Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Apa Manfaat Membaca Buku Bagi Anak Bersama Keluarga

Apa Manfaat Membaca Buku Bagi Anak Bersama Keluarga

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 16 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pinhome Sejak usia berapa si kecil mulai dikenalkan pada kebiasaan membaca buku, Pins? Mungkin ada di antara Pins yang mengenalkan anak pada buku saat ia akan memasuki usia sekolah. Ada juga Pins yang memulai kebiasaan membaca dengan mendongeng di malam hari. Atau bahkan ada juga Pins yang sudah terbiasa membacakan buku saat si kecil masih dalam kandungan.

Kali ini, kita cari tahu apa saja manfaat membaca, yuk, Pins! Apa saja manfaat membaca buku bersama keluarga bagi si kecil, ya?

Manfaat Membaca 

Sebelum mengetahui apa manfaat membaca bersama keluarga, kita cari tahu dulu manfaat membaca secara umum, yuk, Pins!

Membaca buku bukan hanya menjadi hiburan saja, Pins. Manfaat membaca adalah baik untuk kemampuan berbahasa, baik untuk otak, hingga meningkatkan kemampuan berempati.

Berbagai Manfaat Membaca

(sehatq)

Memperkaya Kosakata

Semakin banyak membaca, kita akan mengenal kosakata yang semakin kaya pula. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelajar yang rutin membaca buku sejak kecil, semakin mengembangkan pengetahuan kosakatanya.

Dengan banyaknya kosakata yang kita pahami, ini bisa mempermudah kita saat berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai latar belakang, Pins.

Meningkatkan Kemampuan Berempati

Suka membaca buku bergenre fiksi? Hobi ini juga ada manfaatnya, Pins! Peneliti menemukan bahwa orang yang membaca karya fiksi menunjukkan kemampuan yang tinggi dalam memahami perasaan dan kepercayaan orang lain. Hal ini cenderung ditemukan pada orang yang sudah membaca cerita fiksi dalam waktu lama.

Baik untuk Otak

Proses membaca melibatkan jaringan tertentu di otak. Semakin berkembang kemampuan membaca seseorang, jaringan di otak itu juga semakin kuat, Pins.

Baca Juga: Ingin Sukses Bisnis Properti? Bacalah 5 Buku Belajar Investasi Ini!

Mengurangi Stres

Membaca buku bisa membantu mengurangi stres, Pins. Sebuah penelitian di Amerika Serikat tahun 2009 menemukan bahwa membaca selama 30 menit bisa membantu menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan secara psikologis. Hal ini disebut sama efektifnya dengan yoga dan humor.

Mencegah Penyakit Penurunan Fungsi Otak

Membaca buku atau majalah juga bisa membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak, seperti Alzheimer.

Penelitian pada kelompok orang berusia lanjut menunjukkan bahwa membaca dan menyelesaikan permasalahan matematika membantu memelihara dan meningkatkan fungsi kognitif otak.

Manfaat Membaca Bersama Keluarga bagi Anak

(Hai Bunda)

Mengajak anak membaca bersama bisa membuatnya tertarik dengan buku dan aktivitas membaca sejak kecil, yang akan dibawanya hingga ia dewasa. Jika Pins belum membiasakan mengajak anak membaca bersama, coba simak beberapa manfaatnya! Manfaat membaca untuk anak ini bisa menjadi alasan mengapa Pins bisa memulai kebiasaan ini sekarang.

Membaca Bersama Membentuk Hubungan Keluarga

Kegiatan membaca bersama orang tua merupakan salah satu cara membentuk dan menguatkan ikatan hubungan keluarga, Pins. Jika kita menjadikan hal ini kebiasaan yang dilakukan secara rutin, anak akan merasa memiliki kedekatan dengan orang tuanya serta hubungan orang tua dan anak semakin kuat.

Melatih Anak Berkomunikasi

Aktivitas membaca buku bersama orang tua membuat anak mempelajari berbagai kosakata, pola berbicara, hingga pelafalan kata. Si kecil bisa mengenal kata baru, cara melafalkannya, atau bahasa-bahasa yang asing baginya. Hal ini bisa membantu melatih kemampuan anak dalam berkomunikasi, Pins.

