BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Bahan Bangunan Berkualitas Bagus untuk Membangun Rumah
0
0

9 Bahan Bangunan Berkualitas Bagus untuk Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Memilih bahan bangunantop-right-banner

Memilih bahan bangunan berkualitas diantara banyak pilihan memang tidak semudah membalikkan tangan. Ini karena memerlukan berbagai pertimbangan serta pengetahuan mengenai bahan bangunan sehingga dapat diputuskan untuk memilih bahan bangunan kualitas terbaik dari macam-macam pilihan yang ada.

Sama halnya dengan Rumah Ekslusif yang disediakan oleh Pinhome ini. Baik rumah bekas di Mojokerto hingga perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa menggunakan bahan bangunan kualitas bagus. Rekomendasi properti dari Pinhome juga mempertimbangkan lokasi hunian seperti dekat dengan pusat perbelanjaan sekelas BTM Bandung.

Jadi, apa saja pertimbangan dalam memilih bahan bangunan? Apa saja bahan bangunan berkualitas yang harus kamu miliki untuk membangun rumah? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Contoh Bahan Bangunan Berkualitas

Ada cukup banyak bahan bangunan kualitas bagus yang harus kamu miliki. Beberapa bahan bangunan yang harus kamu beli saat ingin membangun rumah antara lain:

1. Semen

Bahan Bangunan Kualitas Bagus
Source : Shutterstock

Material semen adalah salah satu bahan paling penting untuk rumah yang harus perhatikan. Kualitas suatu bangunan sangat tergantung dengan semen yang dipilih. Oleh karena itu, kamu tidak boleh memilihnya dengan sembarangan.

Semen ini digunakan untuk merekatkan batu bata pada bangunan. Selain itu, material ini juga digunakan untuk menempel keramik ke lantai. Jadi, pilihan semen terbaik agar bangunan kamu bisa kokoh.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Terbaru

2. Besi Beton

Source : Shutterstock

Material yang satu ini digunakan untuk membuat rangka dan konstruksi rumah. Ukurannya sendiri pun beragam menyesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih menggunakan besi beton berukuran 10 mm sampai 12m.

Besi beton juga terbagi dari beberapa jenis. Beberapa diantaranya adalah beton polos, beton ulir, besi hollow dan besi siku. Mengingat fungsinya yang penting kamu bisa memilih besi beton dengan kualitas SNI. Ciri-cirinya adalah pilih besi beton yang tidak memiliki lipatan, retakan, gelombang, dan juga serpihan. 

3. Kayu

Source : Wikimedia Commons

Material kayu cukup banyak digunakan pada bagian rumah. Misalnya untuk membuat rangka atap, kusen pintu, jendela dan sebagainya. Bahan kayu dipilih karena memiliki sifat yang tahan lama, solid, kedap suara, serta sangat mudah dipaku.

Kamu bisa memilih jenis kayu berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya adalah kayu bangkirai, kayu kelapa, kayu jati, kayu merbau, kayu kamper, dan kayu meranti.

4. Paku

Source : Pxhere

Dengan ukurannya yang kecil, paku ini memiliki fungsi yang sentral. Paku memiliki fungsi untuk menyambungkan berbagai material kayu atau triplek dalam suatu bangunan. 

Jenis paku sendiri beragam untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tersedia paku mulai dari ukuran 2 cm hingga yang lebih panjang untuk bisa memaku beberapa balok yang tebal.

Berdasarkan fungsinya, paku dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya ada paku seng, paku beton, paku payung dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Menghemat Bahan Bangunan

5. Batu Bata

Bahan Bangunan Kualitas Bagus
Source : Shutterstock

Material ini digunakan untuk membangun dan membentuk rumah. Jenisnya pun terbilang beragam, bata merah, batu bata berlubang , batu bata hebel.

Pentingnya peran batu bata dalam pembangunan rumah mengharuskan kamu bisa memilih jenis bata yang terbaik. Batu bata yang baik umumnya berbentuk segi empat. Menyerap air, memiliki warna hati, memiliki suara gemerincing ketika terbentur.

6. Triplek

Source : Shutterstock

Salah satu material lain yang cukup banyak digunakan pada pembangunan rumah ialah triplek. Penggunaannya bisa dibutuhkan saat membuat plafon rumah atau menutup langit-langit rumah.

Terdapat banyak jenis triplek yang bisa digunakan misalnya melaminto,  teakblock, blockboard dan medium density fiberboard (MDF). Triplek Melaminto merupakan campuran dari melamine dan polyester yang kemudian diberi warna.

Teablock sendiri berupa lembaran-lembaran kayu jati yang ditumpuk menjadi satu kesatuan dan dipres. Sedangkan MDF merupakan papan serat kayu nak dengan serat kayu keras yang dipres dengan mesin bertemperatur dan bertekanan tinggi.

Hal ini membuat permukaannya lebih rata dan sering jadi bahan furnitur atau alas meja. Dari jenis triplek di atas ada yang sifatnya elastis, keras maupun softi yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Pasir

Bahan Bangunan Kualitas Bagus
Source : Shutterstock

Material pasir adalah bahan yang yang memiliki berbagai fungsi sekaligus. Selai digunakan untuk plesteran dinding, pasir juga dipakai sebagai campuran pembuatan batako.

Kamu bisa melihat kualitas pasir dari tekstur yang lebih kasar dengan batuan lebih besar.  Ada banyak jenis yang bisa kamu pakai, mulai dari pasir elod, pasir pasang, pasir beton,  pasir mundu dan pasir merah.

8. Kerikil

Source : Pxhere

Kerikil merupakan material bangunan yang digunakan untuk campuran semen dan pasir untuk membuat beton. Beton ini dipakai untuk pondasi dinding dan pagar. Ukuran batu kerikil yang digunakan beragan mulai 5-50 mm dengan rentang jarak per 5 mm.

9. Baja

Source : Pxhere

Tak kalah penting dari kerikil yakni baja sebagai kerangka menguatkan dinding. Baja ringan berguna untuk menahan atap dan lebih aman daripada memakai kayu.

Demikian beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih bahan bangunan terbaik diantara banyak pilihan, dengan memilih bahan bangunan yang benar maka akan didapatkan keuntungan. 

Misalnya dari segi penghematan biaya pembangunan, kualitas bangunan sampai dengan masa ketahanan bangunan itu sendiri dan semua itu akan menjadi sebuah hal yang merugikan dikemudian hari jika kita salah memilih bahan bangunan dengan benar. Selamat berbelanja bahan bangunan.

Baca juga:

Feature Image Source: Peakpx


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download