BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Macam Palu dan Masing-masing Fungsinya
0
0

10 Macam Palu dan Masing-masing Fungsinya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Macam Palutop-right-banner

Palu atau martil adalah alat yang wajib ada di setiap rumah. Pasalnya, alat ini sangat multifungsi dan bisa digunakan memaku, memperbaiki suatu benda, hingga menghancurkan suatu objek. Tapi tahu nggak, Pins, kalau ada beberapa macam palu?

Ternyata ada beberapa macam palu di dunia ini dengan fungsi dan kegunaan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Artikel kali ini akan membahas beberapa jenis palu dan masing-masing fungsinya. 

Sebelum lanjut, kamu yang ingin mempunyai rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain bisa langsung ke Pinhome. Pasalnya Pinhome punya fitur PinValue yang membantu mengetahui estimasi harga rumah impian, termasuk harga rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga: 10 Jenis Besi yang Sering Digunakan Dalam Kegiatan Konstruksi

Mengenal Apa Itu Palu?

Macam Palu
Source : Pixabay

Pada prinsipnya palu atau martil adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan pada benda. Palu umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek. 

Palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan strukturnya. Bentuk umum palu terdiri dari gagang palu dan kepala palu, dengan sebagian besar berat berada di kepala palu. 

Desain dasar palu agar mudah digunakan, tetapi ada juga model palu mekanis yang dioperasikan untuk keperluan yang lebih besar. Palu besar dalam Bahasa Indonesia disebut dengan palu godam.

Palu mungkin adalah peralatan paling tua yang masih diketahui keberadaannya. Martil dari batu diketahui telah digunakan sejak tahun 2.600.000 Sebelum Masehi.

Selain itu, palu juga menjadi peralatan dasar untuk banyak profesi. Sebagai analogi, palu juga digunakan sebagai perangkat yang didesain untuk memberikan tumbukan, contoh dalam mekanisme pelontar peluru pada pistol.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi

Desain dan Variasi Palu

Macam Palu
Source : Pixabay

Penggunaan palu sebagai alat sederhana tercatat sudah digunakan sejak tahun 2.400.000 SM. Ini adalah zaman ketika berbagai berbentuk batu digunakan untuk menghancurkan kayu, tulang, atau batu lain untuk membuat bentuk lain.

Palu batu dibuat dengan mengikat batu dengan gagang menggunakan bagian dari kulit atau otot binatang. Seiring berjalannya waktu, bentuk palu terus mengalami penyempurnaan hingga sampai pada bentuk yang saat ini digunakan manusia. 

Bagian utama dari palu adalah kepala palu yang terbuat dari bahan solid dan kuat. Bagian inilah yang akan memberikan tekanan kepada objek target tanpa menyebabkan perubahan bentuk pada bentuk palu.

Bentuk palu pada umumnya seperti bentuk bola. Pada sebagian palu yang digunakan pelapis kain memiliki magnet untuk mengambil paku payung. Sementara palu kapak pada salah satu sisinya berfungsi sebagai alat pemotong.

Pada masa kini gagang palu terbuat dari plastik tahan lama atau karet. Variasi palu biasanya terjadi pada bagian kepala palu dengan bentuk kepala palu lebih besar dari palu pada umumnya. Ini dimaksudkan untuk memberikan tumbukan lebih luas pada ukuran paku yang bermacam-macam.

Baca juga: Spesifikasi Bangunan di Perumahan

10 Macam Palu

Seperti yang dijelaskan di atas, palu memiliki banyak macam dengan berbagai fungsinya masing-masing. Berdasarkan penelusuran Pinhome, ada lebih dari 10 macam palu yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya. 

Namun dalam artikel ini akan dibahas 10 jenis palu yang umum dan harus diketahui. Berikut 10 macam palu tersebut lengkap dengan masing-masing fungsinya. 

1. Palu Konde

Source : Shopee

Jenis pertama adalah palu konde. Ini adalah jenis palu yang umum dan banyak digunakan masyarakat. Palu jenis ini memiliki dua kepala yang berbeda, satu permukaan datar dan yang lain permukaan bulat seperti konde. 