Mengasah Kreativitas Anak

Berbagai buku berisi hal-hal baru yang mungkin belum diketahui si kecil, Pins. Buku cerita fiksi misalnya, mengajak anak membayangkan hal-hal yang unik dan membuatnya berimajinasi. Ini bisa membantu mengasah kreativitas si kecil ini, Pins. Kreativitas sendiri bermanfaat bagi si kecil untuk bisa mengembangkan ide-ide baru.

Baca Juga: Membuat Ruang Kreasi Khusus Bagi Anak

Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Anak

Saat orang tua membacakan isi buku ada anak, ia akan belajar mendengarkan dan memerhatikan, Pins. Tahukah Pins? Kemampuan anak mendengarkan merupakan salah satu hal yang penting dimilikinya sebelum ia bisa membaca sendiri.

Meningkatkan Konsentrasi Anak

Jika Pins terbiasa membacakan buku untuk si kecil, ini bisa membantu anak mengembangkan kemampuan berkonsentrasinya, lho.

Saat mendengarkan cerita, anak cenderung duduk dengan tenang, sehingga mengembangkan rentang perhatian yang lebih lama. Jadi, membacakan cerita bagi anak bukan hanya menghibur, tapi juga melatihnya untuk fokus

Mendukung Perkembangan Sosial dan Emosi Anak

Melalui cerita dari buku, anak belajar mengenal berbagai situasi yang mungkin dihadapinya. Dari aktivitas membaca buku itu, anak-anak belajar mengenali emosi serta cara menghadapi situasi sulit tertentu.

Selain itu, melihat berbagai situasi yang berbeda-beda dalam sebuah cerita membantu anak jika dihadapkan pada suatu keadaan baru yang membuatnya tidak nyaman.

Cara Memulai Kebiasaan Membaca Buku bersama si Kecil

Lalu, kapan waktu yang pas untuk memulai kebiasaan membaca buku bersama anak, ya? Ternyata, kita bisa memulainya sejak bayi. Namun, Pins bisa memulai kebiasaan baik ini, berapapun usia anak sekarang.

Membaca Buku untuk Anak dengan Berbagai Usia

Bayi

Saat ini sudah banyak buku khusus untuk bayi, Pins. Buku-buku ini biasanya berisi ilustrasi dan teks sederhana. Meski begitu, biasanya buku untuk bayi didesain untuk mengenalkan anak pada bermacam-macam warna, bentuk, hingga tekstur.

Perkembangan anak pada usia bayi berlangsung cepat. Semakin bertambah usia bayi, ia juga mulai tertarik dengan buku yang memiliki ilustrasi yang dikenalnya, seperti hewan kesukaannya. Pins juga bisa menjadikan buku sebagai sarana belajar si kecil di rumah, lho! Misalnya, mengajak anak menyebutkan nama benda yang tergambar dalam bukunya.

Balita

Buku untuk anak usia balita juga banyak macamnya, Pins. Pins juga bisa membacakan buku cerita pendek yang memiliki karakter, dialog, atau nyanyian yang bisa diingat si kecil. Setelah membaca buku, Pins juga bisa mengajak si kecil mengulang kembali cerita itu atau menyebutkan nama tokoh yang ada dalam cerita.

Anak usia Sekolah

Memasuki usia sekolah, anak-anak memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda. Pins bisa mengenalkan berbagai jenis buku sesuai usia anak. Mulai dari buku yang memiliki banyak gambar hingga buku yang memiliki sedikit gambar dan alur cerita yang kompleks.

Selain buku, anak-anak usia sekolah yang sedang belajar membaca juga bisa dikenalkan dengan majalah anak atau berbagai media lain yang memiliki teks, seperti kemasan atau petunjuk jalan.

Saat anak sudah lancar membaca buku sendiri, tidak ada salahnya juga bagi Pins jika masih ingin membacakan buku untuknya atau mengajaknya membaca buku bersama, lo. Karena hal ini juga masih memberikan manfaat yang sama.

Nah, sekarang Pins sudah tahu, kan? Ada banyak sekali manfaat membaca bersama keluarga bagi anak. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel