BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Model dan Desain Bordes Tangga yang Menarik
0
0

7 Model dan Desain Bordes Tangga yang Menarik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tangga merupakan salah satu elemen yang cukup penting pada rumah bertingkat. Jika jarak antar lantai terlalu jauh, jenis tangga berbentuk letter L dapat digunakan agar tangga tidak terlalu curam. Model yang seperti ini biasanya akan menyisakan sebuah ruang kecil yang disebut bordes tangga. Pada kesempatan kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa rekomendasi model bordes tangga.

Apabila jarak antara lantai satu dengan lantai dua terlalu jauh dan luas ruangan terbatas, cukup berbahaya apabila menggunakan tangga yang satu arah. Pada ruang yang terbatas, jika memaksakan bentuk tangga satu arah, akan membuat tangga curam. Oleh karena itu, jenis tangga berbentuk letter L atau tangga berlawanan arah dapat dijadikan solusi.

Menggunakan model tangga letter L akan membuat sebuah ruang kecil sebagai pembatas sebelum titian tangga berikutnya. Ruang kecil ini dapat Kamu rancang menjadi lebih menarik agar tidak memberikan kesan yang membosankan.

Kamu bisa buat bordes tangga di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Kamu juga dapat membangun rumah bermodel semi permanen sesuai dengan keinginan Kamu di Pengajuan KPR.

Baca juga: Tips Menentukan Ukuran Jendela Rumah

Model dan Desain Bordes Tangga yang Menarik

Bagi pemilik rumah berlantai dua, tentunya sudah tidak asing dengan istilah bordes tangga. Salah satu area pada tangga ini memang dianggap tidak terlalu penting. Sehingga banyak orang yang mengabaikannya.

Area penyambung tangga yang satu ini sebenarnya perlu didesain dengan baik. Agar dapat membuat tampilannya lebih hidup dan tidak terlihat membosankan. Guna mengisi kekosongan tersebut, Kamu dapat menggunakan dekorasi dinding. Misalnya seperti lukisan, rak gantung, atau pernak-pernik lainnya. Berikut ini desain dan model bordes tangga yang dapat membuat tampilannya menjadi menarik.

1. Bordes Tangga Sebagai Ruang Membaca

model bordes tangga
Source : Houzz

Jika Kamu termasuk orang yang gemar membaca, Kamu dapat meletakkan lemari buku pada area bordes tangga. Kamu dapat menggunakan lemari atau rak buku dengan warna yang cocok untuk dikombinasikan dengan warna tangga.

Lalu, ika area bordes sedikit lebih luas, Kamu juga dapat mengubah area bordes menjadi pojok membaca. Kamu juga dapat meletakkan karpet atau beberapa kursi kecil agar Kamu nyaman pada saat membaca.

2. Bordes Tangga Dihiasi Tanaman

Source : Good Plant Care

Jika Kamu mau memberikan nuansa alami di dalam rumah. Kamu bisa mencoba menaruh beberapa tanaman hias pada area yang satu ini. Mulai dari tanaman hias yang berukuran mini sampai yang berukuran sedang. Contohnya seperti sukulen dan kaktus, untuk pengaplikasiaannya Kamu dapat menggunakan ambalan kayu yang dipasang pada area kosong pada tangga.

Selain akan terlihat indah, suasana di area ini juga akan terasa lebih nyaman dan menyegarkan mata karena kehadiran tanaman hias tersebut. Untuk memberikan kesan yang lebih alami, Kamu juga dapat menggunakan tanaman merambat pada railing tangga.

3. Bordes Tangga dengan Sentuhan Tradisional

Source : Made-in-China

Jika konsep rumah Kamu menggunakan konsep tradisional. Kamu juga dapat menerapkan pada area bordes untuk mengisi kekosongan pada area tersebut. Kamu dapat menggunakan lukisan bertema etnik untuk menghiasi bagian dinding. Atau juga dapat menggunakan beberapa senjata tradisional seperti anak panah dan busur panah untuk mengisi kekosongan pada area bordes.

Akan lebih bagus jika anak tangga di rumah Kamu dibuat dari materi papan kayu. Pastinya akan lebih menambah kesan unik dan tradisional pada tangga di rumah.

4. Bordes Tangga dengan Rak Buku Mini

Source : iStairs

Desain berikutnya yaitu menggunakan rak buku mini pada area penyambung tangga. Hal ini sangat cocok untuk Kamu yang gemar mengoleksi buku. Kamu dapat menggunakan rak dinding bersekat berukuran minimalis dan memasangnya di dinding area penyambung tangga.

Jika Kamu merasa koleksi buku yang dimiliki cukup banyak dan tidak cukup ruang untuk menyimpan. Kamu juga dapat menambahkan rak dinding bersekat di sepanjang tangga untuk menyimpan buku-buku tersebut.

Baca juga: 7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

5. Bordes Tangga dengan Jendela

Jika Kamu merasa ruangan di dekat tangga terasa kurang pencahayaan. Kamu dapat memanfaatkan area penyambung tangga untuk menghadirkan pencahayaan alami dari luar rumah. Kamu dapat menerapkan bentuk jendela memanjang untuk memberikan kesan ruangan yang lebih tinggi. Atau bisa juga menggunakan model jendela kaca yang lebar dan besar untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih terang.

Selain berguna untuk tempat masuknya cahaya, Kamu juga dapat menikmati pemandangan yang ada di sekitar rumah Kamu. Pada saat naik atau turun tangga.

6. Bordes dengan Tempat Bersantai

Source : Youtu

Kamu juga dapat menjadikan bordes tangga sebagai salah satu tempat untuk Kamu bersantai di pagi atau sore hari. Kamu dapat menaruh bangku panjang yang dilapisi bantal empuk agar nyaman ketika nongkrong di bordes tangga. Tampilan ini akan semakin indah jika Kamu memberikan jendela pada area dinding bordes.

Baca juga: Plus Minus Pemakaian Atap Beton Untuk Hunian

7. Sentuhan Cahaya pada Bordes

Source : Homify

Guna memperindah tampilan bordes, Kamu dapat menambahkan dekorasi berupa lampu yang menyorot bagian bordes. Desain bordes tangga akan semakin indah jika Kamu memberikan elemen lampu LED pada anak tangga. Dekorasi yang mendapatkan banyak cahaya akan memberikan kesan modern pada interior rumah.

Itu dia beberapa model dan desain bordes tangga yang menarik. Bagi Kamu yang mempunyai area bordes tangga, Kamu dapat menjadikan beberapa contoh diatas sebagai inspirasi di rumah Kamu. Semoga bermanfaat ya!

Baca jugaDesain Rumah Kontainer yang Unik dan Minimalis

Source Feature ImagePixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download