Pinhome

Tips Properti

15 Cara Menata Dapur Sederhana Namun Tetap Terlihat Rapi

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 24 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Dapur adalah ruangan dengan lalu lintas yang tinggi. Bukan tanpa alasan, ruangan yang satu ini menghadirkan berbagai makanan lezat untuk keluarga. Tidak jarang dapur berantakan karena penataan yang tidak tepat. Apa lagi kegiatan memasak yang membutuhkan banyak peralatan membuat dapur semakin terlihat berantakan. Oleh karena itu menata dapur yang benar dan tepat diperlukan, Pins!

Pinhome – Sayangnya merapikan dapur tidaklah semudah yang dibicarakan. Butuh siasat yang tepat dan waktu yang cukup banyak dalam tata dapur agar rapi dan cantik. Bagi kamu yang mengalami masalah serupa, yuk simak 15 cara menata dapur sederhana namun rapi pada ulasan di bawah ini!

Kelompokkan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya

(Freepik)

Cara merapikan dapur sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengelompokkan peralatan dapur. Mulai dari peralatan yang digunakan sebagai wadah yang terkena api seperti wajah, frying pan, panci dan beberapa jenis lainnya hingga ke peralatan makan seperti piring, mangkuk, sendok dan garpu. 

Semua harus dikelompokkan agar Pins lebih mudah dalam menata barang. Letakkan barang yang paling sering dipakai pada tempat yang mudah dijangkau dan barang yang jarang digunakan di tempat yang tidak terlalu jauh. 

Jika sudah, maka letakkanlah peralatan dapur sesuai dengan jenis yang telah kamu pisahkan tadi. Usahakan untuk memisahkan peralatan masak yang tajam seperti pisau di tempat yang lebih mudah terlihat namun tidak mudah dijangkau anak-anak.

Gunakan Storage Tambahan

(Pinterest)

Jika semua barang telah terkelompokkan dengan rapi, mungkin masalah yang kamu hadapi selanjutnya adalah kurangnya storage di dapur. Maka dari itu Pins bisa menambahkan storage tambahan agar bisa meletakkan barang-barang di dapur dengan lebih rapi. Cara menata dapur ini memang sangat sederhana. 

Pins bisa meletakkan berbagai macam peralatan masak mulai dari bumbu-bumbu masak dan masih banyak lagi. Pins bisa menggunakan storage tambahan ini dengan berbagai ukuran agar bisa memenuhi kebutuhan ruang kamu.

Gunakan Pintu Kabinet Sebagai Storage Tambahan

(Pinterest)

Jika biasanya kamu meletakkan peralatan dapur pada kabinet di dapur, kamu juga bisa menggunakan pintu kabinet sebagai storage tambahan. Pins bisa membuat dapur rapi dengan cara yang sederhana. Kamu bisa meletakkan barang-barang pipih seperti tutup panci yang diletakkan di pintu kabinet. Tentu dengan memanfaatkan pintu kabinet sebagai storage tambahan bisa membuat lebih rapi dan tertata.

Baca juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

Menggantung Peralatan Dapur

(Pinterest)

Jika storage di dapur tidak lagi mencukupi kebutuhan kamu dalam menyimpan barang, Pins bisa menggunakan cara yang satu ini. Pins bisa menggantung peralatan dapur di dinding guna menghemat ruang. 

Namun ingat buatlah gantungan ini serapi mungkin agar dapur terlihat rapi. Usahakan menggantung peralatan dapur yang bisa digantung seperti frying pan, panci dan beberapa alat masak lainnya.

Gunakan Rak Ekstra Pada Dinding Dapur

(Pinterest)

Tips menata dapur sederhana yang bisa kamu aplikasikan di rumah adalah dengan menggunakan rak ekstra pada dinding dapur. Biasanya rak-rak ini diletakkan di atas meja dapur yang digunakan untuk memasang. Pins bisa menggunakan rak-rak ini sebagai tempat penyimpanan alat masak dan juga makanan lho! Jadi peralatan masak dan makanan aman di dalam dapur.

