BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Peralatan Table Manner dan Fungsinya
0
0

7 Jenis Peralatan Table Manner dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
peralatan table mannertop-right-banner

Pernah mendengar istilah table manner? Tata krama atau etiket yang digunakan saat jamuan makan ini juga termasuk penggunaan peralatan makan. Peralatan table manner pun cenderung rumit tetapi siapa pun bisa mempelajarinya. Namun perlu Pins ketahui, setiap negara mempunyai tata kramanya sendiri menyesuaikan dengan kebudayaan yang diyakini. 

Bila Pins belum memahami istilah satu ini, cobalah untuk datang ke resto bintang lima ataupun resto yang biasanya memiliki harga tinggi dalam biaya jamuan. Pins akan menemukan banyak peralatan makan yang tentunya tidak sesederhana di dalam rumahmu.

Peralatan table manner ini mempunyai fungsinya masing-masing untuk menyantap hidangan. Jika Pins bingung menggunakan beragam peralatan table manner, mungkin inilah saatnya Pins harus mengetahui fungsi dari peralatan table manner tersebut.

Baca juga: Desain Ruang Makan Mewah yang Modern dan Elegan

7 Jenis Peralatan Table Manner

Sebelum terjebak pada saat yang memalukan, intip yuk 7 jenis peralatan table manner dan fungsinya di bawah ini.

Jenis Sendok dalam Table Manner dan Fungsinya

peralatan table manner
Source : Aliexpress

Peralatan table manner memang harus ditemukan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan fungsinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk Pins sesekali hadir dalam sebuah jamuan ataupun merasakan sensasi makan di resto papan atas. Pins akan menemukan ragam sendok dengan fungsi yang berbeda-beda.

Saat jamuan makan malam, biasanya Pins akan dihadirkan ragam hidangan mulai dari makanan pembuka sampai penutup. Hal tersebut bisa terdiri dari varian sup, hidangan utama, hingga dessert atau hidangan penutup.

Jangan menggunakan semua jenis sendok untuk hidangan yang salah ya, Pins! Awal mula Pins akan menggunakan sendok untuk hidangan sup, maka gunakanlah jenis sendok yang berbentuk lebih bulat daripada sendok lainnya.

Setelah itu, Pins akan menemukan dinner spoon yang umum digunakan untuk menyantap hidangan utama. Ciri khas dinner spoon biasanya lebih besar dibanding sendok lainnya. Sementara untuk sendok hidangan penutup, biasanya sudah diletakan di atas piring dessert.

Jenis Piring dalam Table Manner dan Fungsinya

Source : Freepik

Saat menyantap makanan, piring pun menjadi salah satu alat utama yang selalu ada. Piring digunakan untuk menyajikan makanan dan juga tempat menyantap makanan yang tersedia. Untuk jamuan formal, biasanya piring sudah diletakan bertumpuk dengan sendok, garpu, pisau di sebelahnya.

Beberapa piring akan disusun mulai dari yang terbesar hingga terkecil secara bertumpuk, terkecuali untuk piring kecil roti dan piring yang menyangga cangkir teh. Kedua piring tersebut akan diletakan terpisah.

Appetizer plate merupakan piring yang digunakan untuk hidangan pembuka. Ciri khasnya datar, dengan lengkungan di bagian sisi terluar. Dinner plate atau piring makan malam mempunyai bentuk lebih besar dari piring lainnya.

Piring ini digunakan untuk menyantap hidangan utama dengan diameter kurang lebih 26 cm. Untuk dessert plate atau piring hidangan penutup mempunyai ukuran yang paling kecil, biasanya digunakan untuk menyantap camilan atau makanan penutup.

Jenis Garpu Sebagai Peralatan Table Manner

Source : Twitter/OSHMkerala

Selain sendok, hal yang perlu Pins perhatikan saat hendak mulai menyantap hidangan dalam jamuan adalah garpu. Biasanya, pelayan sudah menata peralatan table manner yang satu ini di meja sesuai dengan urutan makanan yang disajikan.

Ini akan mempermudah Pins mengenali alat makan yang mana yang seharusnya digunakan. Perlu diingat untuk selalu meletakan garpu di tangan kiri dan sendok di tangan kanan ya, Pins. Garpu mempunyai jumlah tusukan yang bervariasi tergantung fungsinya.

Setelah selesai makan, jangan lupa untuk meletakkan kembali garpu dalam keadaan seperti semula. Garpu dan sendok ditempatkan di atas piring menutup ke arah bawah dengan posisi horizontal. Peletakan dari kedua alat makan ini juga punya arti yang berbeda-beda.

