BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Memanfaatkan Lahan Kosong yang Menguntungkan dan Menghasilkan
0
0

10 Cara Memanfaatkan Lahan Kosong yang Menguntungkan dan Menghasilkan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
memanfaatkan lahan kosongtop-right-banner

Terdapat banyak sekali cara yang dapat Kamu lakukan untuk memanfaatkan lahan kosong agar dapat menguntungkan dan menghasilkan. Sama dengan jenis properti lainnya, tanah juga dapat dimanfaatkan sebagai instrumen investasi yang menjanjikan jika dikelola dengan tepat.

Mengingat, tanah kosong juga mempunyai capital gain yang terbilang cukup tinggi, karena harga jualnya yang tiap tahunnya akan mengalami peningkatan terus-menerus. Tidak hanya itu, tanah juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan passive income, jika Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong tersebut dengan sebaik mungkin.

Masih banyak orang yang bingung perlu melakukan apa terhadap lahan kosong yang dimiliki. Jika ditamani sayuran, harus mempertimbangkan bagaimana cara merawatnya dan akan dikemanakan hasil panennya. Terkadang kita juga memiliki pemikiran untuk menyewakan lahan kosong kepada pihak ketiga yang membutuhkan dan masih banyak lagi pemikiran tentang pemanfaatan lahan kosong.

Nah, bagi Kamu yang masih binggung mau diapakan lahan kosong yang Kamu miliki. Kali ini Pinhome telah merangkum beberapa cara memanfaatkan lahan kosong yang menguntungkan dan menghasilkan. Simak baik-baik ya.

Kamu dapat mencari rumah nyaman yang dijual rumah baru di Kabupaten Bogor dan rumah bekas di Kec Bandung Kamu juga dapat memanfaatkan lahan kosong di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 14 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

Cara Memanfaatkan Lahan Kosong yang Menguntungkan dan Menghasilkan

 Memanfaatkan Lahan Kosong
Source : Pixabay

Apakah Kamu mempunyai tanah kosong yang tidak produktif? Daripada dibiarkan begitu saja, lebih baik dimanfaatkan untuk menjadi lahan bisnis. Menggunakan tanah yang tidak produktif untuk dijadikan sumber pendapatan keluarga memanglah ide yang cemerlang.

Akan tetapi, tidak sedikit pemiliknya mengerti cara memanfaatkan lahan kosong agar menjadi lahan usaha. Biasanya, mereka akan menyewakan lahannya kepada pebisnis lain, sehingga aset tersebut menjadi sumber passive income. Berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan lahan kosong.

1. Bisnis Rumah Kontrakan

Ide bisnis properti yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong yaitu dengan membangun rumah kontrakan. Membuat bisnis kontrakan dapat menghasilkan pundi-pundi yang cukup menjanjikan. Tidak hanya passive income, uang yang bisa didapatkan dari jenis bisnis ini juga cukup untuk dijadikan sebagai penghasilan utama.

2. Membuat Area Parkir

 Memanfaatkan Lahan Kosong
Source : Pixabay

Jika Kamu mempunyai lahan kosong yang berada di dekat dengan area pemukiman padat penduduk seperti gang yang sempit. Kamu dapat menyewakan tanah tersebut kepada masyarakat sekitar untuk dijadikan lahan parkir kendaraan. Selain lahan parkir, tanah tersebut juga dapat disewakan kepada para pedagang hewan kurban ketika menjelang hari raya Idul Adha.

3. Bisnis Kos-Kosan

Jika lokasi lahan kosong Kamu berada di lokasi strategis, seperti dekat dengan aktivitas perkantoran atau kampus, permintaan akan kamar kos pastinya akan selalu tinggi. Semahal apapun harga yang akan ditawarkan, permintaan pasar akan tetap tinggi.

Bisnis menyewakan kos-kosan membutuhkan usaha yang lebih jika dibandingkan dengan menyewakan rumah. Akan tetapi, jika dibandingkan, penghasilan dari usaha menyewakan rumah kos tentunya akan jauh lebih besar dibandingkan dari menyewakan rumah secara kontrak. Terutama jika rumah kos disertai dengan fasilitas-fasilitas yang baik kepada para penghuninya.