Perbedaan kepala ini menunjukkan masing-masing fungsinya. Kepala datar berfungsi untuk memalu paku, sedangkan kepala konde untuk membuat cekungan pada material seperti logam atau kayu. 

2. Palu Kambing

Source : Shopee

Jenis palu yang banyak digunakan berikutnya adalah palu kambing. Jika palu konde mempunyai dua kepala, maka palu kambing hanya punya satu kepala datar saja, sedangkan sisi satunya berbentuk seperti tanduk kambing. 

Kepala datar tentu saja berfungsi untuk memukul paku atau menghancurkan suatu material. Sedangkan kepala tanduk kambing fungsinya untuk mencabut paku dengan cara menjepit dan menariknya. 

3. Palu Karet

Source : Shopee

Jenis palu yang satu ini bukan untuk memaku atau menghancurkan benda. Palu karet secara khusus dibuat untuk keperluan pasang keramik dan menjadi alat pasang keramik yang wajib ada. 

Palu karet memiliki kepala yang terbuat dari karet yang sangat berguna untuk menumbuk permukaan yang lunak. Sementara gagangnya sama seperti palu pada umumnya, yang terbuat dari material kayu. 

4. Palu Bodem

Source : Shopee

Ini adalah jenis palu yang biasanya dibuat dengan ukuran besar. Kepalanya terbuat dari baja berbentuk kotak lonjong. Fungsi utama palu bodem ini adalah untuk menghancurkan material atau benda tertentu. Dibuat dengan ukuran besar, palu bodem umumnya memiliki berat hingga 6 kilogram. 

5. Palu Kayu

Source : Shopee

Gaden atau palu kayu ini sudah pasti terbuat dari material kayu baik gagang maupun kepalanya. Fungsinya sedikit berbeda dengan jenis palu yang lain. Palu kayu berfungsi untuk membantu dalam proses memahat, yaitu agar alat pahat bekerja secara maksimal. 

Baca juga: 4 Kriteria Dalam Memilih Tukang Bangunan

6. Palu Tembaga

Source : Pinterest

Macam palu berikutnya adalah palu tembaga atau copper hammer. Sesuai namanya, palu ini terbuat dari material tembaga dengan bentuk kepala yang unik. Palu ini sangat berfungsi untuk pekerjaan yang memerlukan daya tumbuk yang efisien dan presisi. 

7. Palu Pemecah Kaca

Source : Shopee

Jenis palu ini sering ditemukan di mobil atau transportasi umum seperti bus atau kereta. Sesuai namanya, palu ini berfungsi untuk memecah kaca dalam kondisi darurat. Biasanya palu ini memiliki kepala kecil, dengan pegangan yang berbeda dari palu biasa dan berwarna merah. 

8. Palu Daging

Source : Shopee

Siapa bilang palu hanya untuk keperluan konstruksi? Pada kenyataannya, ada jenis palu yang berfungsi sebagai salah satu alat masak, yaitu palu daging. Palu daging biasanya terbuat dari alumunium. Bentuk kepalanya cenderung lebar, dengan ada gerigi pada permukaannya. Fungsi palu ini untuk memukul daging sehingga teksturnya lebih lunak. 

9. Palu Refleks

Source : Shopee

Ini adalah palu yang biasa digunakan dokter, namanya palu refleks atau reflex hammer. Biasanya palu ini berbentuk segitiga pada bagian kepala dan terbuat dari karet.

Saat melakukan pemeriksaan, dokter akan memukulkan palu ini ke arah lutut pasien. Tujuannya untuk memastikan refleks patella, sistem saraf berupa refleks kontraksi otot di sekitar patela.

10. Palu Elektrik

Macam Palu
Source : Ali Express

Palu Listrik atau Electric Hammer memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia konstruksi dan listrik. Dengan desain yang unik, bagian bawah pegangan memiliki kunci pas soket, sehingga memudahkan pengguna dalam mengganti mata pahat sesuai dengan kebutuhan.

Sama seperti palu pada umumnya, palu listrik ini juga berfungsi untuk menumbuk paku. Namun, palu ini tidak digerakkan secara manual melainkan menggunakan mesin listrik. 

Itulah 10 macam palu beserta masing-masing fungsinya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download