Jenis Mangkuk Sebagai Peralatan Table Manner

 peralatan table manner
Source : Quora

Sebagian besar peralatan table manner memang terbuat dari bahan pecah belah. Karenanya, Pins harus selalu waspada saat menggunakannya. Mangkuk yang berada dalam jamuan makan memiliki fungsi yang paling mudah dikenali, yaitu menyantap makanan berkuah.

Namun, dalam jamuan formal Pins akan menemukan alat makan yang dinamakan soup plate. Ciri-cirinya hampir menyerupai mangkuk tetapi memiliki cekungan yang lebih datar.

Wadah untuk menyajikan sup ini dibuat cekung dengan diameter 15 cm dan berisikan cairan sup yang kental. Sedangkan untuk sup yang cair, Pins akan menggunakan mangkuk kecil dengan gagang di salah satu sisinya. Apa Pins sudah ada gambaran untuk peralatan table manner yang satu ini?

Jenis Gelas Sebagai Peralatan Table Manner

 peralatan table manner
Source : Unsplash

Tidak hanya garpu dan sendok yang memiliki varian yang beragam. Beragam jenis gelas pun juga mempunyai varian yang sesuai dengan minuman yang disajikan. Di dalam table setting pada jamuan resmi, Pins akan menemukan beberapa jenis gelas di sana.

Biasanya semua bentuk gelas yang disajikan menyerupai bentuk piala. Namun, bila diperhatikan satu dengan lainnya cukup berbeda lho! Ciri khas gelasnya bertangkai atau biasa disebut dengan stem glass.

Gelas untuk air mineral akan berada terus menerus dari awal hidangan hingga selesai. Sedangkan beberapa gelas seperti white wine glass maupun gelas anggur merah akan diambil setelah Pins menggunakannya.

Pins perlu memperhatikan pula tata krama saat minum, jangan sampai Pins meninggalkan noda seperti minyak pada gelas. Usahakan untuk membersihkan dengan serbet sebelum mulai minum.

Baca juga: 8 Perabot dan Peralatan Rumah Tangga Multifungsi yang Wajib Ada di Rumah Mungil

Jenis Pisau Sebagai Peralatan Table Manner

 peralatan table manner
Source : Travel.earth

Pada saat jamuan eksklusif, Pins akan menemukan fungsi pisau yang beragam. Namun, biasanya jenis pisau dalam peralatan table manner terbagi atas 3 jenis yaitu dinner knife, steak knife dan butter knife.

Ciri khas dari dinner knife mempunyai ujung yang tumpul dan cenderung lebih besar. Biasanya jenis pisau ini digunakan untuk menyisihkan makanan dalam piring saat sedang menyantapnya.

Untuk pisau steak mempunyai tampilan bergerigi dan tajam karena fungsinya untuk memotong daging. Ujungnya pun lebih runcing dibandingkan dengan dinner knife.

Terakhir adalah pisau mentega atau memang sering dikenal dengan butter knife. Fungsinya adalah untuk mengambil mentega untuk dioleskan pada roti. Ukurannya paling kecil, dengan ujung bagian pisau yang tumpul.

Baca juga: 10 Jenis Pisau Chef yang Biasa Digunakan di Professional Kitchen

Etika Penggunaan Serbet dalam Table Manner

 peralatan table manner
Source : Freepik

Untuk peralatan table manner yang satu ini terkadang bisa terlupakan. Etika penggunaan serbet atau kain dalam jamuan makan juga merupakan salah satu alat yang cukup penting. Fungsi serbet dalam table manner yaitu untuk menyeka makan pada wajah yang kotor.

Cara menggunakannya juga cukup simpel, Pins dapat meletakkannya pada leher maupun dalam pangkuan. Makanan yang memiliki potensi berantakan dapat diatasi dengan penggunaan serbet. 

Mendahulukan tuan rumah atau pemilik acara sebelum mengenakan serbet merupakan salah satu tata krama dalam table manner yang harus Pins ingat. Bila waktu makan sudah selesai, jangan lupa untuk melipatnya dengan rapi dan taruh di atas meja.

Mengenal ragam jenis peralatan table manner dan fungsinya di atas cukup membantu Pins untuk berani menghadiri jamuan makan formal bukan? Tidak perlu khawatir terjadi kesalahan, karena dengan adanya kesalahan Pins akan belajar untuk menjadi lebih baik. Semoga beruntung dan tidak lupa untuk membaca artikel Pinhome lainnya ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download