BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Biaya Sumur Bor? Yuk Simak Detailnya di Sini!
0
0

Berapa Biaya Sumur Bor? Yuk Simak Detailnya di Sini!

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Air sumur.top-right-banner

Sumur bor adalah salah satu infrastruktur vital yang memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan air bersih di berbagai wilayah. Dengan demikian, biaya sumur bor menjadi pertimbangan penting ketika seseorang memutuskan untuk meluangkan waktu dan sumber daya dalam pembuatan sumur bor.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sumur menjadi salah satu pasokan air minum sehari-hari, pertanian, industri, atau bahkan kebutuhan komersial. Sementara yang umumnya dicari adalah biaya sumur bor 30 meter untuk memastikan bahwa pengeboran mencapai titik air.

Sebelum membahas lebih lanjut, penting juga mengetahui Rumah Ekslusif seperti Avoria Estate karena tampilan serta kualitasnya. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang atau rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Apa Itu Sumur Bor?

Pentingnya mengetahui biaya sumur bor.
Source : Freepik

Sumur bor adalah jenis sumur yang dibuat dengan mesin dan berfungsi untuk mengambil air. Air ini kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari di sekitarnya.

Salah satu keuntungan utama dalam menggunakan sumur bor adalah Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan setiap bulan untuk membayar penggunaan air di rumah. Selain itu, air dari sumur bor yang umumnya tidak tercemar biasanya tidak memiliki bau dan lebih aman bagi kesehatan karena tidak mengandung campuran bahan kimia.

Namun, kekurangan dalam menggunakan sumur bor adalah ketergantungan pada pasokan tenaga listrik. Jika rumah mengalami pemadaman listrik, pompa air secara otomatis tidak akan berfungsi, dan Kamu tidak dapat mengambil air dari dalam tanah sama sekali.

Kamu juga perlu menjadi lebih bijak dalam menggunakan air karena tidak ada biaya bulanan yang harus dibayarkan untuk pemakaian air. Dengan menggunakan air dengan bijak, Kamu dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan alam.

Hal itu karena terdapat potensi bahaya dari penggunaan sumur bor, yakni potensi eksploitasi berlebihan terhadap air tanah yang dapat mengakibatkan terbentuknya rongga besar dalam lapisan bumi. Rongga ini terbentuk karena penurunan kadar air tanah yang lebih cepat dibandingkan dengan proses pengisian ulangnya.

Baca juga: Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah

Jenis-Jenis Sumur Bor

Ilustrasi biaya sumur bor.
Source : Freepik

Berdasarkan buku “Utilitas Bangunan Modul Plumbing” yang disusun oleh Ir. Theresia Pynkyawati, MT. dan Ir. Shirley Wahadamaputera, MT., sumur dengan menggunakan pompa atau sumur bor dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Pompa Shallow Well Pump

Pompa ini efektif digunakan untuk sumur dengan kedalaman hingga 18 meter atau setara dengan 3 kali panjang pipa. Penggunaan pipa dalam hal ini cukup menggunakan pipa tunggal.

2. Pompa Deep Well Pump

Pompa ini efektif digunakan untuk sumur dengan kedalaman minimal 20 meter atau setara dengan 3,5 kali panjang pipa. Penggunaan pipa dalam hal ini menggunakan pipa ganda (pipa dobel), dimana satu pipa berfungsi untuk menekan air dan satu pipa lainnya untuk menyedot air.

Baca juga: Rekapitulasi Anggaran Biaya Rumah

Cara Kerja Sumur Bor

Pipa untuk biaya sumur bor.
Source : Freepik

Dengan menggunakan metode sumur bor, Kamu dapat memperoleh sumber air dalam yang lebih bersih dan memiliki kemungkinan lebih kecil terkontaminasi oleh polutan asing. Berikut adalah cara kerja untuk mendapatkan air dari sumur bor:

1. Perencanaan Biaya Pembuatan Sumur Bor

Langkah awal yang harus dilakukan adalah merencanakan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membuat sumur bor di rumah. Cari referensi harga dan biaya pekerjaan melalui berbagai sumber agar Kamu dapat menyiapkan dana yang diperlukan dengan baik, sehingga tidak akan mengalami kekurangan dana saat proses penggalian sudah dimulai.

2. Menentukan Kedalaman Sumur Bor

Kamu perlu menentukan kedalaman sumur bor yang akan digali. Pertimbangkan kondisi lingkungan di sekitar rumah karena semakin padat lingkungan di sekitar rumah, semakin dalam sumur yang dibutuhkan untuk memastikan air yang diperoleh bersih dan terhindar dari pencemaran.

Dengan demikian, semakin dalam sumur yang digali, maka biaya yang diperlukan juga akan semakin besar, dan Kamu akan memerlukan pompa air tanah dengan kemampuan yang lebih tinggi. Selain itu, perlu dicatat bahwa pompa air submersible terbaik bisa menjadi solusi untuk pemilik sumur dalam.

Baca juga: Menghitung Biaya Pondasi Rumah Dengan Mudah

Biaya Sumur Bor Terbaru

Mengetahui biaya sumur bor.
Source : Freepik

Biaya pembuatan sumur bor sebenarnya sangat bervariasi dan ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini termasuk kedalaman sumur, lokasi di mana sumur akan dibor, serta jenis peralatan mesin pompa dan pipa yang akan digunakan.

Di bawah ini adalah estimasi biaya pembuatan sumur bor berdasarkan beberapa kriteria yang berbeda:

1. Biaya Berdasarkan Diameter Pipa:

  • Jika memilih diameter pipa 4 inci, biaya pengeboran dengan menggunakan jet pump adalah sekitar Rp150.000 per meter.
  • Untuk diameter pipa 5 inci, biaya pengeboran sumur dalam (deep well drilling) adalah sekitar Rp300.000 per meter.
  • Dan jika memerlukan diameter pipa 6 inci, biaya pengeboran sumur dalam (deep well drilling) adalah sekitar Rp500.000 per meter.

2. Biaya Berdasarkan Kedalaman Sumur:

  • Jika kedalaman sumur yang diinginkan adalah 20 meter, biaya estimasinya sekitar Rp2.000.000.
  • Untuk kedalaman sumur 30 meter, biaya estimasinya adalah sekitar Rp3.000.000.
  • Jika memerlukan sumur dengan kedalaman 40 meter, biaya estimasinya adalah sekitar Rp4.000.000.
  • Kedalaman sumur 50 meter akan memiliki biaya estimasi sekitar Rp5.000.000.
  • Sedangkan untuk sumur dengan kedalaman 60 meter, biaya estimasinya adalah sekitar Rp6.000.000.

Itulah pengertian hingga estimasi biaya pembuatan sumur bor dan perlu diingat bahwa biaya ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Sementara jika Kamu menggunakan jet pump, Kamu perlu tahu cara pasang kabel otomatis jet pump.

Jadi sebelum melakukan atau menggali sumur bor, Kamu sebaiknya berkonsultasi dengan penyedia jasa sumur bor terkait untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Rincian Biaya dan Cara Bangun Rumah 10 Juta

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download