Perbanyak Laci

(Pinterest)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dapur adalah ruangan dengan traffic yang tinggi sehingga membutuhkan banyak peralatan. Oleh karena itu, penting untuk memilih perangkat dapur yang memiliki banyak laci untuk dijadikan tempat penyimpanan.

Storage Tempel Pada Pintu Rak Dapur

(Pinterest)

Cara menata dapur yang satu ini terlihat sangat sederhana bukan? Pins bisa membuat dapur tampak lebih rapi dengan menggunakan storage tempel yang diletakkan pada pintu rak dapur. Jika rak sudah penuh dengan peralatan masak berukuran besar, kamu bisa meletakkan benda-benda kecil seperti kain lap pada storage tempel ini.

Penggunaan Rak Dinding

(Pinterest)

Menata dapur rapi sederhana yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan menggunakan rak dinding. Pins bisa menggunakan rak dinding untuk meletakkan berbagai macam alat masak dan peralatan makan. Dengan rak dinding ini, Pins juga bisa menjadikannya sebagai peniris ketika alat-alat masak selesai dicuci, jadi peralatan masak akan lebih cepat kering.

Baca juga: Ragam Desain Dapur Sederhana Ini Bisa Kalian Buat Di Lahan yang Sempit

Penggunaan Rak Kecil

(Pinterest)

Penggunaan rak kecil ini mungkin telah banyak diaplikasikan oleh banyak orang. Pins bisa menggunakan rak kecil untuk meletakkan wadah bumbu agar lebih tertata dan rapi. Tidak hanya itu, Pins juga bisa menggunakan rak kecil ini sebagai tempat untuk gelas dan beberapa alat masak berukuran kecil lainnya. Terlebih ukuran rak yang kecil bisa diletakkan di atas meja dapur sehingga barang lebih mudah digapai.

Gunakan Toples untuk Menyimpan Bumbu Dapur

(Pinterest)

Karena bumbu dapur cukup banyak, tentu kamu tidak bisa membiarkannya berceceran di mana-mana. Pins bisa menggunakan toples untuk menyimpan bumbu dapur agar lebih rapi. Tatalah bumbu dapur di spot yang mudah kamu jangkau agar ketika memasak Pins tidak kesulitan mencarinya.

Memisahkan Spot-Spot Dapur

(Pinterest)

Cara menata dapur sederhana ini sangat mudah kamu aplikasikan lho! Pins bisa menata dapur dengan memisahkan spot-spot di dapur sesuai dengan fungsinya. Kamu bisa memisahkannya mulai dengan spot memasak, spot penyimpanan (storage) dan spot makan agar seluruh barang tersusun dengan rapi sesuai dengan fungsi spot di dapur.

Gunakan Rak Vertikal

(Pinterest)

Demi menghemat tempat dan memaksimalkan fungsi storage, kamu bisa menggunakan rak vertikal agar muat menampung banyak peralatan masak di dapur. Pins bisa menggunakan rak vertikal baik rak dinding maupun rak susuk panjang vertikal yang akan membuat dapur semakin rapi.

Gunakan Storage Tertutup

(Pinterest)

Supaya penampilan dapur lebih rapi, bukan hanya memiliki banyak storage saja. Pins juga harus membuat peralatan masak yang menumpuk pada storage tidak terlihat dari luar. Jadi Pins bisa menggunakan storage tertutup agar peralatan masak yang telah disusun tidak tampak dari luar.

Manfaatkan Sisi Balik Pintu

(Pinterest)

Kamu bisa membuat dapur sederhana dengan memanfaatkan sisi balik pintu yang ada di dapur. Pins bisa memasangkan keranjang kecil maupun gantungan pada pintu agar bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan masak.

Gunakan Rak Tambahan Pada Lemari Storage

(Pinterest)

Lemari storage di dapur kamu mungkin memiliki tinggi sehingga tidak bisa  menampung peralatan masak dengan maksimal. Nah, kamu bisa menggunakan rak tambahan pada lemari storage agar lemari bisa memuat peralatan dapur lebih banyak.

Itulah daftar 15 cara menata dapur sederhana yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat!

Itulah daftar warna cat tembok pink peach yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam menggunakan kedua warna tersebut sebagai warna cat dinding.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel