Tutorial Menghitung Kebutuhan Genteng Agar Tidak Kurang dan Lebih.

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412
  • Blog
  • Properti
  • Cara Menghitung Kebutuhan Atap Genteng Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Atap Genteng Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 18 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara menghitung kebutuhan atap genteng rumah harus dilakukan dengan benar. Atap rumah atau genteng berfungsi sebagai penutup atas rumah mempunyai berbagai macam fungsi, selain untuk melindungi rumah dari air hujan dan panas matahari. Juga berfungsi untuk memberikan keindahan arsitektur rumah, dari segi keamanan atap rumah berfungsi untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Pinhome – Dalam memilih bahan penutup atap sebaiknya dipilih material dengan kualitas yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa kerusakan tersebut tentunya sangat merepotkan dalam perawatanya, bayangkan jika untuk mengganti satu genteng yang pecah saja kita harus naik turun ke atap.

Baca Juga:

Jenis-jenis Atap Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Rumah
(Unsplash)

Sebelum melaksanakan pekerjaan atap rumah terlebih dahulu kita hitung berapa kebutuhan material yang akan digunakan nantinya. Sehingga pada saat pengerjaan berlangsung tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan material yang tentunya akan mengganggu kelancaran pembangunan rumah.

Baca Juga:

Cara Menghitung Kebutuhan Atap Genteng Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Rumah
(Unsplash)

Volume atap dapat dihitung dalam satuan luas per meter persegi.

Misalnya kita akan membangun sebuah bangunan sekolah dengan ukuran 6 m x 10 m dengan bentuk atap pelana tanpa bentuk lain dengan kemiringan atap 35%. Pada sisi samping kanan dan kiri atap dilebihkan sepanjang 1 m untuk melindungi dinding pada sisi luar dan membuat bangunan menjadi sejuk.

Jadi untuk arah memanjang didapatkan panjang atap 12 m dan sisi miring atap adalah 4,879 m, seperti gambar dibawah ini

Luas atap dapat kita hitung dengan rumus persegi panjang yaitu (12 m x 4,879 m) x 2 buah = 117,096 m persegi.

Kemudian dari perhitungan atap tersebut kita dapat volume sebesar 117,096 meter persegi. Untuk menghitung berapa buah genteng yang diperlukan kita dapat mengalikan volume atap tersebut dengan jumlah kebutuhan genteng per meter persegi yang kita hitung sebelumnya sesuai ukuran ganteng.

Baca Juga:

Perhitungan Sesuai Ukuran Genteng

(Furnizing)

Misalnya untuk jumlah genteng kodok per m2 = 25 buah

Maka total genteng yang dibutuhkan adalah 25 buah x  117,096 meter persegi = 2927.4 buah, dibulatkan menjadi 29278 buah genteng.

Dalam pembelian jangan lupa menambahkan jumlah genteng dengan angka keamanan untuk menjaga kekurangan genteng akibat pecah , rusak dan hal-hal lainya, misalnya dalam perhitungan atap genteng di atas selanjutnya Pins membeli genteng sebanyak 3000 buah

Itulah cara menghitung kebutuhan genteng. Pins bisa menerapkan cara ini agar material yang Pins beli tidak kurang atau justru berlebihan.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel