BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Jenis Alat untuk Pasang Keramik yang Kamu Butuhkan
0
0

8 Jenis Alat untuk Pasang Keramik yang Kamu Butuhkan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Alat untuk Pasang Keramiktop-right-banner

Keramik merupakan salah satu produk yang mudah dipasang tanpa bantuan tukang atau profesional. Namun kamu perlu mengetahui apa saja alat untuk pasang keramik beserta fungsinya. Alat-alat itu harus disiapkan terlebih dulu agar proses pasang keramik bisa cepat dilakukan. 

Sebagai catatan, keramik tidak hanya diperlukan untuk lantai saja. Kamu bisa menggunakan keramik sebagai pelapis dinging, meja, bahkan untuk keperluan kerajinan keramik yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. 

Mengetahui alat untuk pasang  keramik ini bisa berguna untuk kamu yang punya rumah di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi atau The Mansion. Kamu yang ingin jual rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa pasang iklan rumah di Pinhome

Baca juga: 7 Jenis Penutup Lantai Rumah dan Tips Memilihnya

Alat untuk Pasang Keramik

Alat untuk Pasang Keramik
Source : Pixabay

Setidaknya ada 8 jenis alat yang diperlukan untuk memasang keramik baik di lantai maupun dinding. Alat-alat ini termasuk umum digunakan oleh tenaga profesional dan mudah ditemukan di toko-toko bangunan. 

Daftar alat pasang keramik berikut ini ditulis secara acak dan tidak berdasarkan urutan penggunaannya. Namun yang pasti, alat-alat ini harus tersedia ketika ingin memasang keramik untuk mempermudah proses pemasangan. 

1. Meteran

Alat untuk Pasang Keramik
Source : Pinterest

Alat pertama yang perlu disiapkan adalah meteran atau alat ukur. Adapun alat ukur yang dimaksud bukan meteran laser yang biasa digunakan untuk mengukur luas suatu ruang yang besar, melainkan meteran biasa. 

Dalam proses konstruksi bangunan, meteran memang memegang peran penting. Termasuk dalam memasang keramik, meteran berfungsi untuk mengukur ruang yang dicocokkan dengan keramik yang akan dipasang. 

Selain meteran biasa, kamu juga perlu menyiapkan meteran siku. Bentuk meterannya seperti penggaris namun memiliki siku. Meteran siku ini sangat membantu untuk memasang keramik, terutama pada area sudut sehingga memberikan akurasi yang tepat. 

2. Benang Nilon

Alat untuk Pasang Keramik
Source : Blibli

Salah satu alat yang selalu digunakan untuk proses konstruksi, baik memasang bata maupun keramik adalah benang nilon. Benang warna putih ini berfungsi untuk memastikan permukaan keramik rata dan tidak miring atau timbul tenggelam. 

Jenis benang yang digunakan tentu harus yang kuat dan tidak mudah putus. Kamu bisa mendapatkan benang bangunan ini di pasar atau toko-toko bangunan dengan harga yang cukup murah. Selain itu, benang ini juga bisa disimpan ketika pemasangan selesai dan dipakai lagi ketika dibutuhkan. 

Baca juga: 6 Model Dinding Teras Batu Alam Agar Terasa Lebih Menyejukkan

3. Gerinda

Alat untuk Pasang Keramik
Canva

Berikutnya kamu perlu alat pemotong keramik yaitu gerinda. Alat ini memiliki peran penting untuk memotong keramik dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, satu buah keramik bisa jadi tidak bisa dipasang semua melainkan harus dipotong, dan disinilah peran gerinda. 

Gerinda keramik atau yang juga disebut dengan angle gerinda adalah sebuah alat yang digerakkan dengan tenaga listrik. Selain memotong, alat ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan dan mengasah sebuah benda. 

Artinya, membeli gerinda bukan sesuatu yang merugikan. Pasalnya, alat ini juga berfungsi untuk keperluan lain di luar pemasangan keramik. 

4. Pemotong Keramik

Alat untuk Pasang Keramik
Source : Pixabay

Selain gerinda, kamu juga perlu menyiapkan pemotong atau cutter keramik. Bedanya, cutter ini tergolong alat manual dan digunakan untuk memotong keramik dalam ukuran yang lebih besar ketimbang gerinda. 

Alat ini dianggap lebih aman dan bisa dioperasikan bagi pemula. Cara kerjanya adalah dengan menggaris keramik secara lurus sesuai kebutuhan, lalu dipotong dengan cutter. Namun alat ini tidak bisa digunakan memotong keramik dengan bentuk yang rumit seperti gerinda. 

Baca juga: 17 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Simpel dan Kekinian

5. Bor Keramik

Alat untuk Pasang Keramik
Source : iStock Photo

Ini adalah bor khusus yang dirancang untuk membuat lubang pada keramik tanpa menyebabkan keretakan atau pecah. Sehingga, alat ini sangat berguna untuk membuat lubang pada keramik yang rentan pecah itu. 

Adapun lubang yang dimaksud tentu saja berkaitan dengan aksesoris seperti kait atau tatakan, atau bahkan lubang untuk pipa dan saluran lain yang harus melewati keramik. Kamu bisa mendapatkan alat ini di toko bangunan dengan harga yang relatif terjangkau. 

6. Penjepit Keramik

Alat untuk Pasang Keramik
Source : Shopee

Saat memegang keramik untuk dipasang, seringkali kamu merasa kesulitan karena area pemasangan yang rumit. Untuk itu kamu perlu alat yang bisa menjepit keramik dengan stabil. 

Penjepit keramik ini memang dirancang khusus untuk mempermudah dalam pemasangan. Alat ini bisa menjepit atau membawa keramik dengan kuat dan stabil. Namun kamu perlu memperhatikan petunjuk penggunaan agar alat ini tidak menimbulkan goresan pada permukaan keramik. 

Baca juga: 15 Pilihan Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

7. Laser Level

Alat untuk Pasang Keramik
Source : iStock Photo

Fungsi alat ini hampir sama dengan benang, yaitu memastikan permukaan rata dan tidak bergelombang. Laser Level adalah alat yang dirancang untuk mengukur tingkat kemiringan dan kelurusan suatu bidang dengan menggunakan sinar laser. 

8. Palu Karet

Alat untuk Pasang Keramik
Source : iStock Photo

Alat berikutnya adalah palu karet. Ini merupakan alat untuk pasang keramik yang wajib ada. Fungsi palu karet ini adalah untuk menekan keramik agar sejajar dengan sebelahnya sehingga permukaannya rata. Penggunaan karet dimaksudkan agar keramik tidak rusak atau pecah saat dipukul. 

Itulah beberapa alat untuk pasang keramik yang perlu disiapkan. Di samping alat-alat itu, tentunya kamu perlu menyiapkan beberapa alat lain seperti sendok semen, lap kain, ember berisi air, dan sebagainya. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download