Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Yuk Cintai Bumi dan Ketahui Bagaimana Cara Mengurangi Pencemaran Udara

Kesehatan

Yuk Cintai Bumi dan Ketahui Bagaimana Cara Mengurangi Pencemaran Udara

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Sebagai makhluk Bumi sudah sepatutnya kita semua menjaga planet ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencintai Bumi adalah mengurangi pencemaran udara. Lalu bagaimana cara mengurangi pencemaran udara di Bumi? Jawabannya simpel, yaitu kesadaran masyarakat yang harus terus dibangun dan ditingkatkan dengan cara hemat energi!

Pinhome – Menjaga Bumi dan udara dari polusi bukan hanya tanggung jawab beberapa orang saja atau pemerintah. Ini merupakan tugas dan kewajiban kita sebagai manusia untuk melestarikan Bumi. Seperti yang diketahui bahwa pencemaran udara di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal yaitu kebakaran hutan, polusi kendaraan hingga limbah pabrik. 

Baca Juga: Membangun Rumah Sehat

Masih belum ada langkah konkret bagaimana cara mengurangi pencemaran udara di Indonesia. Hal ini tentu berdampak ke berbagai hal diantaranya susahnya masyarakat untuk mendapatkan udara segar. Lebih parah, pencemaran udara bisa menyebabkan penyakit pernapasan mulai dari asma hingga ispa. 

Sebagai masyarakat modern tentunya kita harus mempunyai pola pikir yang maju untuk mengurangi pencemaran udara dan polusi. Berikut ini beberapa hal tentang bagaimana cara mengurangi pencemaran udara. Yuk disimak bersama-sama!

Baca Juga: 9 Ciri Rumah Yang Bersih Untuk Hunian Yang Sehat

Naik Sepeda

(www.popular-world.com)

Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengurangi polusi udara? Salah satu aksi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengendarai sepeda. Mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan sepeda saat pergi ke kampus atau ke kantor.

Aksi ini bisa mengurangi polusi dan mencegah pencemaran udara. Selain itu mengendarai sepeda juga bisa menjadi agenda olahraga yang menyehatkan badan. Jadi, Anda bisa berangkat beraktivitas sekaligus berolahraga santai di jalan.

Naik Kendaraan Umum

(ekonomi.bisnis.com)

Naik kendaraan umum bisa menjadi alternatif yang pas dalam rangka mencegah dan mengurangi pencemaran udara. Anda bisa menggunakan kendaraan seperti bus, kereta listrik, atau kereta bawah tanah. Hal ini bisa menjadi alternatif yang menarik.

Selama di perjalanan Anda bisa sembari membaca buku atau menonton video dari handphone. Apabila Anda berangkat bersama teman kerja, maka ini adalah momentum yang pas untuk bisa berdiskusi dan bercengkrama dengan mereka selama di perjalanan. 

Menanam tanaman di taman depan rumah

bagaimana cara mengurangi pencemaran udara
(USA Today)

Ternyata aktivitas berkebun atau menanam bisa menjadi aksi kecil yang Anda lakukan untuk mencegah polusi udara lho Pins!

Nah, jadi sembari menyalurkan hobi berkebun, Anda bisa melindungi bumi dengan berkebun. Anda bisa mulai menentukan tanaman apa saja yang akan Anda tanam di halaman rumah.

Tidak masalah apabila halaman rumah Anda kecil, karena Anda bisa memanfaatkan tanaman gantung atau hidroponik sederhana.

Melakukan carpool ke kantor dengan teman

bagaimana cara mengurangi pencemaran udara
(Liputan 6)

Pernah nonton acara The Late Late Show with James Corden? atau YouTube Boy William? Nah di kedua acara tersebut terdapat agenda carpool. Agenda ini merupakan nebeng yang bisa Anda lakukan saat berangkat bekerja. Anda bisa janjian dengan teman Anda yang mempunyai rute searah dengan Anda. 

Anda bisa janjian untuk melakukan carpool sehingga bisa mengurangi asap kendaraan di jalanan. Daripada 1 mobil hanya dibawa oleh 1 orang, mending membawa 1 mobil yang bisa dinaiki oleh lebih dari 4 orang. Lebih ramah lingkungan, dan Anda bisa sekalian melakukan quality time sebelum berangkat bekerja bersama rekan kantor.

Menggunakan produk yang sustainable 

bagaimana cara mengurangi pencemaran udara
(wia id)

Pins, daripada sering beli air mineral dengan wadah plastik mending Anda membawa tumbler atau wadah minuman dari rumah. Selain lebih hemat, Anda juga bisa menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

Anda bisa refill air minum kapan saja tanpa harus membeli air setiap kali habis. Nah, malah jadi lebih hemat kan Pins? Yuk dicoba untuk membawa tumbler saat Anda beraktivitas di kantor atau pergi ke luar.

Mengkonsumsi produk organik

bagaimana cara mengurangi pencemaran udara
(Ekonomi Okezone)

Ternyata penggunaan pupuk buatan bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan lho Pins. Nah, daripada hal ini terus terjadi dan mengganggu kesehatan udara di sekitar, alangkah lebih baik jika kita mengonsumsi produk organik.

Ada dua opsi yang bisa Anda lakukan dalam mengonsumsi produk organik. Pertama Anda bisa membeli produk organik di toko online atau swalayan. Kedua Anda bisa menanam sayuran dan buah di halaman rumah dengan cara organik menggunakan pupuk kandang atau kompos.

Hemat Energi

(Idn times)

Terakhir, Anda bisa mulai rutin dan disiplin hemat energi. Caranya adalah ketika telah selesai menggunakan alat listrik, Anda harus mencabutnya dari colokan listrik. Selain itu Anda juga bisa mengurangi penggunaan AC saat tidak terlalu diperlukan. Anda bisa membuka jendela atau pintu rumah dengan lebar saat siang hari untuk mendapatkan udara segar. Apabila masih gerah, Anda bisa menyediakan lebih banyak ventilasi atau menata ulang rumah sehingga udara dapat mengalir dengan baik.

Nah itu saja Pins beberapa cara untuk mengurangi pencemaran udara dan polusi. Semoga bermanfaat ya. Yuk mulai cintai bumi dari sekarang, karena kalau bukan kita siapa lagi!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel