Pinhome

7 Jenis Peralatan Table Manner dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Pernah mendengar istilah table manner? Tata krama atau etiket yang digunakan saat jamuan makan ini juga termasuk penggunaan peralatan makan. Peralatan table manner pun cenderung rumit tetapi siapa pun bisa mempelajarinya. Namun perlu Pins ketahui, setiap negara mempunyai tata kramanya sendiri menyesuaikan dengan kebudayaan yang diyakini. 

Pinhome – Bila Pins belum memahami istilah satu ini, cobalah untuk datang ke resto bintang lima ataupun resto yang biasanya memiliki harga tinggi dalam biaya jamuan. Pins akan menemukan banyak peralatan makan yang tentunya tidak sesederhana di dalam rumahmu. Peralatan table manner ini disediakan dengan tujuan yaitu, mempunyai fungsinya masing-masing untuk menyantap hidangan. Bila saat tersebut kamu bingung, artinya itulah pertama kalinya kamu ingin mengetahui fungsi dari table manner. Nah, sebelum terjebak pada saat yang memalukan, intip yuk 7 jenis peralatan table manner dan fungsinya di bawah ini.

Baca Juga:

Desain Ruang Makan Mewah yang Modern dan Elegan

Peralatan Table Manner Berupa Sendok

(Aliexpress)

Peralatan table manner dan fungsinya memang perlu dijalani terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk Pins sesekali hadir dalam sebuah jamuan ataupun merasakan sensasi makan di resto papan atas. Pins akan menemukan ragam sendok dengan fungsi yang berbeda-beda. Saat jamuan makan malam, biasanya Pins akan dihadirkan ragam hidangan mulai dari makanan pembuka sampai penutup. Hal tersebut bisa terdiri dari varian sup, hidangan utama, hingga dessert atau hidangan penutup.

Awal mula Pins akan menggunakan sendok sup yang berbentuk lebih bulat daripada sendok lainnya. Namun jangan masukan semua bagian sendok dalam mulut ya Pins! Cukup dengan menyeruput pada salah satu sisinya. Setelahnya Pins akan menemukan dinner spoon yang umum digunakan untuk menyantap hidangan utama, ciri khas bentuknya lebih besar dibanding sendok lainnya. Untuk sendok hidangan penutup, biasanya sudah diletakan di atas piring dessert.

Tipe Piring yang Beragam

(Freepik)

Saat menyantap makanan, piring pun menjadi salah satu alat utama yang selalu ada. Piring digunakan untuk menyajikan makanan dan juga tempat menyantap makanan yang tersedia. Untuk jamuan formal, biasanya piring sudah diletakan bertumpuk dengan sendok, garpu, pisau disebelahnya. Beberapa piring akan disusun mulai dari yang terbesar hingga terkecil secara bertumpuk, terkecuali untuk piring kecil roti dan piring yang menyangga cangkir teh. Kedua piring tersebut akan diletakan terpisah.

Appetizer plate merupakan piring yang digunakan untuk hidangan pembuka. Ciri khasnya datar, dengan lengkungan di bagian sisi terluar. Dinner plate atau piring makan malam mempunyai bentuk lebih besar dari piring lainnya. Piring ini digunakan untuk menyantap hidangan utama dengan diameter kurang lebih 26 cm. Untuk dessert plate atau piring hidangan penutup mempunyai ukuran yang paling kecil, biasanya digunakan untuk menyantap camilan atau makanan penutup.

Garpu Sebagai Peralatan Table Manner

(Twitter/OSHMkerala)

Hal yang perlu Pins perhatikan saat hendak mulai menyantap makanan dalam jamuan adalah menggunakan peralatan di meja makan seperti sendok maupun garpu dari sisi terluar. Pelayan sudah menatanya dimeja sesuai dengan urutan makanan yang disajikan. Ini akan mempermudah Pins mengenali alat makan yang mana yang seharusnya digunakan.

Peralatan table manner dan fungsinya seperti garpu misalnya. Mempunyai varian yang beragam pula seperti sendok. Namun, selalu ingat untuk meletakan garpu di tangan kiri dan sendok di tangan kanan ya Pins, kecuali kamu kidal. Garpu pun mempunyai jumlah tusukan yang bervariasi tergantung kegunaan. Setelah selesai makan tidak lupa pula untuk menaruhnya dalam keadaan yang benar, garpu dan sendok ditempatkan diatas piring menutup ke arah bawah dengan posisi horizontal. Peletakan dari kedua alat makan ini juga punya arti yang berbeda-beda.

Mangkuk dengan Fungsinya

 peralatan table manner
(Quora)

Sebagian besar peralatan table manner memang terbuat dari bahan pecah belah, untuk itu selalu waspada dan hati-hati saat menggunakannya. Mangkuk yang berada dalam jamuan makan, memiliki fungsi yang paling gampang dikenali yaitu menyantap makanan berkuah. Namun, dalam jamuan formal Pins akan menemukan alat makan yang dinamakan soup plate. 

Ciri-cirinya hampir menyerupai mangkuk tetapi memiliki cekungan yang lebih datar. Wadah untuk menyajikan sup ini dibuat cekung dengan diameter 15 cm dan berisikan cairan sup yang kental. Sedangkan untuk sup yang cair, Pins akan menggunakan mangkuk kecil dengan gagang di salah satu sisinya. Apa Pins sudah ada gambaran?

Peralatan Table Manner Berupa Gelas

 peralatan table manner
(Unsplash)

Tidak hanya garpu dan sendok yang memiliki varian yang beragam. Jenis-jenis gelas pun juga mempunyai varian yangi sesuai dengan jenis dari minuman yang disajikan. Di dalam table setting pada jamuan resmi, Pins akan menemukan beberapa gelas disana. Biasanya semua bentuk gelas yang disajikan menyerupai bentuk piala. Namun, bila diperhatikan satu dengan lainnya cukup berbeda lho! Ciri khas gelasnya bertangkai atau biasa disebut dengan stem glass.

Gelas untuk air mineral akan berada terus menerus dari awal hidangan hingga selesai. Sedangkan beberapa gelas seperti white wine glass maupun gelas anggur merah akan diambil setelah Pins menggunakannya. Pins perlu perhatikan pula tata krama saat minum, jangan sampai Pins meninggalkan noda seperti minyak pada gelas, usahakan untuk membersihkan dengan serbet sebelum mulai minum.

Pisau dengan Fungsi yang Berbeda-Beda

 peralatan table manner
(Travel.earth)

Pada saat jamuan eksklusif pun, Pins akan menemukan fungsi pisau yang beragam di dalamnya. Namun biasanya terbagi atas 3 jenis yaitu dinner knife, steak knife dan butter knife. Ciri khas dari dinner knife mempunyai ujung yang tumpul dan cenderung lebih besar. Biasanya digunakan untuk menyisihkan makanan dalam piring saat sedang menyantapnya.

Untuk pisau steak mempunyai tampilan bergerigi dan tajam karena fungsinya untuk memotong daging. Ujungnya pun lebih runcing dibandingkan dengan dinner knife. Terakhir adalah pisau mentega atau memang sering dikenal dengan butter knife. Fungsinya adalah untuk mengambil mentega untuk dioleskan pada roti. Ukurannya paling kecil, dengan ujung bagian pisau yang tumpul.

Baca Juga:

10 Jenis Pisau Chef yang Biasa Digunakan di Professional Kitchen

Etika Penggunaan Serbet

 peralatan table manner
(Freepik)

Nah Pins, untuk alat satu ini terkadang bisa terlupakan. Etika penggunaan serbet atau kain dalam jamuan makan juga merupakan salah satu alat yang cukup penting. Lap makanan yang disediakan dapat Pins kenakan pada leher maupun dalam pangkuan. Gunanya simpel yaitu untuk menyeka makan pada wajah yang kotor. Makanan yang memiliki potensi berantakan dapat diatasi dengan penggunaan serbet. 

Mendahulukan tuan rumah atau pemilik acara sebelum mengenakan serbet milik kamu merupakan salah satu tata krama dalam table manner yang harus diingat. Bila waktu makan sudah selesai tidak lupa untuk melipatnya dengan rapi dan taruh di atas meja. Jangan sampai kamu lupa dibawa pulang lho!

Mengenal ragam jenis peralatan table manner dan fungsinya di atas cukup membantu Pins untuk berani menghadiri jamuan makan formal bukan? Tidak perlu khawatir terjadi kesalahan, karena dengan adanya kesalahan Pins akan belajar untuk menjadi lebih baik. Semoga beruntung dan tidak lupa untuk membaca artikel Pinhome lainnya ya!

Baca Juga:

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah Lain Untuk Terciptanya Keselarasan?

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel