BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! Begini Cara Membuat Sumur Resapan dan Manfaatnya
0
0

Catat! Begini Cara Membuat Sumur Resapan dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamu mungkin sudah cukup sering mendengar istilah ‘sumur resapan’. Akan tetapi, apakah Kamu sudah tahu cara mebuat sumur resapan yang benar? Jika belum, pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan cara membuat sumur resapan yang benar beserta manfaat dari sumur resapan.

Sumur resapan merupakan salah satu usaha pengelolaan air sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat luas. Walaupun terbilang sederhana, membangun sumur satu ini bisa mengembalikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Cara untuk membangunannya sendiri cukup mudah, akan tetapi masih banyak orang yang menerapkannya karena kurangnya kesadaaran dan pengetahuan.

Sumur resapan bisa memudahkan air hujan terserap ke dalam tanah. Aliran air di permukaan tanah juga dapat diminimalisir. Pada daerah-daerah yang berpotensi banjir, sumur resapan dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Cara Membuat Sumur Resapan

Source : Pixabay

Dengan menggunakan perlengkapan dan material yang ada saat ini, membuat sumur resapan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk membuat sumur satu ini.

1. Mempunyai lahan yang cocok

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia pada lamar resmi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lahan yang dapat memenuhi syarat dan bisa digunakan untuk membuat sumur resapan yaitu lahan yang datar dan struktur tanahnya tidak labil, jauh dari timbunan sampah dan septic tank, dan bebas dari belerang.

Kamu juga harus memastikan jarak sumur resapan tidak kurang dari 5 meter dengan septic tank dan tidak kurang dari 1 meter dengan pondasi hunian Kamu.

2. Menggali Tanah

Pada lahan yang sudah Kamu pilih, Kamu dapat memulai untuk membuat sumur dengan diameter kurang lebih 80-100 cm. Kamu dapat menggali tanah sampai kedalamannya sekitar 1,5 meter. Akan tetapi janga sampai lebih dari permukaan air tanah. Tujuan dari hal ini yaitu sumur digunakan untuk menampung air dari luar, bukan mengeluarkan air dari dalam.

3. Memasang Dinding Sumur

Setelah Kamu sudah menggali sumur dengan kedalaman yang cukup, Kamu dapat menggunakan buis beton untuk memperkuat dinding sumur pada bagian bawahnya. Pada bagian atasnya, Kamu dapat menggunakan batu bata yang disusun merata berkeliling.

4. Memasang Saluran Air Masuk

Berikutnya yaitu memasang saluran tempat masuknya air ke dalam sumur. Saluran satu ini dapat dihubungkan langsung dengan talang air memakai pipa paralon.

5. Memasang Saluran Pembuangan

Source : Pixabay

Cara membuat sumur resapan selanjutnya yaitu Kamu juga harus melakukan pemasangan saluran pembuangan air dari sumur ke arah selokan. Fungsi dari saluran satu ini yaitu untuk membuang kelebihan air yang ada di dalam sumur. Pipa pembuangan perlu diletakkan lebih tinggi dari permukaan air selokan.

6. Mengisi Lapisan Dasar Sumur

Pada bagian dasar sumur, Kamu bisa memasukan pecahan batu dan kerikil. Lalu, Kamu dapat menutup dengan ijuk pada bagian atasnya. Masukkan material ini sampai ketebalannya kurang lebih 15 cm. Fungsi dari tahap ini yaitu sebagai penyaring air.

7. Memasang Penutup Sumur

Cara membuat sumur resapan yang terakhir yaitu dengan memasang penutupnya. Tutup lah sumur yang digunakan dapat terbuat dari beton yang sesuai denga buis beton yang sebelumnya. Beberapa orang menutup kembali tutup sumur dengan tanah agar lahan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain. Sumur resapan telah selesain dibuat.

Manfaat Sumur Serapan

Source : Pixabay

1. Mengurangi Risiko Banjir

Keberadaan teknologi sederhana satu ini bisa meminimalisir risiko banjir. Harus Kamu pahami, semakin banyak air yang mengalir dan menggenang pada permukaan tanah, risiko banjir akan lebih tinggi. Oleh karena itu, Kamu harus mengalirkannya ke saluran pembuangan yang lebih besar lagi seperti sumur resapan.

2. Meminimalisir Air Hujan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sumur serapan bermanfaat untuk mencegah terjadinya genangan air pada saat hujan deras. Pada saat tidak bisa lagi menyerap setiap tetes air hujan, sumur serapan akan berfungsi sebagai parit yang menampung kelebihannya. Efeknya, pekarangan dan hunian Kamu terhindar dari genangan air.

Hal ini cukup penting, karena genangan air hujan bisa mengakibatkan erosi jika terus-terusan terjadi. Jika lapisan tanah terus terkikis, risiko pergerakan tanah akan semakin tinggi karena strukturnya tidak stabil.

3. Menampung Air Bersih untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Sumur resapan biasanya dibangun jauh dari parit dan septic tank agar air yang tertampung akan tetap bersih. Hal ini membuat tidak tercampur dengan limbah cair rumah tangga. Hal ini juga bertujuan agar air yang ditampung bisa menjadi alternatif sumber air bersih ketika dibutuhkan sehari-hari. Contohnya saja untuk mencuci pakaian, mencuci mobi, menyiram tanaman, ataupun mandi.

4. Dapat Menjadi Sumber Air untuk Irigasi Pertanian

Source : Pixabay

Jika di sekitar rumah Kamu terdapat banyak kebun dan sawah, pembuatan sumur resapan sangat dianjurkan. Kegiatan pertanian ataupun perkebunan pastinya membutuhkan sumber air yang tidak sedikit untuk irigasi. Sedangkan kondisi curah hujan tidak dapat diprediksi dengan akurat. Sehingga ketika terjadi kekeringan, Kamu dapat memanfaatkan air yang tertampung di sumur sebagai sumber air cadangan.

5. Menjaga Kelembaban Tanah

Tanah yang berada di sekitar sumur resapan juga akan terjaga kelembabannya. Sehingga sangat cocok untuk dipakai bercocok tanam. Sehingga Kamu dapat menanam beraneka ragam sayuran di halaman, tanpa takut kekurangan air. Walaupun begitu, jangan menanam terlalu dekat edngan sumur agar tanaman Kamu tidak mengalami pembusukan akar.

Itu dia penjelasan tentang cara membuat sumur resapan dan manfaatnya. Semogai informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download