4. Pujasera

Lahan kosong yang terletak berhadapan langsung dengan jalan besar yang ramai sangatlah cocok untuk dijadikan pusat jajanan serba ada (pujasera). Kamu dapat mengajak para penjual makanan kaki lima di daerah tersebut untuk bergabung dan berjualan di lahan kosong ini. Nantinya Kamu dapat mengambil uang sewa tempat secara rutin setiap bulannya.

Perlu diingat, jangan mematok uang sewa terlalu tinggi atau mahal agar banyak penjual makanan yang tertarik untuk bergabung.

Baca juga: 10 Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

5. Jual Beli Tanah Kavling

Source : Pixabay

Bisnis jual-beli tanah dapat dijadikan salah satu jenis usaha yang menarik untun memanfaatkan lahan kosong. Tidak bisa dipungkiri bahwa harga tanah yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat jual beli tanah menjadi ide bisnis properti yang cukup menjanjikan.

Cara pemanfaatan tanah kosong dengan jual-beli tanah pun dapat dibilang cukup sederhana. Terutama saat ini, di mana proses jual beli properti bisa dilakukan secara daring.

6. Membuat Lahan Pertanian

Jika tanah yang Kamu punyai berada di kawasan pinggiran atau bahkan pedesaan, Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk pertanian. Pemanfaat lahan kosong untuk pertanian juga cukup menjanjikan, terutama untuk tanah yang berada di kawasan pedesaan.

Jika mempunyai minat untuk terjun ke bidan agrikultur, Kamu bisa menanam sendiri sejumlah tanaman untuk kemudian dijual kembali.

7. Membuat Peternakan

Selain pertanian, memanfaatkan lahan kosong untuk peternakan juga merupakan salah satu ide bisnis yang menarik. Misalnya Kamu mempunyai lahan kosong dan sedikit modal untuk membeli beberapa ekor hewan ternak, seperti domba, sapi, dan kambing. Hewan-hewan tersebut bisa Kamu ternak sendiri, atau meminta bantuan orang lain yang memang mengerti untuk mengurus hewan-hewan ternak tersebut.

8. Membuka Cafe

Source : Pixabay

Saat ini, usaha kuliner dan tempat nongkrong semakin banyak disenangi oleh masyarakat. Dengan modal lahan kosong, Kamu dapat membuat cafe outdoor yang estetik dengan menu simpel akan tetapi digemari oleh banyak orang.

Kamu juga dapat bekerja sama dengan merek franchise tertentu jika Kamu tidak ingin pusing memikirkan konsepnya. Walaupun membutuhkan uang yang cukup banyak, modal tersebut dapat mencakup biaya pembangunan banner, booth, peralatan dapur, seragam karyawan, dan bahan training.

Baca juga: 6 Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko, Penting!

9. Menyewakan untuk Tower BTS

Lahan kosong juga bisa Kamu sewakan kepada perusahaan provider telekomunikasi yang sedang membutuhkan lahan untuk membangun Base Transceiver Station (BTS). Luas lahan kosong yang disewakan biasanya berukuran 15 x 15 meter, dengan nilai sewa sebesar Rp120.000.000 selama 12 tahun. Akan tetapi, harga tersebut bisa berbeda tergantung dengan jenis tanah, lokasi, dan pasaran harga tanah di daerah tersebut.

10. Usaha Sewa Gedung

Jika Kamu mempunyai modal yang besar, lahan kosong yang telah kamu miliki juga dapat dimanfaatkan untuk membangun sebuah gedung. Kamu dapat menjalankan bisnis sewa gedug dengan memanfaatkan lahan tersebut.

Kamu juga dapat menambahkan beberapa fasilitas agar para penyewa nyaman dalam menggunakan gedung yang Kamu miliki.

Itu dia beberapa cara memanfaatkan lahan kosong yang menguntungkan dan menghasilkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Telaga Golf dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download