Apakah kamu sudah mengansuransikan rumah? Ini sangat penting sebagai perlindungan rumah ketika ada sesuatu yang tidak diharapkan di masa depan. 

Baca juga: Menghitung Biaya Bangun Rumah Tipe 36/74 Komplit

3. Miliki Anggaran Biaya

Pastikan kamu telah merencanakan segala biaya yang yang kira-kira akan kamu keluarkan dan pastikan melakukan survey sendiri untuk mengetahui harganya. Pins juga dapat berkonsultasi dengan vendor untuk mengetahui perkiraan biaya yang nantinya akan dikeluarkan.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa ukuran rumah juga dapat membantu menghemat biaya pembangunan. Pastikan ukuran rumah yang akan dibangun merupakan angka kelipatan dari panjangnya bahan material yang digunakan. Hal ini bertujuan agar dapat membeli material pas sesuai yang dibutuhkan, jadi bisa meminimalisir waste.

4. Gunakan Produk Lokal

tips membangun rumah hemat biaya
Source : Pixabay

Hal ini dapat Pins kurangi dengan memilih brand lokal dibandingkan dengan yang luar. Banyak produk lokal yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau pula. Jika memang Pins tetap ingin menggunakan produk yang mahal, Pins bisa mencampur dua brand yang berbeda. 

Contoh simpelnya adalah semen. Pins bisa mencampur dua merk semen yang berbeda, kualitasnya pun nanti tidak jauh berbeda dengan yang mahal. Selain itu Pins juga dapat menghemat biaya bangunan dengan membangun rumah dengan ukuran yang tepat. 

Cobalah Pins membangun sebuah rumah dengan ukuran pas kelipatan 4 atau 3. Sebagian besar bahan material seperti besi dibeli dengan ukuran kelipatan 3. Oleh karena itu jika Pins bisa membeli ukuran yang pas, tanpa ada yang terbuang, maka Pins bisa menghemat banyak biaya pembangunan.

Baca juga: Mengurus Perizinan Lebih Mudah dengan Loket BPN Online

5. Pekerjakan Mandor yang Bisa Dipercaya

tips membangun rumah hemat biaya
Source : Pixabay

Cara lain untuk meminimalisir biaya bangun rumah adalah dengan menggunakan mandor atau tukang yang handal dan terpercaya. Biasanya seorang mandor yang berpengalaman akan mematok biaya yang agak tinggi, namun hal ini dapat membantu Pins mempercepat pembangunan rumah Pins. 

Semakin cepat proses pembangunannya, maka probabilitas membengkaknya biaya bangun rumah Pins juga akan semakin kecil. Terkadang banyak orang yang memilih untuk memilih mandor yang murah, namun tidak jarang waktu selesainya molor, biaya membengkak dan hasilnya kurang memuaskan. Oleh karena itu lebih baik Pins membayar sedikit lebih untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi sebenarnya banyak cara untuk meminimalisir biaya bangun rumah. Pins harus pinter mengakali biaya-biaya yang akan Pins keluarkan sehingga biaya totalnya tidak terlalu besar. Cobalah membuat sebuah anggaran biaya yang detail untuk setiap bagian ruangan atau proses. Jadi jika nanti memang ada kenaikan biaya, maka Pins bisa mengetahui kenaikan itu berasal dari mana.

6. Gunakan Konsep yang Proporsional

Untuk keluarga dengan anak antara 2-3 orang, konsep bangun rumah yang proporsional adalah 2,000 sq ft dan ini bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Jadi apakah kamu siap dengan konsep bangun rumah yang sederhana untuk budget terbatas? Dengan konsep ini, Pins akan bisa memperoleh rumah impian dengan perlahan-lahan.

Siapkan budget yang kamu butuhkan dan buatlah desain interior yang sesuai dengan budget. Ingat! Rumah sederhana bukan berarti tak menarik. Sederhana adalah Sesuatu yang indah dan bersahaja. Kembangkan konsep rumah yang indah tanpa harus terjebak dalam jurang hutang yang dalam.

Semoga dengan tips membangun rumah hemat biaya diatas Pins bisa menghemat biaya pembangunan Pins dan mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan Pins.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download