BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Jenis Tanaman Penetral Air Kolam Sehingga Tidak Cepat Kotor
0
0

9 Jenis Tanaman Penetral Air Kolam Sehingga Tidak Cepat Kotor

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Banyak yang memiliki pendapat bahwa keberadaan kolam ikan bisa memberikan energi positif pada penghuni rumah tersebut. Namun selain itu, kolam juga bisa memberikan suasana yang tenang dan rileks pada penghuni rumah tersebut. Namun sayangnya, masih banyak orang yang malas membersihkan air kolam sehingga sering kali air kolam didapati sudah keruh atau sudah terlalu banyak kotoran yang ada di dalamnya. Maka dari itulah banyak yang menggunakan tanaman penetral air kolam saat ini.

Pinhome – Pins, tahukah kamu bahwa tanaman yang berguna untuk membantu menetralkan air kolam memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Manfaat tersebut diantaranya adalah bisa membantu penyerapan racun, bisa menjadi tempat berkembang biak ikan dalam kolam, dan mampu menambah persediaan oksigen dalam kolam ikan. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi tanaman air yang dipakai untuk membantu menjernihkan air kolam supaya tak mudah kotor.

Pins, perlu diketahui bahwa tanaman air tak semuanya memiliki manfaat untuk membantu menjernihkan air kolam. Pins harus bisa memilih jenis tanaman air yang berkualitas bagus sekaligus memiliki tampilan menarik agar supaya bisa berguna untuk menjernihkan air sekaligus menjadi hiasan dalam kolam.

1. Tanaman Ganggang Rantai

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Merupakan jenis tanaman yang memiliki sifat mampu meningkatkan kadar oksigen dalam air dengan mudah. Pins yang meletakkan tanaman ini di kolam ikan maka akan mendapatkan manfaat berupa membantu menjaga kejernihan air kolam sekaligus memberikan ikan persediaan oksigen yang cukup.

Bentuk tanaman Ganggang Rantai yang cukup besar juga terkadang dipakai oleh ikan-ikan kecil untuk berlindung dan berteduh. Untuk ukuran satu tandan tanaman ini bisa dipakai untuk kolam dengan luas sekitar 3 meter persegi.

2. Tanaman Apu-Apu

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Adalah sebuah tanaman penjernih air kolam yang memiliki ciri khas permukaan tanaman yang ditumbuhi bulu halus mirip seperti kain beludru. Tanaman air ini juga memiliki akar yang berwarna putih yang membuatnya terlihat lebih eksotik.

Untuk memelihara tanaman ini di kolam Pins tak perlu melakukan perawatan secara khusus karena untuk mengurusnya relatif lebih mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

3. Tanaman Tifa

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Tanaman ini memiliki nama Latin Typha Latifolia yang mana sangat mudah Pins temukan di alam liar. Ciri khas dari tanaman ini adalah bisa dikenali dari batang tanaman yang berbentuk memanjang serta dengan bentuk bunga yang mirip dengan cerutu.

4. Tanaman Eceng Gondok

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Tanaman yang dikenal sebagai tanaman gulma ini juga bisa bermanfaat sebagai tanaman penjernih air kolam ikan. Namun beberapa orang enggan memakainya karena sifat pertumbuhannya yang sangat cepat. Jika tanaman eceng gondok sudah terlihat banyak dan memenuhi area kolam, maka sebaiknya segera angkat untuk memberikan ruang pada ikan mendapatkan oksigen yang cukup dalam kolam ikan.

5. Tanaman Teratai

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Nama Latin dari tanaman teratai ini adalah nyamphaea yang menjadi salah satu tanaman air yang paling sering dipakai di kolam ikan. Tanaman ini memiliki rupa dengan bunga yang cantik beraneka warna serta dengan daun lebar yang mengembang di atas air.

Ukuran bunga dari tanaman teratai ini sekitar 45 hingga 90 cm. Ada banyak jenis tanaman teratai yang dibedakan berdasarkan jenis bunganya.

6. Tanaman Lotus

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Memiliki sebutan atau nama lain yaitu Water Lily adalah sebuah tanaman penjernih air yang mirip dengan teratai dengan ukuran yang lebih besar. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk yang lebar dan bulat serta memiliki lapisan lilin.

Uniknya Pins, tanaman ini tak seperti tanaman air pada umumnya karena memiliki aroma yang harum. Warna bunga dari tanaman lotus pun bervariasi dari mulai warna ungu, merah jambu, putih dan kuning.

7. Tanaman Calla Lily

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Jenis tanaman penjernih air yang memiliki tampilan seolah terbuat dari bahan lilin. Tanaman ini sangat mudah dikenali dengan bentuknya yang seperti corong berwarna putih lengkap dengan putik berwarna kuning yang cerah. Tanaman air yang memiliki bunga beraroma lembut ini juga memiliki sisi unik lainnya yaitu tanaman ini justru akan tumbuh lebih tinggi jika diletakkan di tempat yang minim cahaya matahari.

8. Tanaman Bambu Air

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Tanaman dengan tinggi sekitar 25 hingga 100 cm ini memang mirip dengan tanaman bambu yang ada di daratan. Perbedaannya hanyalah ukuran yang jauh lebih kecil dan hidup di wilayah perairan. Banyak pemilik kolam ikan yang menggunakan bambu air untuk dimanfaatkan sebagai penyekat alami dalam kolam.

9. Tanaman Papyrus Payung

tanaman penetral air kolam
Source : Pinterest

Bentuk unik dari tanaman penetral air kolam ini berbentuk segitiga membuatnya lebih mudah untuk dikenali. Tinggi tanaman bisa mencapai lebih dari 1 meter panjangnya. Sedangkan untuk ujung tanaman ada tumbuh bunga dengan bentuk yang mirip dengan daun. Tanaman ini tumbuh secara berkelompok dalam kolam ikan.

Itulah ulasan tentang tanaman yang bisa membantu menjernihkan air kolam sekaligus memiliki tampilan yang cantik.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download