BlogPemilik PropertiFinansial7 Cara Mengatur Cicilan KPR Agar Selalu On Time dan Finansial Terjaga!
0
0

7 Cara Mengatur Cicilan KPR Agar Selalu On Time dan Finansial Terjaga!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti

Mei 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatur cicilan kprtop-right-banner

Pins pastinya memiliki impian tersendiri kan untuk dapat membeli rumah impian seperti Rumah Ekslusif seperti Tamaruma sebagai perumahan di Kota Depok yang terbaik. Membeli rumah dengan program Pengajuan KPR seperti di Pinhome tentu bisa menjadi solusi terbaik, agar Pins bisa membeli rumah impian secara cepat. Jika sebelumnya Pins sudah pernah mengajukan KPR, sekarang saatnya kamu mempelajari cara mengatur cicilan KPR agar selalu on time dan keadaan finansial lancar.

Cicilan KPR biasanya akan memakan waktu dengan tenor selama 10 sampai 20 tahun. Kamu tentunya bisa membayangkan, bagaimana jika dalam rentang waktu tersebut Pins memiliki pengeluaran tidak terduga seperti kebutuhan lebaran dan keluarga lainnya. Untuk itu, kamu harus mempelajari bagaimana cara melancarkan cicilan tetapi keadaan finansial tetap aman. Berikut selengkapnya!

Cek Simulasi KPR Sebelum Mengajukan

Source : Pinhome

Pins pasti sudah pernah mendengar tentang kalkulator KPR atau program simulasi KPR sebelumnya bukan? Program Simulasi KPR seperti dari Pinhome, akan menyediakan ilustrasi tentang pengajuan KPR dan cicilannya yang akan Pins gunakan dan bayarkan kedepannya.

Misalnya, Pins memutuskan untuk melihat berbagai list properti dari Pinhome, kemudian menemukan hunian yang cocok untuk dibeli. Kamu bisa menghitung, berapa banyak cicilan yang harus Pins bayarkan di setiap bulannya dalam jangka waktu pembayaran yang ditentukan. Termasuk dengan jumlah DP rumah yang telah Pins bayarkan sebelumnya.

Kurangi Sisa Pokok KPR

Source : iStockphoto

Pins pastinya sudah tahu kan, bahwa menyicil di bank pasti akan mendapati pokok bunga yang harus dibayarkan. Untuk itu, ketika kamu memutuskan untuk mengajukan KPR Rumah, akan lebih baik jika mencoba untuk membayarkan bunga pokok agar terus berkurang.

Solusinya adalah dengan menyimpan uang tabungan secara dua kali lipat, seperti menyisihkan sepertiga penghasilan untuk membayar cicilan. Hal ini juga bisa dilakukan untuk Pins yang sedang melakukan refinancing setelah pengeluaran tidak terduga seperti libur lebaran.

Baca juga: Ingin Dapat Kredit Renovasi Rumah? Ini Daftar Banknya

Pindah ke Bank Syariah

Source : iStockphoto

Tips dan cara mengatur cicilan KPR yang berikutnya adalah berpindah ke Bank Syariah. Mengapa demikian? Umumnya, di berbagai Bank Syariah sistem cicilan memiliki nominal angsuran yang tetap sesuai dengan syariah Islam. Untuk itu, cicilannya tentu akan lebih ringan jika digunakan.

Pertimbangkan Reputasi Developer Rumah

Source : Homes.com

Kredibilitas developer properti merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan ketika Pins akan atau sedang melakukan cicilan KPR. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai risiko yang akan terjadi kedepannya. Akan lebih baik jika Pins menggunakan developer yang diberikan oleh penyedia KPR Bank, dengan begitu segalanya akan lebih terjamin. Kamu juga bisa menggunakan Program KPR Bank dari Pinhome agar lebih terjamin.

Ketika semuanya sudah terjamin, ketika Pins melakukan refinancing atau money management untuk membayar cicilan akan lebih aman. Pasalnya, kamu hanya perlu memperhatikan spending yang tidak terduga ataupun menyisihkan beberapa persen pengeluaran untuk cicilan.

Pelajari Suku Bunga Cicilan pada Program KPR

Source : Unsplash

Pins pastinya sudah paham tentang berbagai jenis bunga yang terdapat di Bank, sampai saat ini terdapat dua jenis bunga yaitu bunga tetap dan bunga mengambang. Untuk cara mengatur cicilan KPR agar selalu aman dan finansial tetap terjaga, akan lebih baik jika Pins memilih untuk menggunakan produk dengan bunga tetap.

Bunga tetap akan memudahkan Pins untuk mengatur keuangan dan menyisihkan sedikit penghasilan untuk membayar cicilan. Berbeda dengan produk KPR dengan bunga mengambang, kamu akan membayarkan cicilan bunga KPR yang berubah-ubah. Hal ini mengingat, kamu akan membayarkan cicilan tersebut dalam kurun waktu yang lumayan panjang.

Persiapkan Dana untuk Pengeluaran Tidak Terduga

Source : FinanceBuzz

Terdapat beberapa hal yang perlu Pins persiapkan dalam mengatur keuangan, salah satunya adalah keadaan tidak terduga. Biasanya, keadaan tidak terduga tersebut akan membutuhkan dana untuk mengatasinya. Untuk itu, akan lebih baik jika Pins menyisihkan sedikit dana untuk kebutuhan tersebut dan menyisihkan sebagainnya lagi untuk cicilan KPR.

Mengatur budget yang dimiliki demi kelancaran pembayaran cicilan KPR merupakan hal yang sangat penting. Apalagi setelah acara besar seperti libur lebaran, tahun baru, dan lain sebagainya, keadaan keuangan biasanya akan sedikit menurun.

Baca juga: Inilah 6 Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil

Gunakan Tempat Menyimpan Uang yang Terpisah-Pisah

Source : Market Watch

Menyimpan uang di tempat yang berbeda-beda untuk berbagai kebutuhan alokasi merupakan salah satu cara mengatur cicilan KPR yang cukup ampuh Pins! Misalnya, Pins bisa mencoba untuk menggunakan dompet dengan berbagai slot penyimpanan untuk pengeluaran atau kartu ATM yang berbeda-beda.

Ketika kamu mampu mengatur keuangan dengan alokasi dana yang tepat, cicilan KPR akan lebih lancar. Selain itu, Pins juga bisa mengatur finansial agar selalu dalam keadaan yang stabil.

Itulah beberapa cara mengatur cicilan KPR yang bisa Pins jadikan sebagai solusi terbaik untuk memperlancar pembayaran. Sekarang, Pins bisa lebih tenang kan untuk mengatur agar keadaan finansial tetap terjaga? Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Tanah Kosong atau Kavling ke Bank

Featured image source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download